Kerja Freelance Jadi Pemandu Wisata, Penghasilan Cukup Menggiurkan ini Cara nya

Bisikanbisnis - Helo bronis yang hobi nya jalan jalan alias touring bin traveling, kamu tahu gk jika memiliki hobi tersebut kamu punya bakat lho jadi guide alias pemandu wisata. Kenapa demikian? ini alasannya

Pertama, Saat kamu pergi ke suatu tempat wisata anda pasti melihat dan membuktikan objek wisata yang anda kunjungi, lalu anda pasti terkoneksi dengan guide betul kan? nah coba kamu jalin komunikasi dengan guide tersebut kamu gal info nya sebagai referensi.

Kedua, Setelah kamu pulang kerumah yang kamu lakukan adalah posting foto foto traveling kamu di sosial media. dan pasti temanmu akan bertanya dimana dan kapan kamu kesana? terus pasti ditanya berapa biaya klo kesana? betul kan..

Itu merupakan analisa sederhana artinya untuk jadi guide mungkin sudah mulai dimengerti. oke lanjut..

Berbicara masalah Guide (pemandu wisata) tak lepas dari koneksi kita dengan sejumlah tempat tempat wisata, dan yang paling penting adalah wawasan tentang spot spot wisata yang harus kita ketahui. Ini merupakan modal utama jika anda ingin menjadi Guide.

Pemandu wisata itu enak dan freelance (lepas waktu) karena bisa kapan saja, dan hari apa saja jadwalnya. jadi pemandu wisata di daerah kamu yang punya wahana rekreasi juga bisa. Bagaimana memulai nya?

kita tahu Pemandu wisata biasanya orang yang berada disekitar spot wisata tapi setelah anda membaca artikel ini kamu bisa saja jadi guide walupun disekitarmu tidak ada spot wisata.

Berikut cara jadi Guide/ Pemandu Wisata:

Pertama, Sebelum kamu jadi guide beneran Mulailah dengan relasi guide wisata setempat, misal guide wisata pantai, danau atau adventure lainya. Kamu tanya berapa biaya ini itu lalu kamu promosikan sendiri via internet bisa lewat sosmed, blog, website dll.

Kedua, Setelah kamu promosiiin kamu bakal dapat tamu dan mulailah melayani tamu dengan menjawab seluruh pertanyaan mereka baik tentang harga atau fasilitas apa yang akan mereka dapatkan. dan itu kamu harus jelaskan secara detail.

Ketiga, setelah mereka tertarik pastikan mereka menyetor uang sebagai DP, bisa 10%, atau 20%. Ingat jika kamu sudah di titik ini kamu harus tetap berkomunikasi dengan guide pertama alias yang mandu dilokasi wisata nanti. kan kamu baru mau mulai.

Keempat, Ingat jadwal tamu kamu kapan akan berangkat, persiapkan diri dan mulailah jadi guide perdana mu.

Kelima, Ketika dilokasi wisata kamu harus pantau tamu yang kamu bawa dan siaga jika tamu kamu mau ini mau itu entah minta foto atau minta beli minuman dan sebagainya. nama nya melayani raja jadi kamu harus patuh melayani dengan baik. karena tamu akan kembali dilain hari jika mereka dlayani dengan baik.

Pengembangan Karir

Jika sudah nyoba guide perdana kamu akan tahu kekurangan apa yang harus kamu perbaiki semasa jadi guide. Untuk pegembangan nya kamu bisa melakukan hal ini

1. Buat situs web di internet

Kamu bisa buat situs web untuk memantapkan usaha anda semakin eksis. Disitus web itu kamu lebih leluasa mempromosikan link wisata mu.

2. Jalin kerjasama dengan travel atau rental mobil

Ini penting karena tidak selama nya tamu membawa mobil sendiri, sewaktu waktu kamu bakal dapat order + jasa transportasi. klo kamu sukses ini kamu dapat dua keuntungan dari guide dan jasa transportasi. biasa nya rental mobil memberikkan komisi persentasi (%) itu sebesar 2%- 5% tergantung lobi kamu.

3. Aktif di media sosial

Sosial media adalah wahana paling efektif untuk promosi, daripada habis waktu chat ini itu mending promosi ya gak? gunakan ini secara aktif agar orderan kamu jadi banyak.

4. Buat daftar paket booking sendiri
Contoh sc daftar paket wisata Danau Toba Medan (aourorawisata.com)

Misal kamu sudah tahu tarif paket wisata A Rp 350.000/ Orang. nah kamu bisa buat paket sendiri bisa kamu buat tarif Rp 360.000/orang artinya kamu dapat 10ribu/ orang. itu hitungannya jelaskan berapa yang kamu dapatkan tinggal kalikan dengan jumlah tamu lalu akumulasi dalam sebulan atau seminggu.

Contoh sc Paket Wisata Teluk Kiluan Lampung (telukkiluantour.com) 

Paket tersebut kamu tambahkan dengan paket transportasi agar menjadi satu paket. jangan lupa buat daftar dan pasang disitus kamu.

5. Selalu cek jadwal hari libur atau tanggal merah.

Ini penting agar kamu bisa lebih aktif berpromosi sebelum tanggal libur tersebut.

Jika hal tersebut sudah kamu coba selamat anda punya kesempatan jadi Guide tour travel. tidak hanya sampai disini saja untuk pengembangan anda bisa menambahkan spot wisata lain untuk kamu jual. dan tidak menutup kemungkinan kamu bisa kejenjang yang lebih besar lagi yaitu Guide wisata yang ada se indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel