Analisa Biaya dan Cara Memulai Usaha Laundry Pakaian


Bisikanbisnis - Usaha ini memang sudah banyak yang mencobanya, biasanya di daerah perkampungan mahasiswa yang banyak kost-kostsan, usaha ini sangat cocok untuk orang-orang kantoran yang super sibuk dan gak punya waktu untuk mencuci..apalagi kalo musim hujan dan gak kering, pasti ujung-ujungnya baukan. Pasti Loundry solusinya.

Analisa Usaha Laundry

Untuk anda yang masih ragu-ragu berapa keuntungannya dan berapa modal yang diperlukan. Saya beri analisa usaha laundry secara sederhana

Kita misalkan tiap hari anda dapat menerima baju 50 kg perhari maka untuk satu bulan anda mendapatkan omzet kotor : 50 x Rp. 4.000 x 30 hari = Rp 6.000.000,-

Catatan : harga umum per Kg adalah Rp. 4.000. Harga pakaian bervariasi tergantung jenis kain seperti levis, selimut, boneka, seprei dan lain sebagainya.

Dengan rincian biaya operasional,
Listrik : Rp 300.000
Penyetrika per kilo Rp 1000 x 1350kg : Rp 1.400.000
Detergen dan pewangi : Rp 500.000
Karyawan cuci : Rp 700.000
Biaya Tak terduga : Rp 150.000
Total : Rp 3.200.000

Penghasilan Bersih Omset Rp 6.200.000 - Rp 3.200.00 : Rp 3.000.000

Buat tambahan dan dapat pelanggan lebih banyak, anda dapat membuka beberapa pilihan diantaranya:
*Cuci + setrika
*Cuci kering saja
*Setrika saja
(Harga dapat disesuaikan)

Cara Memulai

1. Lakukan Survey Terlebih dahulu
Melakukan survey ini untuk mengetahui tanggapan masyarakat, jika banyak yang memberi tanggapan yang positif, maka anda memiliki peluang usaha yang besar, jika tanggapannya kurang positif, anda jngan menyerah, buatlah perubahan dengan anda yang memulainya.

2. Menentukan lokasi
Penentuan lokasi sangatlah penting karena kita dapat memprediksi akan sejauh mana usaha kita akan berkembang. Misal komplek perumahan, kampus atau daerah padat penduduk.

4. Berikan Promo Tertentu
Misalnya saja untuk konsumen yang mencuci lebih dari 10kg maka akan mendapatkan potongan harga 1kg.

Alat Yang Harus Anda Persiapkan

Secara garis besar dan mutlak dibutuhkan adalah:Mesin cuci, Setrika, Pewangi pakaian, Deterjen serta gelas takar, Timbangan, Hanger, Plastik loundry, Keranjang baju, Penggang pakaian, Nota loundry, Botol spray

Harga Mesin Cuci

Untuk harga sangat berpariasi tergantung pasaran dilokasi anda tinggal. anda bisa surve harga di toko terdekat. Ada beberapa jenis mesin yang wajib anda ketahui jika ingin memulai usaha cuci pakaian ini yaitu :

Pilihan kapasitas mesin cuci untuk londry diantaranya; 16, 20, 40, 70 dan 100 Kg. semakin besar kapasitasnya semakin mahal harganya.

Perlu anda ketahui bahwa jenis mesin cuci ada 2 macam yaitu Mesin Cuci Top Loading dan Mesin Cuci Front Loading yang saling memiliki kelebihan dan kelemahan, berikut penjelasannya :

1. Mesin Cuci Top Loading 
Mesin Cuci Top Loading

Kelebihan :Harga lebih murah dibanding Mesin Cuci Front Loading ( Automatic ) Karena Tutup Atasnya dapat dibuka, Dapat dimanfaatkan sebagai perendaman, Daya Listrik lebih kecil.

Kelemahan:
-Mesin Cuci Top Loading biasanya memiliki putaran Rpm lebih kecil dibanding mesin cuci Front Loading, sehingga memerlukan waktu lebih lama.
-Daya Kucek dan Putar yang lemah dan hasil cucian yang kurang bersih.
-Pemakaian chemicalsnya harus dimasukan secara manual.
-Tidak ada menu Pencucian Dengan Air panas
-Tidak bisa mengatur Rpm

2. Mesin Cuci Front Loading | Automatic Washing Machine 
Mesin Cuci Front Loading
Kelebihan:
-Bisa mengatur Rpm (daya putar)
-Bisa mengatur temperatur suhu pencucian
-Bisa ditumpuk, sehingga space/ruangan proses laundry menjadi lebih leluasa.

Kelemahan:
-Harga yang lebih mahal dibanding mesin cuci Top Loading.
-Sering menempel sisa sisa surfaktan pada pakaian (Kurang Teliti)
-Daya Listrik yang diperlukan lebih tinggi dari Mesin Cuci Top Loading

Catatan yang harus anda perhatikan

Pilihlah lokasi yang tepat: Jika anda memiliki modal cukup untuk menyewa tempat, lakukan pemilihan tempat usaha yang strategis. Lokasi paling strategis untuk usaha rumahan ini adalah di sekitar kampus, koes - kostan, area rumah kontrakan dan area perumahan.

Alat Mesin Cuci: Jangan sembarangan memilih mesin cuci. Karena biar bagaimanapun, mesin cuci merupakan perangkat utama usaha rumahan laundry. Jika laundry anda jelek, ditakutkan usaha anda akan merugi karena pelanggan kecewa atas hasil cuci anda. Kalau anda ingin paket Laundry murah Pesan saja DISNI

Berikan Bonus: Untuk mengapresiasi dan sebagai tanda terima kasih, berikan bonus untuk pelanggan anda yang setia. Berikanlah hadiah bentuk sederhana untuk menghargai mereka. Dengan begitu anda akan menjalin hubungan yang kuat antara konsumen dan pemilik bisnis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel