Modal Awal Usaha Ayam Potong gk Terlalu Tinggi kok

Panen Ayam Potong (majalahinfovet.com) 

Bisikanbisnis - Kebutuhan ayam potong atau yang biasa dikenal dengan ayam broiler adalah salah satu usaha yang sudah sejak lama dikenal, dan kita tahu permintaan nya semakin hari semakin meningkat, hal tersebut dapat kita lihat akan kebutuhan konsumsi bagi manusia, misalnya saja usaha warung makan, restaurant dan lain sebagainya.

Banyak sekali usaha yang membutuhkan ayam sehingga sangat menjanjikan jika anda memulai usaha ini anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Apalagi dihari-hari tertentu seperti lebaran misalnya harga ayam potong perkilonya mampu menembus harga Rp. 40.000,-/kg padahal biaya produksinya hanya berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- perkilogramnya.

Meskipun usaha ini dulunya sempat banyak yang gulung tikar karena adanya flu burung, namun hal tersebut tidak pernah terjadi lagi, sehingga saat ini banyak sekali pengusaha ayam potong yang telah sukses. Berikut langkah mulai usaha ayam potong

- Membuat kandang yang sesuai

Pastikan dalam pembuatan kandang ayam dapan menerima sinar matahari dan suhu yang cukup agar ayam dapat bertahan hidup. Dalam kandang harus dipersiapkan alas lantai, indukan yang digunakan saat telur ayam menetas, tempat makan/minum.

- Perhatian yang ekstra

Dalam waktu 14 hari pertama anda harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam-ayam tersebut, karena masa ini sangat penting untuk kesuksesan usaha anda. Perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu 14 hari pertama ini.

Jika anak ayam banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan sampai terlalu panas.

- Perhatikan juga kemudahan sumberdaya listrik dan sumber airnya.

- Setelah melewati masa 14 hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kita hanya perlu mengontrolnya sehari 2 kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya saja, hal ini terus dilakukan hingga masa panen tiba.

- Berikan perawatan agar ayam tetap sehat

Pemberian antibiotik dan vitamin pada minuman ayam diberikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen. Khusus vitamin dapat diberi hingga masa panen. Lakukan vaksinasi pada ayam potong tersebut tepat pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21.

Syarat memilihan bibit ayam
- Tidak terdapat lekatan kotoran di duburnya
- Tidak cacat
- Berasal dari bibit unggul
- Pertumbuhan dan perkembangannya berjalan normal
- Ukuran badan normal
- Ayam memilki nafsu makan yang baik

Kelebihan usaha ternak ayam
- Keuntungannya besar
- Banyak diminati orang
- Tidak membutuhkan waktu secara terus menerus
- Mudah dijalankan

Kekurangan usaha ternak ayam
- Harus memilki keahlian dan teknik yang khusus
- Harus memberikan perhatian yang ekstra seperti vitamin, makan dan minum
- Adanya wabah flu burung sewaktu waktu

Analisa Biaya
Modal untuk memulai usaha ayam potong paling minim berkisar antara 1 hingga 2 jutaan. seperti yang kami sajikan berikut perincian sederhana seperti dikutip dari peluangusahasampingan.blogspot.com

MODAL TETAP

5 Buah kandang ayam ukuran 3 x 3 m
10 buah tempat minum ayam
10 buah tempat makan ayam
4 buah lampu penerang
Total Biaya Tetap


MODAL TIDAK TETAP

200 ekor anak ayam
5 karung kosentrat (BR)
Obat-obatan
Biaya Listrik

Total Biaya Tidak Tetap

TOTAL MODAL
Rp. 300.000,-
Rp. 60.000,-
Rp. 40.000,-
Rp. 20.000,-

Rp. 100.000,-
Rp. 625.000,-
Rp. 100.000,-
Rp. 25.000,-

Rp. 420.000,-
Rp. 850.000,-
Rp. 1.270.000,-

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel