Cara Sukses Memulai Usaha Jasa Sewa Tarub / Tenda

Bisikanbisnis - Usaha jasa sewa tarub atau tenda sangat menjanjikan bagi para pelaku usahanya, karna bisnis ini selalu banyak peminat nya.

Terlebih di masyarakat kita banyak sekali kegiatan yang berupa bikin "acara", mulai dari lahir bahkan sampai meninggal (hari berkabung) pun masih berhubungan dengan "acara". 

Pemanfaatan tenda atau dikenal dengan tarub ini sebagai peneduh saat cuaca terik atau hujan dalam sebuah kegiatan di ruang terbuka mulai banyak digunakan di pedesaan ataupun di perkotaan dan banyak dimanfaatkan saat kegiatan hajat pernikahan atau keperluan lain. 

Sebagian besar tenda atau Tarub yang digunakan warga adalah tenda sewaan yang disediakan oleh pemilik usaha jasa persewaan tenda.

Ada banyak jenis yang bisa anda sewakan mulai dari kursi, tenda, prasmanan, orgen dan lain sebagainya. Jika anda tidak memiliki semua itu maka anda dapat melakukan kerjasama dengan pelaku usaha sejenis.

Berikut langkah dalam menjalankan usaha sewa tenda

1. Persiapkan modal. Ketika mendengar modal pasti anda berfikir modalnya sangat banyak. Modal sewa tenda memang cukup besar karena banyak yang akan dibeli, namun jika anda seorang calon pengusaha yang cerdas, maka langkahnya adalah anda harus melakukan kerjasama dengan pelaku usaha lainnya. 

Ketika semuanya sudah berjalan dan keuntungannya sudah dapat anda rasakan, maka anda dapat berdiri sendiri dengan membeli perlengkapan secara mandiri.

2. Memiliki relasi. Relasi sangat penting karena ketika relasi anda kebanjiran order dan mereka tidak bisa memenuhi permintaan, maka anda akan menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

3. Perhitungkan keuntungan dan kerugiannya. Hal ini dilakukan sebagai gambaran, jika kita mendapat kan order maka uang pendapatan dialokasikan 50% untuk biaya operasional dan 50% nya lagi menjadi keuntungan bersih kita.

Nah yang 50% biaya operasional dibagi menjadi 20% untuk tukang pasang tenda, 5% untuk biaya cuci, 10% untuk transportasi bongkar pasang, 10% buat biaya simpanan, misalnya warna kain sudah mulai buram sehingga anda perlu menggantinya.

4. Cari orang untuk jasa pemasangan. Orang yang memiliki keahlian pemasangan sangat banyak, jadi anda tidak perlu khawatir. Pemasang tenda tidak harus karyawan tetap karena jika salah satu dari  mereka tidak bisa maka akan ada orang lain yang menggantikannya.

5. Promosi yang tepat. Setiap bisnis tentunya membutuhkan strategi marketing atau promosi yang tepat guna mendatangkan order (permintaan).

Untuk bisnis sewa tenda, promosi yang anda perlukan tidaklah harus berlebihan. Yang perlu anda siapkan hanyalah kartu nama bisnis sewa tenda anda dan juga spanduk promosi. 

Opsi promosi tambahan yang dapat anda ambil adalah dengan memasang iklan baris pada koran untuk lebih memperkenalkan bisnis anda pada konsumen atau audience.
(Sumber foto: sewataru purwokerto)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel