Memulai Usaha Daur Ulang Plastik Menjadi Kerajinan, Bekas Jadi Berkah


Bisikanbisnis - Plastik termasuk kedalam jenis sampah anorganik yakni sampah yang sangat sulit terurai. Sebuah riset menyatakan bahwa dibutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa mendaur ulang sampah plastik.

Sampah plastik sangat erat hubungannya dengan keseharian kita. Plastik dianggap sebagai wadah yang paling praktis dan mudah serta efisien. Namun, penggunaan wadah plastik yang berlebihan semakin menimbulkan polemik dan kerusakan terhadap lingkungan.

Para pencinta lingkungan pasti menginginkan adanya usaha agar plastik dapat terurai. Salah satunya adalah mendaur ulang plastik bernilai tinggi.

Ditangan pengrajin, plastik menjadi berkah karena dapat dijadikan sebuah usaha yang akan bernilai ekonomi tinggi. Jika anda memiliki ide kreatif, jangan takut untuk memulainya.

Berikut tips memulai usaha daur ulang plastik

-Modal. Semua usaha pasti membutuhkan modal, namun tergantung jenis usaha yang ajan dijalankan karena semakin besar usaha tentu akan membutuhkan modal yang lebih besar pula,  begitu juga sebaliknya.

Modal dalam menjalankan usaha daur ulang plastik tidaklah terlalu besar karena usaha ini termasuk jenis usaha rumahan. Meski demikian, anda dapat memperkirakan akan seperti usaha anda, sehingga andapun dapat memperkirakan jumlah modal yang akan dibutuhkan.

- Lokasi. Sebagai tempat usaha daur ulang, sebagai pemula anda dapat memanfaatkan ruang rumah anda. Namun jika modal sudah mencukupi anda dapat membuat tempat usaha sendiri.

- Karyawan. Jika tahap merintis tak perlu mencari karyawan kalau kamu bisa berkreasi sendiri. Kecuali usaha sudah berkembang barulah mencari karyawan.

Pilihlah karyawan yag rajin, tekun, teliti,ulet dan ujur. Usahakan karyawan memiliki ide kreatif untuk menjadikan plastik bernilai ekonomi tinggi sehingga produk yang anda hasilkan tidak monoton. Sesuaikan jumlah karyawan dengan kemampuan produksi produk anda.
- Bahan utama. Bahan utama yang berupa sampa plastik bisa anda peroleh di lokasi TPA. Namun, untuk lebih mempermudah kontinuitas bahan baku, anda bisa mengajak kerjasama para pemulung atau penjual plastik bekas.

- Persiapkan perlengkapan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih produktif tentu saja anda harus menggunakan mesin dan alat alat yang akan membantu kinerja produksi pabrik anda.

Sangat mustahil rasanya jika anda tidak memerlukan mesin dalam usaha pengolahan ini. Anda tentu memerlukan alat seperti mesin timbangan, mesin pencacah plastik, mesin pengering serta wadah dan berbagai peralatan lainnya.
kerajinan plastik Makassar Tribunnews.com

Plastik yang dapat dijadikan kerajianan:

1. Botol Bekas
Semua jenis botol dapat anda jadikan barang yang berharga. Asalkan anda memiliki kemampuan untuk mengolahnya. Salah satu contohnya adalah botol bekas dapat dijadikan sebagai pot bunga.

2. Tas dari Bungkus Plastik Beks
Pasti anda tidak asing lagi dengan  hal ini. Karena memang sudah  banyak  yang menjual dipasaran. Plastik bekas  yang dapat dijadikan tas, misalnya saja bungkus plastik kopi instant atau bungkus plastik mie instant.

3. Dompet dari Plastik bekas
Dompet hasil daur ulang plastik tidak kalah bagusnya denga  dompet-dompet yang dijual di toko fashion. Jadi anda dapat bergaya dengan  dompet daur ulang yang unik.

4. Tempat tisue dari sedotan
Jika Anda sering melihat sedotan bekas minum di buang begitu saja, lebih baik Anda jadikan sedotan menjadi kerajinan tangan yang unik. Salah satunya menjadikan sedotan kerajinan tangan untuk lampu kamar.

Sedotan memiliki warna yang bervariasi. Sehingga itu dapat menjadikan berbagai macam warna dan menjadikan sedotan tampak lebih indah tentunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel