Tips Memulai Usaha Tanaman Hias Yang Benar Dan Menghasilkan


Bisikanbisnis - Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan orang tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. 

Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dalam arsitektur lansekap, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalam tanaman hias adalah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut serta bentuk tajuk yang dimilikinya. Dalam pengertian ini, tanaman hias dapat mencakup pula tanaman tepi jalan serta tanaman penaung (di ruang terbuka).

Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, atau sebaliknya. Dengan menanam tanaman hias di pekarangan rumah, dapat membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan terasa sejuk. Ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak hanya ditanam di pekarangan tapi dapat juga ditanam dalam ruangan rumah atau kantor. Tanaman holtikultural ditanam karena sebagai hiasan dan untuk dinikmati keindahan bunga, daun, buah maupun batangnya.

Tanaman hias tidak hanya dijadikan sebagai hiasan pekarangan rumah, tetapi dapat juga dijadikan sebagai mata pencaharian dnegan keuntungan yang cukupt itnggi. Untuk Anda yang memiliki niat untuk membudidayakan tanaman hias sebagai lahan bisnis, Anda setidaknya perlu tahu mengenai cara budidaya tanaman hias yang baik dan benar.

Cara Budidaya Tanaman Hias

Tahap Persiapan

Memilih Jenis Tanaman Hias
Beberapa tanaman hias yang mempunyai potensi bisnis yang cukup besar adalah bunga krisan, bunga anggrek, bunga kamboja, bunga kemuning, dan lain-lain.

Persiapan Peralatan dan Media Tanam
Perlatan yang perlu disiapkan adalah pot, sekop kecil, semprotan air dan media tanam berupa tanah dan pupuk kompos.

Tahap Penanaman

Langkah pertama, yaitu siapkan pot dan media tanamnya. Media tanam tersebut adalah tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos. Pembuatan media tanam hendaknya dilakukan beberapa hari sebelum proses penanaman, agar kandungan pupuk kompos dapat terserap ke dalam tanah.

Setelah media tanam siap untuk ditanami, selanjutnya tanamlah tanaman hias sesuai dengan jenisnya. 

Ada tanaman hias yang ditanam dari bijinya, ada yang berupa anakan, dan lain-lain. Jika tanaman hias yang Anda tanam menggunakan biji sebagai bibitnya, yang perlu diperhatikan adalah proses penyemaiannya agar bibit yang dihasilkan berkualitas. 

Setelah bibit siap tanam, masukkan bibit ke dalam pot yang sudah berisi tanah dan kompos. Lalu disiram air secukupnya. Yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan air harus terpenuhi agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Tahap Perawatan:

Penyiraman rutin

Tanaman hias sebaiknya disiram secara rutin setiap hari untuk menjaga kebutuhan air yang akan digunakan dalam proses fotosintesis. Intensitas penyinaran oleh sinar matahari juga perlu disesuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.

Pemupukan

Pupuk diberikan ke tanaman hias yang sedang dibudidaya untuk membantu pertumbuhan tanaman hias agar maksimal.

Pemberian pestisida dan insektisida

Tanaman hias juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit, sehingga Anda perlu memberikan pestisida dan insektisida sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang sedang menyerang.

MACAM-MACAM TANAMAN HIAS

Ada lima jenias tanaman hias antara lain:
Tanaman Hias Bunga
Berikut adalah contoh tanaman hias bunga

Bunga mawar

Bunga mawar merupakan jenis tanaman semak berupa herba dengan batang berduri. Meskipun berduri bunga yang dihasilkan dari tanaman ini sangatlah cantik. 

Sehingga bunga mawar sering digunakan sebaga salah satu simbol cinta dan kasih sayang. Selain bunganya yang cantik, mawar juga memiliki manfaat untuk mengatasi depresi dan setress karena aroma harum yang dikeluarkan olehnya. Tanaman ini dapt tumbuh baik jika ditanam langsung ke media tanah namun dapat juga di tanam dalam pot

Tanaman Hias Daun
Berikut contoh tanaman hias daun

Palem kuning

Tanaman palem kuning memiliki daun-daun yang ramping berwarna hijau dengan batang berwarna kuning cerah. Tanaman hias daun jenis ini mampu membuat pekarangan tampil lebih ceria. Apalagi ketika tersorot sinar matahari, tanaman hias daun ini akan tampak mencolok terutama oleh dedaunannya yang rimbun.

 Tanaman Hias Buah
Berikut contoh tanaman hias buah

Strawberry

Tanaman stroberi merupakan tanaman buah yang memiliki rasa unik. buah tanaman ini dapat digunakan sebagai olahan berbagai makanan dan minuman. buah stroberi dapat dapat juga digunakan sebagai penguat cita rasa makanan dan minuman. Tanaman strawberry berasal benua amerika, yang diperkenalkan oleh seorang ahli botani berasal dari Uni Soviet Nikolai Ivanovich Vavilov pada tahun 1887 sampai tahun 1942. 

Kemudian tanaman ini menyebar luas ke berbagai Negara dan Benua Eropa dan Asia. perkembangan dan budidaya tanaman ini telah banyak dilakaukan oleh pakar pertanian Amerika dalam menghasilkan tanaman stroberi varietas baru  sampai pada saat ini. di Indonesia tanaman ini telah dikenal oleh masyarakat kita pada zaman kolonialisme. tanaman ini dibawa oleh bangsa Belanda.

Tanaman Hias Akar

Kamboja

Pohon kamboja atau adeninum merupakan jenis tanaman khusus yang memilki banyak keunikan. Secara umum tanaman ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah bunganya yang indah dengan aneka warna. Daya tarik yang peling menonjol adalah akarnya. Jika perbaduan batang dan akar ini menyatu maka akan menampilkan keindahan yang luar biasa.
Tanaman Hias Batang

Berikut contoh tanaman hias batang

Kaktus 

Kaktus hias yang seering kli dijadikan tanaman hias karena keunikan pada bentuk yng sangat beraneka ragam. Karena batangnya yang sangat tebal kaktus ini dapat menyimpan kandungan air dalam waktu yang sangat lama sehingga tidak merepotkan untuk cara perawatannya. 

Tetapi para perawat harus sangat berhati hati karena tanaman hias yang satu ini memiliki duri yang sangat tajam.

Sedangkan berdasarkan tempatnya, tanaman hias dibagi menjadi tiga yaitu:

Tanaman hias biasa

Tanaman hias biasanya banyak sekalio kita jumpai, salah satunya adalah di pekarangan rumah, dimana tanaman ini di tanam pada pot atau tanah yang ada di sekitar rumah.

Tanaman hias gantung

Tanaman hias gantung sebenarnya bukanlah jenis tanaman hias, melainkan hanya sebuah model dalam dekorasi tanaman rumah. Tanaman hias gantung ini bisa berasal dari tanaman hias bunga, daun, ataupun buah. Namun tidak semua dapat menjadi tanaman hias gantung, hanya tertentu saja. Misalnya tanaman yang dapat merambat.

Tanaman hias air

Tanaman hias air atau yang juga disebut tanaman hidrofit merupakan tanaman yang mampu menyesuaikan diri dengan habitat perairan, dengan kondisi terbenam atau terbenam sebagian. Tanaman hias air ini sering digunakan sebagai penghias kolam yang ada di lingkungan rumah. 

Selain itu, tanaman hias air juga bisa berfungsi sebagai pembersih, penyuplai oksigen, dan mencegah timbulnya alga. Pada kolam budidaya ikan, tanaman hias air juga akan berfungsi sebagai tempat bermain ikan dan penyedia makanan alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel