Kiat Sukses Buka Usaha Rumah Makan


Bisikanbisnis - Usaha dibidang kuliner sangat banyak sekali peminatnya salah satu faktanya adalah banyaknya rumah makan di setiap daerah. Rumah makan yang terkenal adalah rumah makan padang dengan menu yang bervarisi dan harganya yang terjangkau salah satu menu yang paling terkenal adalah rendang. Sedangkan daerah Jawa warung makan yang banyak adalah Warteg atau warung tegal.

Memiliki modal yang tidak banyak membuat banyak orang lebih memilih menyingkirkan terlebihdahulu niatnya dalam memulai usaha rumah makan, namun jika dilihat lagi peluang usahanya maka usaha rumah makan cukup menguntungkan. Untuk anda yang tertarik dalam menjalankan usaha makanan namun memiliki modal kecil, maka bisa mencoba rumah makan yang sederhana. 

Dengan banyaknya jenis selera masyarakat Indonesia membuat peluang usaha rumah makan semakin menjanjikan jika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Hal ini dapat penjadi peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang cukup fantastis setiap bulannya.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha rumah makan 

Menu makanan

Menu makanan yang anda sajikan haruslah menu makanan yang banyak diminati seperti berbagai macam olahan sayuran, tahu, tempe, gorengan dan aneka jenis makanan lainnya. Tidak hanya jenis makanan yang harus diperhatikanan namun rasa dari masakan juga sangat penting untuk diperhatikan.

Sumber: twitter.com

Lokasi 

Untuk menghemat biaya usaha anda, maka anda dapat memanfaatkan depan rumah anda sebagai tempat berjualan, yang terpenting usaha anda berada di sekitar masyarakat yang ramai sehingga usaha anda cepat dikenali oleh masyarakat.

Survey pasar 

Survey ini dilakukan agar anda mengetahui menu makanan apa saja yang banyak diminati oleh konsumen dan mencari tau ada tidaknya pesaing disekitar anda. Sehingga anda dapat menggambarkan serta membuat rencana untuk usaha yang akan anda jalankan.

Desain rumah makan 
Sumber: desaininterior.me

Meskipun rumah makan yang anda jalankan adalah rumah makan yang sederhana, namun dengan kesderhanaan tersebut anda harus berusaha agar menjadi lebih menarik para konsumen. Salah satu contohnya adalah anda menambahkan rekorasi minimalis pada warung makan anda.

Pemasaran 
Usaha warung makan membutuhkan rencana pemasaran yang matang. Salah satunya anda harus melakukan promosi yang unik dan berbeda namun efektif. Misalnya saja melalui foto, namun disini bukan sembarang foto, jika perlu anda harus menyewa fotografer untuk membuat menu makanan anda semakin menggoda selera.

Cara mempertahankan usaha rumah makan. Keberhasilan seseorang dalam menjalankan usaha tidak hanya dilihat dari banyaknya pemasukan. Kunci bertahannya sebuah usaha adalah adanya keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran, jika pemasukan anda lebih banyak dibandingkan dengan pengeluaran operasional usaha anda maka itulah yang dinamakan keuntungan dalam usaha anda. 

Sedangkan jika terjadi sebaliknya maka tidak lama lagi usaha anda akan bangkrut. Nah untuk membuat semuanya seimbang maka anda harus mempertahankan konsumen anda agar tidak berpaling ke rumah makan lainnya.

Ancaman terbesar dari usaha rumah makan adalah sepi pengunjung hal inilah yang paling ditakutkan karena dapat mengancam keberlangsungan usaha anda. Hal yang dapat anda lakukan adalah dari variasi jenis makanan dan pelayanan yang ramah sehinga pelanggan anda akan semakin nyaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel