Mau Buka Biro Travel Umroh? Inilah Cara Memulai dan Strategi nya

Bisikanbisnis - Usaha agen trevel umroh di Indonesia memang sudah menjamur, namun jangan sampai karena hal itu anda mulai berfikir ulang untuk membuka usaha agen trevel umroh.

Meski sudah banyak, namun usaha ini masih memiliki prospek yang besar untuk dijalankan. Mengapa demikian? Karena negara Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas Muslim.

Biro travel umroh berbeda dengan haji, jika dilihat dari keuntunganya, memang biro trevel umroh lebih kecil namun perputarannya lebih cepat.

Hal ini dikarenakan untuk umroh diselenggarakan kurang lebih 4 kali dalam setahun, sedangkan untuk haji hanya diselenggarakan setahun sekali yaitu pada bulan haji.

Satu syarat untuk bisa jadi penyelenggara travel haji adalah minimal kamu sudah pernah menyelenggarakan umroh.

Meski memiliki prospek yang cerah, dalam menjalankannya tidaklah mudah, banyak biro travel umroh gulung tikar. Apa penyebabnya?

Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan bagi anda yang tertarik terjun ke usaha biro trevel umroh mulai dari pengurusan hingga pemasaran:

- Modal. Tidak mungkin usaha besar tidak membutuhkan modal yang besar. Oleh karena itu anda membutuhkan modal untuk membuat kantor usaha anda. Namun jika belum memungkinkan untuk membangun sendiri kantornya, anda dapat menyewa kantor untuk usaha anda.

- Legalitas dan Perizinan. Usaha yang akan anda jalankan memyangkut banyak orang sehingga membutuhkan legalitas dan perizinan yang resmi. yang kamu perlukan, antara lain

  • Badan hukum, surat izin usaha perdagangan (SIUP), NPWP, tanda daftar perusahaan (TDP), dan izin biro perjalanan wisata dari Kementerian Budaya Pariwisata. 
Selain itu, kamu juga harus jadi anggota Association The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) dan International Air Transportation Association (IATA).

Biro travel umroh yang baik adalah yang memiliki surat izin resmi. Gimana calon jama’ah mau percaya sama kamu kalau biro yang kamu jalankan gak ada legalitasnya. Tidak sampai disitu anda masih harus keluar biaya ratusan juta lagi untuk urusan legalitas.

Kamu butuh perizinan dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mendirikan biro ini. Untuk perizinan umroh, ada persyaratan uang deposit sebesar Rp 100 juta, sedangkan untuk Haji Rp 500 juta.

- Orang yang dapat dipercaya. Orang yang dapat anda percaya harus ada dalam usaha ini karena untuk mengurus visa calon jamaah umroh, dan yang diurus tidaklah sedikit.

Jadi anda harus memiliki 2 orang kepercayaan, yang satu ada di Indonesia dan yang satunya ada di Arab. Jadi jika ada permasalah mengenai visa anda tidak perlu lusing untuk mengusnya sendiri, karena anda sudah ada yang membantu.

- Kerja sama dengan bank. Kamu bisa bekerjasama dengan bank untuk dana talangan para calon jamaah, para calon jamaah dapat menyicil pembayarannya melalui bank.

Selain itu juga, bank dapat anda jadikan sebagai media promosi karena anda dapat meminta ke bank untuk mencarikan calon jamaah.

- Bangun website dan promosi. Zaman sekarang apapun pertanyaan dapat diakses melalui internet, jadi bangunlah website usaha anda sendiri sekaligus sebagai media promosi.

Di dalam wesite tersebut berikan gambaran mengenai usaha anda dan apa kelebihan jika menggunakan biro trevel anda dan jangan lupa tampilkan mengenai cerita biro perjalanan anda seperti sejenis artikel dan foto-foto.

Kebanyakan biro travel umroh tidak serius dengan penting nya sebuah website, sebab dengan website citra perusahaan makin dipercaya. Mungkin jika tidak punya website usaha ini tidak bertahan lama. Karena persaingan promosi harus dilengkapi promosi via website

- Pastikan target pasar. Garap usaha anda untuk pasar yang menengah ke atas agar usaha anda lebih besar keuntungannya, tawarkan paket dengan fasilitas yang berkelas bintang 5. Namun sebelum itu anda harus melakukan riset calon jamaah terhadap harga dan pelayanan yang mereka inginkan.

Jika kamu sudah mengetahui apa yang mereka inginkan, pasti kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

Demikian lah sedikit strategi dalam usaha biro travel umroh, jika anda belum punya website, cobalah memulai dengan blog dan posting seluruh program yang anda tawarkan kemudian bagikan blog biro umroh anda ke Sosial media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel