Peluang dan Modal Budidaya Pohon Sengon, Investasi Jangka Pendek

Bisikanbisnis - Lahan kosong lebih baik dimanfaatkan untuk menanam sengon, Kenapa dan Mengapa harus sengon? Dalam artikel ini kami mencoba mengupas tuntas keuntungan memanfaatkan lahan untuk budidaya pohon sengon. Kami pastikan semoga anda memahami artikel ini.

4 alasan Kenapa kita Perlu Budidaya Sengon Sebagai investasi  :

1. Pasti Laku Dijual
Pohon Albasia atau yang biasa dikenal dengan pohon sengon merupakan salah satu jenis pohon yang biasa digunakan untuk keperluan bangunan, keperluan untuk membuat furniture, atau semacam asesoris lainnya.

Artinya jelas bahwa budidaya Pohon sengon sangat menjanjikan karena perusahaan besar memerlukan kayu sengon ini untuk kebutuhan bangunan, industri furniture, dan aksesoris lain seperti kertas dan ragam alat tulis.

2. Masa Panen Singkat

Perlu anda ketahui bahwa masa tanam pohon sengon Usia penanaman sampai usia panennya juga terbilang singkat berkisar 4 tahun, namun harga jualnya cukup tinggi. Jika anda punya lahan yang kurang produktif maka cocok ditanam Pohon Sengon. Lahan kurang produktif misalnya Lahan berlembah, jurang, tebing, pinggir laut / area pesisir, lahan gambut.

3. Harga Jual Tinggi

Biasanya pada masa panen tiba pohon sengon yang anda tanami akan dibeli agen/pemborong ditempat. Ada yang dihitung berdasarkan jumlah pohon dan ada juga yang dihitung per plong dengan panjang bervariasi 103 cm, 200cm dan 300cm.

Sedangkan harga jual per plong berkisar antara 700-800 ribu rupiah dengan diameter 20-24 cm. Jika Anda berbisnis, tentu saja akan ada puluhan plong sehingga nilai kali dari harga tersebut berlaku.

4. Perawatan Mudah

Pohon ini biasanya akan tumbuh lebat, dan cepat besar selama Anda melakukan perawatan. Perawatan nya pun sangat mudah seperti memupuk, memangkas cabang yang tidak diperlukan

- Analisa Biaya

Biaya membeli bibit diasumsikan saja 2 juta rupiah, sedangkan pasaran harga 1 bibit adalah Rp.5000, maka Anda setidaknya bisa membeli 200 pohon. Harga satu bibit ini bisa kurang atau bisa lebih, hal ini tergantung dimana Anda membeli bibitnya.

Bibit tanaman sengon (infoagribisnis.com)

- Perawatan / Pengeluaran

Setelah Anda menanamnya di atas lahan yang dimiliki, kini saatnya Anda mulai berfikir untuk merawatnya. Hal ini ditujukan untuk menjaga supaya pohon Sengon yang anda tanam bisa menghasilkan keuntungan maksimal.

Perawatan ini meliputi pemupukan dan pemangkasan. Normalnya, Anda bisa memupuk pohon ini dua kali dalam setahun.

Estimasi harga pupuk Rp.150.000 untuk setengah kwintal, bisa digunakan untuk 200 pohon tadi selama 1 tahun. Bukankah terlalu sedikit?

Memang di awal pemupukan saat sengon ditanam, pemupukan yang berlebihan justru kurang baik sehingga Anda tidak disarankan untuk melakukannya.

Jika pohon tadi sudah lebih besar, Anda baru bisa menambah jumlah pupuknya supaya pembesarannya lebih cepat. Dan selama 4 tahun kedepan, setidaknya anda akan mengeluarkan 5 kwintal saja, atau bisa lebih. Jadi, kira-kira biaya yang akan dikeluarkan untuk pemupukan ini adalah sebesar Rp.750.000.

Sementara untuk biaya lain-lain seperti pemangkasan dan pembersihan lahan, Anda bisa menyediakan ongkos sekitar 1 jutaan sehingga Anda cukup menyediakan total biaya pengeluaran sekitar 1,7 juta rupiah sebagai biaya perawatan saja.

- Potensi Penghasilan Kayu sengon

Setelah 4 tahun berlalu, kini pohon sengon yang ditanam sudah siap untuk dipotong. Laba yang didapatkan dari pemanfaatan peluang usaha budidaya Sengon ini akan sangat besar.

Misalnya, 1 log kayu sengon saja dihargai 500 ribu rupiah (harga di bawah standar), ini berarti 200 pohon nantinya akan menjadi 100 juta rupiah.

Jika dihitung dari biaya pengeluaran dan permodalan jelas laba yang akan didapatkan sangatlah besar untuk jangka 4 tahun saja.

Betapa tidak, modal dengan biaya perawatan hanya sekitar 3 juta rupiah, namun hasilnya bisa sangat besar. Anda bisa menghitung berapa yang akan Anda peroleh. Dan itu hanya 200 batang, bagaimana kalau lebih?

Ilustrasi tersebut diambil untuk Anda yang memanfaatkan peluang usaha budidaya Sengon yang sudah memiliki lahan sendiri. Jika Anda belum memiliki, Anda bisa memperhitungkan harga sewa tanah selama 4 tahun ini, dan pastikan untuk mendapatkan harga yang lebih murah supaya keuntungannya lebih besar.

Itulah peluang menanam pohon sengon, bagi yang punya lahan kosong terbengkalai tak terawat, lebih baik ditanam sengon. Karena hitung - hitungan hasilnya pasti. Hari bulan dan tahun berganti, empat kali lebaran waktu nya panen. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel