Modal Awal Buka Usaha Toko Alat Pancing dan Strategi Memulainya

bisikanbisnis - Usaha alat pancing atau Toko pancing merupakan sebuah bisnis yang didasari oleh hobi selain itu usaha toko pancing biasa nya dimiliki oleh orang yang faham alat alat pancing. Untuk ini layak diperhitungkan karena omset nya pun lumayan besar.

Pada artikel ini akan kami suguhkan kepada anda mengenai Modal awal dan Strategi buka usaha toko pancing untuk pemula.

Untuk membuka toko pancing anda harus mengenal siapa target konsumen. Sebab pemancing mania belum tentu menampakan diri, yaah minimal harus tahu kelompok/komunitas hobi mancing didaerah anda. Kemudian selain itu anda harus jeli mengebai apa kebutuhan yang ingin dicari konsumen saat mereka datang ke toko anda.

Dan yang paling utama anda Harus Tahu Istilah Istilah Dalam Dunia Mancing Termasuk Detail Alat alat yang akan anda jual seperti berikut ini:
  • Nikelin : Nikelin atau kawat untuk mancing ikan bergigi tajam seperti barracuda, tenggiri, dll.
  • Kili-kili : Ada dua macam, kili-kili peniti dan kili-kili biasa.
  • Timah : Timah / pemberat
  • Sabiki/ kotrek : Sabiki adalah rangkaian beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat  menyerupai makanan ikan sehingga ikan dengan segera menyambar rangkaian pancing ini.
  • Kail (Hook) : Mata kail
  • Kenur (Lines)
  • Penggulung (Reel)
  • Joran (Rod)
  • Pelampung: Terbuat dari kayu, busa, gabus, fiber glass atau plastik
  • Umpan : bisa berupa ramuan sampai umpan alam hidup ataupun mati. contoh ikan kecil, udang atau cumi-cumi.
  • Gunting : alat memotong/mengguntin baik itu untuk umpan, kenur yang kusut, atau rangkaian mata kail yang rusak/kusut.
Berikut Perkiraan Modal Awal Buka Usaha Alat Pancing:

Seperti dilansir dari laman wirausahakan.blogpspot.com bahwa Dari satu pack pancing dengan harga Rp 10.000, 00, bisa di jual hingga Rp 20.000, 00 bahkan lebih, dan semakin lengkap alat pancingnya, maka usaha akan semakin ramai.

Keuntungan dari penjualan alat pancing ini sangat menggiurkan, paling tidak 50% keuntungannya, dan tidaklah sulit menemukan pembeli karena dengan keadaan Indonesia yang memang banyak perairannya, ditambah dengan beberapa acara TV yang menyajikan pengalaman memancing, membuat banyak orang beralih hobi menjadi pemancing.

Usaha toko alat pancing untungnya besar, potensi untuk berkembang sangat terbuka lebar, dan yang saya perhatikan hobi memancing ini bukanlah hobi musiman, karena banyak sekali spot tempat pemancingan yang ada di Indonesia.

Untuk membuka usaha toko pancing yang lengkap, paling tidak modal 10-20 juta cukup untuk memulainya, tinggal tentukan tempat yang strategis, lalu mulailah melengkapi barang jualan, cari supllier peralatan pancing yang bisa diandalkan, karena dari pengalaman saya banyak supplier yang selalu kehabisan barangnya dan tentu saja berimbas dengan usaha yang saya jalankan saat itu. Selengkapnya ulasan tips memulainya
  • Membuat Izin Terlebih Dahulu
Walau bentuk usaha mikro atau kecil kecilan, tetap saja izin usaha harus dibuat agar legal dan diakui oleh pemerintah setempat. Hal ini mengantisipasi pemberhentian sewaktu waktu kedepannanya dari pihak pemerintah.

Fungsi lain dari izin usaha adalah bisa digunakan syarat untuk meminjam uang di bank. Jadi bila kalian bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat di Bank atau jenis pinjaman untuk modal usaha lainnya.
  • Cari Supplier Alat
Langkah penting lainya dalam jualan peralatan pancing adalah mencari suplier yang menyediakan beragam perlatan pancing yang lengkap serta murah. Kalau tidak ada suplier darimana kita mendapatkan barang dagangan kita?

Nah untuk itu carilah suplier alat pancing sebelum memantapkan mendirikan toko pancing. Sebab bisa menjadi pertimbangan utama ketika sulit mendapatkannya bisa karena jauh dan stok langka.
  • Memilih Lokasi Yang Tepat
Dimanakah sebaiknya kita mmembuka toko alat pancing. Yang jelas bukan ditempat yang sepi. Buka toko harus di lokasi strategis. Dimana? Ditempat yang ramai dan dekat dengan tempat tempat umum tertentu sepertipinggir jalan, pasar umum/tradisional dan pantai serta lokasi dimana banyak pemancing.

Saran saya baiknya mendirikan toko alat pancing di dekat pasar umum. Sebab selain bisa menjual, anda juga bisa menjadi suplier. Tapi pertimbangkan juga modalnya. Harga sewa lahan cukup mahal jika didaerah strategis.
  • Promosikan
Ketika sudah berdiri belum saatnya kalian diam dan tinggal menerima layanan konsumen. Agar konsumen banyak tentu harus melakukan promosi barang yang kalian jual. Cara efektif bisa menggunakan media sosial facebook, Wa di grup komunitas pancing. Selain lewat online, kalian bisa membuat papan nama sebagai indetitas sekaligus promo toko pancing.

Bisnis Lainnya:
  1. Tips Menyiasati Usaha yang Sedang Sepi Penjualan
  2. Cara Kerja Bisnis Forex itu Begini Pak Eko
  3. Resiko Usaha Rongsokan yang Perlu diperhatikan
  4. Mana yang Lebih Untung jadi Dropship atau Reseller?
  5. Prinsip Sederhana Agar Bisnis Online Sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel