Peluang dan Tips Usaha Toko Jam Tangan


bisikanbisnis - Jam tangan merupakan fashion bagi pria tau wanita, tua ataupun muda. Jadi usaha ini berpeluang besar untuk dijalankan karena mencakup semua kalangan. Alasan inilah yang menjadikan pelaku usaha jam tangan tetap bertahan dengan meraup keuntungan yang cukup besar. Selain itu juga, jam tanga memiliki banyak desain dan warna sehinga tidak heran jika satu orang saja memiliki banyak jenis jam tangan.

Jam tangan tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengetahui waktu, namun jam merupakan fashion yang sekarang digunakan sebagai aksesoris dan sebagai simbol prestise. Seperti kita lihat sekarang ini, bahwa tren fashion jam tangan menjadi suatu keharusan bagi mereka yang ingin tampil percaya diri dan terlihat bergaya modis.

Banyaknya pesaing usaha ini maka anda harus mengetahui bagaimana cara sukses menjalankan usaha ini agar anda tidak kalah saing, minimal yang utama harga dari suplier jam tangan tidak terlalu tinggi.

Beberapa Jenis Jam Tangan Yang Harus Kamu Ketahui Jika ingin Usaha Toko Jam:
1. Jam Tangan Analog
Jam tangan analog menggunakam jarum sebagai penunjuk waktunya. Biasanya, ada tiga buah jarum nan digunakan, yaitu jarum pendek menunjukkan jam, jarum lebih panjang menunjukkan menit, dan jarum lebih tipis menunjukkan detik. Jam analog masa kini juga dilengkapi fitur penanda tanggal dan bulan.

2. Jam Tangan Otomatis
Jam otomatis menggunakan teknologi energi mobilitas dari pergelangan tangan menjadi energi buat memutar pegas nan terdapat di dalam mesin arloji. Teknologi otomatis ini muncul menggantikan teknologi sebelumnya dengan memanfaatkan mesin hand winding.

3. Jam Tangan Kinetik
Jam Tangan Kinetik merupakan penyempurnaan teknologi otomatis dengan menggabungkan energi yang dihasilkan dari gerakan tangan dengan quartz. Energi dari gerakan tangan ink mampu disimpan oleh mesin kinetik hingga mencapai 6 bulan.

4. Jam Tangan Tenaga Surya
Jam ini memanfaatkan tenaga surya dan sangat ramah lingkungan (eco drive techonology). Selain dapat mengubah tenaga surya menjadi energi jam tangan ini juga dapat mengubah segala macam cahaya bahkan cahaya lampu dan sebagainya.

5. Jam Tangan Digital
Jam digital menggunakan angka digit pada layarnya. Akurasi waktu yang dihasilkan teknologi ini sangat bagus.

Nah berikut ini tipe-tipe jam tangan harus kamu lengkapi di toko anda, agar pembeli lebih leluasa memilih sesuai selere nya:

- Tipe Sporty
Tipe sporty biasanya rangka besar dan lebar. Bahannya kuat dan antigores. Biasanya bahan terbuat dari titanium.

- Tipe Stylish
Jam tangan stylish memang ditujukan buat mereka dengan selera fashion high class atau khusus bagi mereka yang menginginkan gaya, prestis, dan kenyamanan.

- Tipe Worker
Jam tipe ini biasanya dibeli para pekerja kantoran yang memiliki banyak fitur sperti alarm, timer dan schedule.

Berikut tips sebelum memulai usaha toko jam tangan:
#Mengetahui Pasar

Mengetahui pasar artinya anda harus mengetahui target yang akan kalian jadikan sasaran. Jika targetnya adalah kelas atas maka anda harus memiliki jenis jam yang diminati para pelanggan kelas atas yang tentunya memiliki kualitas dan harga yang bagus. Sedangkan jika target anda adalah menengah kebawah maka anda juga harus siap mempersiapkan jam yang cocok untuk menengah ke bawah.

# Pesiapan

Tempat yang biasa digunakan oleh para penjual jam tangan adalah menyediakan etalase kaca agar memudahkan pelanggan untuk melihat model jam. Selain itu juga berikan cahaya yang terang sehingga pelanggan anda dapat melihat lebih jelas bagaimana bentuk atau desain jam yang mereka lihat. Jangan lupa juga siapkan cermin.

# Cari Pemasok / Suplier

Dalam usaha ini tidak mungkin anda menjalankannya sendiri, artinya anda perlu adanya pemasok agar mempermudah anda dalam memperoleh barang yang akan anda jual. Pemasok ini adalah tangan pertama ketika anda mengambil barang yang anda pesan.

# Berikan Harga Yang Sesuai Pasaran

Harga ini menjadi pertimbangan yang paling penting ketika pelanggan akan membeli jam. Sehingga anda harus mengetahui harga pasaran. Jika barang yang anda jual terlalu mahal maka anda siap-siap akan kehilangan pelanggan. Apalagi pelanggan anda yang leih mengetahui mengenai kualitas dan harga pasaran.

# Jaminan Kualitas

Jika target anda adalah orang kelas atas, maka anda harus memberikan garansi atas barang yang anda jual. Dengan garansi maka pelanggan anda tidak ragu megenai kualitas jam yang and jual. Sehingga mereka berfikir ada harga maka ada kualitas.

Untuk menunjang minat pelanggan datang maka anda boleh membuka jasa service jam tangan agar pelanggan toko anda tidak sepi, misalnya ganti batre, gabti tali jam dll. Demikianlah tips usaha/toko jam tangan semoga bermanfaat dan selamat berwirausaha..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel