Analisa Modal dan Peruntungan Bisnis Ikan Arwana Yang Perlu Anda Ketahui

Bisikanbisnis - Mencoba keberuntungan di bisnis ikan Arwana sangat spektakuler bagi yang serius menjalankan. Jika ingin memulai bisnis ini perlu modal yang lumayan besar karena bisnis ini mampu mendatangkan rupiah yang tidak sedikit

Perlu diketahui bisnis ikan arwana tidak lah gampang, karena butuh perawatan dan ketekunan yang ekstra. Anda bisa terjun di bisnis jual beli saja atau secara total membudidayakan dari anakan juga oke, karena nilai satu ekor nya saja bisa jutaan bahkan sampai ratusan juta lho.

Bagaimana menekuni bisnis ikan arwana ini? simak terus artikel Analisa Investasi dan Peruntungan Bisnis Ikan Arwana Yang Perlu Anda Ketahui ini

Ada alasan kuat yang mendasari seseorang untuk menggeluti usaha ini yaitu harus didasari hobi, ya yang hobi hewan air memang cocok di bisnis ini. Tetapi jika tidak hobi ya tidak usah, nanti bukan untung yang didapat malah rugi besar juragan 😐

Usaha budidaya ikan arwana jika ditelaah dari segi bisnis tentu perlu mengikuti langkah langkah yang benar. Apalagi ikan ini adalah ikan yang sensitif terhadap keadaan dan diperlukan perawatan yang ekstra.

Perlu diketahui ada 4 warna dari ikan arwana yang memiliki nilai tinggi seperti, Ikan Arwana Hijau, Ikan Arwana Emas dengan ekor merah, Ikan Arwana Emas, Ikan Arwana Merah. Dari varian tersebut yang paling tinggi nilai jual nya ketika sudah besar adalah warna merah (super red).
Harga jual ikan arwana dapat mencapai sekitar 5 hingga 10 juta per ekornya, sedangkan pada saat kontes harga lelang 1 ekor saja bisa ratusan juta. uuhhhh Luar biasa. Jadi, budidaya ikan ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Budidaya arwana ini dapat dilakukan pada skala rumahan yakni di akuarium.

Perlu diketahui bahwa Bisnis ikan arwana dalam mitodologi masyarakat tionghoa adalah bisnis mulia apalagi ikan arwana ini disebut juga ikan Naga. Jika merunut pada peruntungan bisnis ikan ini dikhususkan bagi Orang-orang yang bershio Babi.

Karena orang dengan shio babi ini watak nya sangat mencintai rumah dan keluarga mereka, sehingga cocok untuk profesi atau bisnis yang memungkinkan Anda bekerja dari rumah.

Kesabaran dan kebaikan menjadi dasar dalam karir, terutama yang memerlukan perhatian ekstra dan sisi penyayang hewan. dan ini sangat cocok jika usaha Ikan arwana. Berikut alasan mengapa Bisnis Arwana Ini Menggiurkan?

Harga Spektakuler
Karena harga arwana terbilang fantastis dan lebih stabil dibandingkan dengan ikan hias lain dan ikan konsumsi? Hal ini terjadi karena jumlah anakan / bibit terbatas dan proses perkawinan yang tidak sesering ikan lain.

Saat ini harga arwana mencapai sekitar Rp. 4-20 juta ukuran mulai 12-40cm. Sedangkan untuk harga bibit ukuran 1 cm dibanderol dipasaran mulai Rp 300 hingga 700 ribu.

Diminati Banyak Negara
Permintaan arwana super red di pasaran cukup tinggi. Apalagi arwana merupakan jenis ikan hias unik yang sering di eskpor. Beberapa negara pengimpor arwana super red antara lain Hongkong, Cina, Jepang, Taiwan, Kanada, Amerika dan negara Eropa Barat.

Untung Besar
Untung Besar Karena merupakan ikan hias, harga yang dipatok bukan saja dari biaya produksi, tetapi berdasarkan nilai estetika (keindahan), semakin besar ikan arwana harganya akan semakin tinggi pula. Jika anda ingin secara total menggeluti usaha ini dari pembiakan maka Langkah pembudidayaan nya sebagai berikut:

Persiapkan Media atau Akuarium
  • Siapkan dahulu media budidaya berupa akuarium. 
  • Jumlah akuarium yang akan digunakan untuk budidaya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Lengkapi akuarium dengan aerator, heater, filter air, pengatur suhu dan juga lampu.
Pemilihan Jenis Ikan Arwana
Jenis ikan arwana sangatlah banyak, maka disarankan anda untuk membudidayakan ikan arwana jenis super red karena jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu sekitar 5 juta per ekor untuk ikan dewasa dan sekitar 1 juta per ekor unuk benihnya.

Persiapan Indukan Ikan Arwana:
  • Ikan arwana yang akan dijadikan indukan sebaiknya ikan arwana yang berkualitas.
  • Untuk membedakan antara ikan arwana jantan dan ikan arwana betina dapat dilihat dari ukuran tubuh dan kepalanya, jika ukuran tubuh dan kepala kecil berarti ikan tersebut adalah ikan arwana betina.
Ikan arwana yang dapat dijadikan indukan dan dikembang biakan adalah ikan yang telah mencapai umur sekitar 4 tahun lebih. Ikan yang telah dipilih menjadi indukan selanjutnya dipisahkan dengan arwana lain, selama dikembangbiakan ikan arwana tersebut diberi pakan khusus berupa udang.

Waktu Pengembangbiakan Ikan Arwana sang ikan sudah menemukan pasangan, mereka sering berenang bersama dengan kepala dan ekor menempel. Jika sudah seperti itu, ambil ikan tersebut dan tempatkan pada tempat atau akuarium perkembangbiakan. Selanjutnya ikan akan melakukan proses perkawinan, setelah itu betina akan bertelur.

Ikan arwana jantan kemudian akan memakan telur yang dikeluarkan betina untuk membuahi telur tersebut hingga menjadi larva ikan. Setelah sekitar 2 bulan maka ikan jantan tersebut akan mengeluarkan larva ikan tersebut.

Pembesaran Benih ikan arwana yang telah memiliki ukuran sekitar 1 cm, diberi pakan berupa cacing pita dan juga nutrisi buatan lainyya hingga memiliki ukuran sekitar 12 cm.

Setelah berukuran 12 cm maka benih tersebut dipisahkan dari indukan untuk menghindari benih termakan oleh indukan dan beri pakan ikan tersebut dengan ikan runcah atau udang kecil.

Pemanenan Ikan Arwana dapat dilakukan ketika ikan arwana telah mencapai ukuran sesuai dan telah memiliki warna yang bagus, ikan dapat dipanen dan dijual.

Analisa Modal Budidaya Ikan Arwana

Untuk menyiasati modal bisa diawali dengan membeli anakan arwana terlebih dahulu. Harga anakan arwana tidak terlalu mahal dibandingkan dengan indukan (arwana dewasa).

Modal Usaha Untuk pemula bisa membangun usaha arwana komersial mulai dari nol atau langsung besar-besaran tergantung modal yang dimiliki. Misalnya hanya dari 1 ekor anakan.

Namun jika ingin langsung besar, caranya yakni : Jika anda membuka usaha perdagangan ikan hias arwana, modal yang diperlukan sekitar Rp. 100 juta untuk pengadaan akuarium 10 unit (Rp 40 juta) dan pengadaan anakan arwana 10 ekor (Rp. 60 juta).

Sebagai anda jadi pedagang sekaligus pembesaran, investasinya mencapai Rp. 500 juta untuk pengadaan akuarium 10 unit senilai Rp. 40 juta, bak fiber / benton Rp. 60 juta dan pengadaan anakan ikan arwana Rp. 400 juta.

Sebagai penangkar dengan investasi minimal Rp 10 milyar. Dengan rincian : pengadaan tanah 5000 m, pengadaan induk arwana minimal 150 ekor, kolam penangkaran minimal 3 kolam, kolam penampungan / akuarium, dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel