Modal Buka Usaha Toko Cat itu Besar, 4 Hal ini Harus difahami

Bisikanbusnis - Usaha toko cat adalah peluang usaha yang memiliki income yang besar. Toko cat itu bisa dibilang usaha jangka panjang, Mengapa demikian? Karena kebutuhan cat ini akan selalu dibutuhkan dan selalu dicari.

Selagi ada pembangunan maka cat pasti diperlukan, artinya peluang usaha membuka toko cat menggiurkan bukan? Toko cat biasa menjual aneka produk cat bangunan, seperti cat kayu, cat besi, cat tembok, cat genteng, cat aluminium gold copper, varnish, dan politur air. Ia juga menjual peralatan cat, seperti kuas, amplas dan roll.

Selain itu toko cat anda harus menyediakan banyak pilihan merek cat dengan berbagai ukuran kemasan. Aneka cat biasa nya dijual dengan harga mulai Rp 2.500-Rp 400.000 per kaleng. Bahkan, ada juga yang dibanderol Rp 1 juta per kaleng untuk kualitas bagus.

Tapi sebelum terlanjur buka toko cat ada 4 hal yang perlu diketahui, sepeti dilansir dari laman kontan.co.id bagi anda yang sudah punya tekad menggeluti usaha ini mesti memahami beberapa tips berikut:

Rekanan pabrik
Toko cat harus memiliki partner sepeti rekanan pabrik atau suplier besar Supaya toko cat anda mampu memberikan harga bersaing di pasar karena material cat yang langsung dari pabrik jauh lebih murah ketimbang membeli dari distributor.

Lokasi usaha
Anda harus memilih lahan yang strategis, paling tidak di pusat kota atau di kawasan yang sudah ramai penduduknya, Lokasi lain yang cukup strategis adalah kawasan pengembangan properti.

Hindari Pembayaran di Belakang
Hal ini cukup membahayakan lantaran bisa jadi Anda akan direpotkan dalam penagihan. paling ideal adalah menggunakan sistem pembayaran di depan atau secara tunai, bukan dengan cicilan.

Modal besar
Modal yang harus anda siapkan tidak kecil lho. Nilainya hampir sama ketika Anda ingin membuka usaha toko bangunan. Paling tidak, Anda harus mengantongi kocek mulai Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar bahkan lebih, ini modal untuk toko cat komplit lho.

Sedangkan jika hanya ingin toko penjualan saja modal bisa 100 - hingga 500 juta. Jika ingin langsung komplit ya modal harus gede, dan ingat modal itu digunakan untuk belanja stok awal barang, renovasi tempat usaha, sewa lahan usaha, belanja peralatan dan perlengkapan gerai, serta membeli mesin oplosan cat.

Yang membuat modal besar bagi toko cat yang komplit adalah biaya beli mesin oplosan cat. Dan Mesin oplos cat ini sangat penting bagi usaha ini. Di awal usaha, minimal pelaku bisnis ini harus memiliki tiga mesin oplos.

Bahkan saat ini kisaran harga mesin oplos cat cukup mahal berkisar antara Rp 100 hingga 150 juta.

Jika anda memang punya modal lebih baik langsung bermitra saja dengan penyedia gerai toko cat dijakarta, biasanya Anda cukup menyetor modal Rp 1 miliar. Dana itu digunakan untuk renovasi Rp 200 juta dan stok barang Rp 800 juta. Jadi, investasi itu belum termasuk sewa tempat atau pembelian lokasi.

Siap Berproses
Untuk balik modal dan menikmati keuntungan, paling tidak membutuhkan waktu antara tiga hingga lima tahun. Di awal menjalankan usaha ini adalah menarik semakin banyak pelanggan. Sebab, saingan usaha ini cukup berat, yakni bisnis toko bangunan.

Selain pembeli eceran, Anda juga harus menyasar pembeli dari kalangan kontraktor atau pengembang properti. Mereka merupakan calon pelanggan strategis yang belanja rutin setiap bulan. Selain itu, kapasitas belanja mereka juga besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel