Jurus Sukses Membuka Usaha Konveksi ala Milenial

Bisikanbisnis - Apakah Anda termasuk pecinta fashion dan ingin bergelut di bidang tersebut? Maka sepertinya usaha konveksi cocok untuk Anda jalankan. Namun tentunya sebelum mulai menjalankan usaha tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, antara lain:

1. Menentukan Produk

Hal pertama yang harus Anda pikirkan sebelum membuka usaha konveksi yaitu menentukan produk yang akan diproduksi. Biasanya sebuah konveksi besar siap memproduksi segala jenis kebutuhan fashion, dari baju anak-anak hingga dewasa.

Namun ketika Anda memulai bisnis konveksi, sebaiknya Anda memilih produk yang lebih spesifik. Baru ketika nanti bisnis Anda sudah berjalan cukup baik, Anda bisa menambah jenis produk yang akan Anda kerjakan.

2. Menentukan Lokasi

Membuka bisnis konveksi membutuhkan lahan yang cukup luas. Namun jika Anda belum bisa menyewa atau membeli lahan, Anda bisa memulainya dengan menggunakan salah satu ruangan di rumah.

Tentu saja harus ada yang dikorbankan sementara waktu demi bisnis berjalan. Misal, Anda bisa menggunakan ruang tamu terlebih dahulu hingga nanti memiliki cukup modal untuk memperluas bangunan rumah atau menyewa lahan tersendiri.

Menempatkan lokasi bisnis di rumah juga cukup membantu menghemat modal dan mempermudah pengawasan.

3. Menentukan Modal

Setelah menentukan produk dan lokasi, yang pertama harus dilakukan adalah menghitung modal yang dibutuhkan.

Modal di sini termasuk juga tentang pengadaan peralatan yang dibutuhkan, seperti pengadaan mesin jahit, perekrutan dan pembayaran gaji untuk karyawan, atau pembelian kain.

Anda juga harus menghitung dan menargetkan berapa lamakah modal harus kembali.

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Hal terakhir yang harus Anda pikirkan sebelum terjun ke bidang konveksi, yaitu strategi pemasaran. Bagaimana mencari klien, apakah Anda hanya akan mengerjakan pesanan klien ataukah memiliki toko untuk menjual produk Anda?

Semoga empat hal di atas bisa membantu Anda sebelum memutuskan memulai bisnis konveksi. Selamat mencoba!
(foto news.analisadayli)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel