Tips Menyiasati Usaha Yang Sedang Sepi Penjualan / Orderan

Bisikanbisnis - Yang namanya bisnis tidak selamanya berjalan mulus dan lancar, ini adalah hal yang sangat wajar apalagi anda adalah seorang pemula yang baru terjun di dunia bisnis. Namun anda tidak perlu panik untuk menghadapinya, karena semua pengusaha pasti pernah mengalaminya termasuk pengusaha yang sukses sekalipun.

Tetaplah bersikap tenang dan berfikir positif agar anda dapat mengetahui letak permasalahan usaha anda sepi. Berikut adalah tips menghadapi usaha yang sedang sepi:

1. Evaluasi Harga

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah meninjau kembali harga yang telah anda tetapkan pada produk atau jasa anda, bisa jadi harga yang anda tetapkan lebih mahal daripada produk pesaing anda sehingga pelanggan anda beralih ke pesaing anda. Oleh karena itu, teruslah update harga pada pesaing anda dengan cara membeli produk pesaing anda atau mengguakan layanan jasa mereka.

2. Evaluasi Kualitas

Apabila harga produk anda sudah sesuai, namun usaha anda masih tetap sepi maka bisa jadi permasalahannya ada pada kualitas produk anda. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih kualitas yang bagus meskipun harganya mahal dibandingkan dengan harga murah dan kualitas murahan. Oleh karena itu, cek kembali kualitas produk anda dan pastikan apakah produk anda sudah layak dipasarkan atau tidak.

3. Evalua Layanan

Jika kedua hal di atas tidak menjadi masalah, maka bisa jadi pelayanan anda kepada pelanggan yang mempengaruhi sepinya usaha anda. Maka teruslah memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen anda.

4. Lakukan Inovasi

Mungkin para pelanggan anda merasa bosan dengan produk atau jasa anda dan bahkan tampilan toko anda kurang menarik. Maka dari itu lakukan inovasi yang mencolok pada produk atau jasa anda dan toko anda. Hal ini sangat wajar terjadi karena pada dasarnya manusia memamg cepat bosan terhadap sesuatu.

5. Membuat Promo

Hal ini dilakukan untuk menarik pelanggan lama anda dan juga untuk menarik pelanggan baru untuk datang dan menggunakan produk atau jasa anda agar usaha anda lebih banyak pelanggan dan tentunya tidak sepi lagi. promo diwajibkan bagi pelaku usaha kuliner dan kebutuhan rumah tangga lain nya.

6. Go Online

Jika selama ini anda hanya menawarkan produk atau jasa hanya dengan offline maka anda harus go online untuk menjangkau target pasar anda. Anda dapat menggunakan berbagai media sosial untuk memasarkan produk atau jasa anda agar lebih banyak pelanggan yang mengetahui usaha anda. Selain itu juga anda dapat membuka toko online seperti marketplace tokopedia atau shopee yang sudah memiliki banyak pelanggan. (Foto Mahribeton.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel