5 Bisnis yang Cocok untuk Anggota Polri / Polisi

Ilustra foto lifepal.com
Apa saja bisnis yang cocok untuk anggota polri? Siapapun bisa memilih ragam usaha atau bisnis untuk mendapatkan pemasukan. 

Bisnis identik dengan istilah wiraswasta (non PNS) namun hal itu tidak bisa dijadikan patokan karena banyak sekali para pebisnis yang berlatar belakang PNS punya bisnis sampingan yang menghasilkan.

Ada banyak sekali contoh bisnis yang cocok untuk anggota polri yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan, namun demikian terdapat beberapa aturan bisnis yang khusus. Artinya ada bisnis yang tidak boleh (Dilarang).

Bisnis yang Cocok untuk Anggota Polisi

Polri mengatur larangan bagi anggotanya menjalankan bidang usaha atau bisnis tertentu dalam Peraturan Kapolri Nomor 9/2017 tentang Usaha bagi Anggota Polri.

Bidang usaha itu antara lain yaitu bisnis yang dapat merugikan negara, bisnis pengadaan di lingkungan kepolisian, dan bisnis yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan dalam jabatan.

Usaha bagi seorang polisi tentu sebagai sampingan karena waktu yang digunakan untuk bisnis tidak sepenuhnya total. Lalu apa saja contoh bisnis yang cocok untuk anggota polri? Berikut pilihan nya:

Bisnis Bonsai

Bisnis bonsai bagi seorang anggota polri cukup menggiurkan karena harga tanaman hias bonsai itu tiggi sekali.

Bisnis bonsai cocok sekali bagi seorang anggota polisi dengan membuka area khusus dipinggir jalan dan menempatkan karyawan untuk standbye setiap hari.

Sebagai pemilik bisnis tentu hanya mengontrol, jenis tanaman bonsai seperti apa yang mudah laku.

Keunggulan bisnis bonsai bagi anggota polri adalah relasi / koneksi nya luas, dan tentu sangat menguntungkan.

Bunga Papan / Florist

Tak dipungkiri bahwa saat ini kebutuhan akan bunga papan sangat tiggi permintaan karena hampir setiap acara pati ada bunga papan.

Bagi seorang anggota polri tentu bisnis bunga papan sangat cocok. Cukup menyewa ruko dipinggir jalan dan mencari karyawan untuk bidang perangkai bunga dan karyawan antar (driver).

Konveksi

Bisnis konveksi sangat cocok bagi seorang anggota polri apalagi saat ini kebutuhan pakaian seragam terus meningkat.

Jika usaha konveksi berjalan lancar tentu sebagai pemilik hanya mengontrol, misal pemesanan keluar kota / luar provinsi dll. Sebagai langkah awal bisa join dengan konveksi lain sebagai uji coba.

Jual Beli Mobil Bekas

Bisnis jual beli mobil bagi seorang anggota polisi sangat tepat sebagai sampingan, dengan memanfaatkan koneksi yang luas tentu itu sangat menguntungkan jika bergelut di bisnis jual beli mobil bekas.

Bisnis Ikan Hias

Mungkin hanya sebagian kecil anggota polri yang melirik bisnis ikan hias. Tetapi jika ditelaah lebih jauh bisnis ini sangat
menjanjikan, terutama bagi mereka yang suka dengan hewan air (Hobi).

Dalam menjalankan usaha, anggota Polri diperbolehkan menjalankan bisnis (usaha) akan tetapi harus sesuai dengan apa yang ditetapkan dan tidak meninggalkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel