15 Inspirasi Usaha yang Cocok untuk Pengangguran

Banyak orang yang memiliki pandangan bahwa bekerja adalah hal yang wajib bagi seseorang setelah menempuh pendidikan, apalagi orang tersebut sudah selesai dari pendidikan perguruan tinggi yang menyandang gelar seperti S.H, S.Kom, S. Pd, S.E Dan masih banyak lagi jenis gelar yang bisa memperpanjang nama seseorang.

Orang lain akan mengangap seseorang sudah bekerja ketika pekerjaan tersebut dilakukan di sebuah instansi misalnya seperti menjadi seorang guru, bekerja di dinas sosial, di dinas pendidikan dan instansi lainnya.

Asalkan seseorang tersebut menggunakan seragam dinas maka sudah dianggap wow oleh kebanyakan orang.

Biasanya orang yang bekerja akan dianggap rajin dan berhasil, meskipun kita sendiri tidak tau berapa gajinya dan apa posisinya, yang penting berangkat pagi pulang sore dengan menggunakan seragam.

Pelu dipahami, bahwa jalan hidup setiap orang akan berbeda-beda dan jalan tersebut merupakan sebuah pilihan.

Jadi jangan lagi menganggap bahwa orang yang berpendidikan harus bekerja sesuai dengan bidangnya.
 

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak jenis pekerjaan baru yang muncul, sehingga tak perlu repot bekerja di kantor seperti umumnya. Profesi seperti ini biasanya tidak terikat waktu dan jadwal sehingga bisa dilakukan di mana saja, termasuk dari rumah.

Hal ini tentu berbeda dari pandangan selama ini, dimana bekerja harus terikat dengan waktu dan pekerjaan tersebut harus dilakukan di luar rumah. Berikut adalah pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah, namun masih dianggap pengangguran.

1. Gamer Profesional

Kebanyakan orang mengangap bahwa menjadi seorang gamer bukanlah profesi melainkan sebuah hobi yang bahkan dicap negatif karena dianggap seorang gamer adalah orang yang hanya menghabiskan waktu sia-sua hanya untuk bermain game.

Saat ini, gamer profesional sudah ditekuni banyak orang dan penghasilannya lumayan. Bisa dibilang modalnya besar dan perlu ketekunan untuk mengikuti ajang turnamen atau membuat channel game di YouTube. Meski begitu, cap negatif gamer membuat profesi ini sering dikira seorang pengangguran.

2. Menjadi Penulis Online

Penulis online banyak dari kalangan anak muda yang memiliki kemampuan menulis karena memang menjadi hobi. Menjadi penulis online tidak perlu modal karena hanya dengan bantuan jaringan internet dan kemampuan menuangkan ide-ide dalam merangkai suatu kalimat maka dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Saat ini banyak yang tergoda menjadi seorang penulis online karena prosesnya yang cepat dalam menghasilkan uang. Tetapi lagi-lagi karena pekerjaan ini dilakukan dirumah maka orang menganggapnya pengangguran.

3. Translator

Meskipun sudah banyak yang menguasai bahasa asing dan bahkan sekarang sudah banyak aplikasi penerjemah, namun masih banyak orang yang mencari jasa penerjemah karena untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa asing.

Menjadi penerjemah bukanlah perkara yang mudah karena harus tau bagaimana penulisan yang baik dan benar agar mudah dipahami oleh orang lain dan tentunya sesuai dengan isi. Oleh karena itu menjadi translator dapat menjanjikan karena untuk menerjemahkan per lembar saja dapat dikenakan biaya Rp 50.000. Tetapi sayangnya profesi ini masih dianggap pengangguran.

4. Blogger

Jangan pernah meremehkan yang namanya blogger. Seorang blogger bisa mendapatkan hasil yang fantastis, apalagi sudah lama ditekuni. Seorang blogger dapat menghasilkan uang dari berbagai konten yang ia tulis.

Penghasilan seorang blogger tidak sama dengan orang yang bekerja si sebuah instansi dimana gajinya tetap setiap bulannya, dan jika ingin gajinya naik maka harus ada proses beberapa tahun. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan seorang blogger yang gajinya bisa naik setiap bulannya.

5. YouTuber

Untuk mendapatkan penghasilan, youtuber tidak jauh berbeda dengan blogger yaitu didapatkan dari internet. Namun yang berbeda adalah YouTuber membuat konten berupa video yang dapat ditonton oleh banyak orang.

Syarat agar menjadi YouTuber sukses adalah dengan banyak subscriber dan penonton. Jadi tidak heran jika hampir semua artis memiliki chanel youtube karena mereka tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan subscriber karena memang sudah memiliki banyak fans.

6. Jual Beli Motor Bekas (Perantara)

7. Marketing Produk

8. Usaha Kerajinan

9. Ternak Ikan di Halaman Rumah

10. Tanaman Hias

11. Usaha Jasa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel