5 Penyebab Perusahaan Bangkrut dan Solusinya

Menjalankan sebuah usaha tidak segampang menikmati keuntungannya, banyak sekali Usaha Kecil Menengah (UKM) mengalami kebangkrutan dan hanya sedikit pelaku usaha yang usahanya tetap bertahan dan bahkan mampu mengembangkan usahanya.

Sebelum anda menjalankan sebuah usaha tentunya kalian harus meriset tentang usaha yang akan anda jalankan, meriset sebuah usaha dapat anda lakukan dengan mencari informasi di internet atau bisa survey langsung ke beberapa usaha yang sama dengan usaha yang akan anda jalankan.

Meriset sebuah pasar usaha anda pasti akan mendapatkan informasi yang berharga, mulai dari bagaimana menjalankan usaha, pahit manisnya menjalankan usaha, seberapa besar keuntungan dan modalnya dan bahkan resiko yang akan dihadapi ketika menjalankan usaha tersebut.
 

Hal yang terpenting lagi dalam menjalankan usaha adalah anda harus tau apa penyebab usaha bangkrut, karena dengan begitu anda memiliki antisipasi agar anda tidak melakukan hal yang menyebabkan usaha bangkrut. Belum banyak yang tau bahwa ada beberapa faktor yang yang menyebabkan usaha bangkrut, berikut ulasannya:

Perencanaan Kurang Matang

Biasanya hal ini akan terjadi ketika membuka usaha terlalu buru-buru tanpa tau pasar dan target usaha yang dibuka, faktor lainnya adalah karena hanya sekedar ikut-ikutan saja agar dilihat orang lain anda memiliki sebuah usaha. Memang menjalankan usaha tidak semudah membuat konsep di atas kertas, karena ketika sudah dilakukan maka akan ada-ada saja rintangan yang akan dihadapi.

Jadi lakukan perencanaan secara matang, dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah anda harus membuat usaha yang berbeda yang mendirikan bahwa itu adalah usaha anda. Intinya usaha yang anda bangun harus menarik dan unik.

Salah Mindset

Ketika akan membuka usaha jangan sampai anda salah Mindset atau salah tujuan, Mindset yang salah ketika menjalankan sebuah usaha adalah berfikir untuk cepat kaya atau memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi.

Jika Mindset anda ingin cepat kaya maka anda justru akan melakukan kesalahan seperti harganya prodak anda naikan, artinya harga prodak anda lebih mahal dibandingkan prodak ditempat lain. Hal ini terjadi karena di dalam pikiran anda hanya bagaimana caranya mendapatkan keuntungan yang besar sehingga cepat kaya.

Jika pernah terlintas pikiran seperti itu, mulai sekarang harus anda rubah. Beberapa Mindset yang baik ketika membuka sebuah usaha seperti mengaplikasikan fashion anda, karena untuk mencari rizki jadi banyak sedikitnya keuntungan itulah rizki anda, jadi anda tidak akan mengambil kesempatan untuk menaikan harga, karena ingin berkembang dan menjadi lebih baik lagi di bidang usaha atau bisa juga anda berfikir untuk mencari pengalaman di bidang usaha, jadi ketika hal yang tidak diinginkan terjadi anda akan merasa ikhlas.

Manajemen Yang Buruk

Baik buruknya manajemen sebuah usaha tergantung pada pemimpinnya atau pemiliknya, manajemen usaha meliputi beberapa faktor yaitu manajemen waktu, manajemen pelayanan dan manajemen keuangan. Jadi ketika manajemen buruk maka tidak heran bahwa usaha anda akan bangkrut.

Seorang pengusaha yang baik akan menciptakan iklim kerja yang mendorong semangat produktivitas. Dia juga mempunyai kemampuan merekrut orang yang kompeten, melatihnya, dan mendelegasikan pekerjaan yang tepat.

Pemimpin yang baik juga berpikir strategis, membuat visi menjadi nyata, dan mempu menghadapi perubahan, membuat kemajuan, dan memprediksi kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

Salah Lokasi Usaha

Lokasi menjadi faktor penentu sebuah usaha, jadi ketika sebuah usaha yang tidak ditempat yang strategis maka tidak lama lagi usaha tersebut akan gulung tikar. Tempat yang disarankan untuk membuka sebuah usaha adalah dimana ada keramaian dan aksesibilitas nya yang mudah, artinya mudah dijangkau oleh banyak orang.

Kurang Eksis Promosi

Jika tidak ada promosi maka sebuah usaha akan menjadi pasif, jadi ketika anda sudah memiliki usaha maka anda harus gencar melakukan promosi untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Ada berbagai cara untuk melakukan promosi diantaranya yang geratis lewat media sosial atau melalui website.

Namun yang sejujurnya perusahaan harus eksis promosi dengan mengeluarkan anggaran supaya promosi tersebut tertarget. Tidak ada perusahaan zaman sekarang yang tidak menyediakan anggaran promosi, karena jika tidak, resiko gulung tikar perusahaan sangat nyata dan pasti akan kalah bersaing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel