6 Pertimbangan Sebelum Menyewa Tempat Usaha agar Tidak Menyesal

Buat kamu yang sedang mencari lokasi usaha untuk di sewa sebaiknya perhatikan beberapa aspek, Karena tidak sedikit dari kita menyesal ketika sudah terlanjur menyewa lokasi usaha. Contoh nya sewa tempat usaha ruko, atau lahan kosong.

Menjadi seorang pengusaha sukses adalah impian setiap orang, namun untuk mencapai kesuksesan tersebut tidaklah mudah karena pasti banyak rintangan dan lika-liku yang harus anda hadapi ketika anda akan mencapai kesuksesan tersebut.

Salah satu penentu dari suksesnya sebuah usaha adalah tempat atau lokasi usahanya. Jika lokasi usaha tepat maka keuntungan yang diperoleh juga akan berlipat. Begitu juga sebaliknya, jika salah pertimbangan ketika akan menyewa lokasi usaha maka keuntungan yang anda harapkan tidak akan tercapai.
 
Pertimbangkan Sebelum Sewa Lokasi Usaha
 

Menyewa lokasi usaha banyak di pilih ketika belum mampu untuk membangun sebuah bangunan yang akan dijadikan tempat usaha. Selain karena biayanya mahal, membangun juga tidak bisa asal, artinya tidak semua lokasi bisa dijadikan tempat usaha. Harus ada pertimbangan yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan menyewa tempat usaha. Berikut akan kami jabarkan agar anda tidak salah dalam memilih lokasi usaha.

1. Mempertimbangkan Lokasi

Sangat penting mempertimbangkan dimana lokasi usaha anda. Carilah tempat yang paling strategis sesuai dengan jenis usaha yang akan anda jalankan. Misalnya anda akan membuka usaha fotocopy, maka lokasi yang paling tepat adalah di daerah kampus atau di lingkungan perguruan tinggi.

Intinya dari pertimbangan lokasi ini anda harus memilih tempat yang banyak dilalui oleh orang dan banyak jenis usaha yang dijalankan di daerah tersebut. Jadi ketika anda membuka usaha diantara mereka anda tidak perlu lagi promo yang ekstra karena secara tidak langsung usaha anda pasti sudah diketahui orang banyak.

2. Biaya Sewa

Mempertimbangkan biaya sewa ini harus sesuai dengan kemampuan anda dan perhitungan prospek usaha anda kedepannya. Jangan sampai anda menyewa lokasi strategis dengan harga yang cukup tinggi, namun prospek usaha anda biasa-biasa saja, sehingga yang terjadi anda tidak akan balik dan malah mengalami kerugian.

Untuk menentukan kemampuan biaya sewa anda, anda harus menghitung segala hal dari usaha anda seperti modal membeli perlengkapan, peralatan dan lain sebagainya. Misalnya saja anda akan membuka usaha fotocopy maka modal awal yang harus anda hitung adalah harga mesin fotocopy, ATK, Printer, Komputer untuk print, pemotong kertas, laminating dan lain sebagainya. Jabarkan semua kebutuhan tersebut secara rinci agar anda tidak salah tafsir.

3. Kebersihan Lokasi Sewa

Pertimbangan kebersihan ini tidak boleh anda sepelekan karena kebersihan ini tidak hanya menyangkut anda saja, namun berhubungan dengan kenyamanan konsumen anda nantinya. Pastikan bahwa lokasi usaha yang akan anda sewa tidak dekat dengan selokan, meskipun dekat pastikan alirannya lancar serta lihat apakah tempatnya dekat pembuangan sampah atau tidak.

Bisa anda bayangkan ketika anda akan membuka usaha kuliner seperti warung makan, namun lokasinya dekat dengan tempat sampah. Apakah konsumen anda akan tertarik makan? Pasti jawabannya tidak karena orang berfikir bahwa makanan anda tidak bersih.

4. Keamanan Lokasi

Faktor kemanan ini juga tidak kalah penting karena berkaitan dengan kenyamanan dan kemanan calon konsumen anda nantinya. Kemanan yang dimaksud adalah aman dari kriminalitas, aman dari preman dan aman dari bencana alam. Bisa anda bayangkan jika lokasi tersebut adalah langganan banjir, maka usaha anda akan mengalami kerugian.

Untuk mengetahui apakah lokasi tersebut aman atau tidaknya anda bisa bertanya langsung dengan pemiliknya. Jika belum yakin anda bisa bertanya dengan warga sekitar atau dengan orang-orang yang membuka usaha juga di lokasi tersebut.

5. Izin Usaha

Pastikan tempat yang anda sewa sudah mengantongi surat izin usaha. Karena jika belum ada maka lokasi tersebut bisa saja rawan seperti penggusuran atau pengusiran karena tidak ada izin untuk membuka usaha. Hal ini jangan lupa anda tanyakan kepada pemiliknya.

6. Fasilitas Sewa

Fasilitas ini sangat penting juga untuk anda pertimbangkan, biasanya fasilitas yang paling utama dari sebuah lokasi usaha adalah air dan listrik karena semua usaha membutuhkan keduanya. Pastikan bahwa lokasi tersebut menggunakan sumur bor sehingga airnya tidak pernah tersendat atau kekeringan. Begitupun dengan aliran listriknya, pastikan tempat tersebut sudah terpasang meteran listrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel