6 Tips Sukses Buka Usaha Pet Shop untuk Pemula

Pernahkah anda terlintas untuk membuka usaha Pet Shop? Ya,, usaha ini sangat cocok sekali dengan anda yang menyukai hewan peliharaan seperti kucing. Jadi ketika anda menjalankan dan mengembangkan usaha sesuai dengan fashion anda, maka anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Jadi bagi anda pencinta hewan, usaha ini jangan sampai anda sia-siakan, jangan sampai anda sudah memiliki pengetahuan dan fashion di bidang Pet Shop namun tidak anda realisasikan dalam bentuk usaha. Jadi nantinya anda akan mendapatkan nilai yang lebih karena mampu melihat peluang dari fashion anda sendiri.

Tujuan dari membuka usaha Pet Shop ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk selalu memperhatikan peliharaannya baik dari segi makanan maupun dari segi perawatan.

Dengan adanya Pet Shop maka anda tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat makanan khusus hewan dan memandikan hewan tersebut. Apalagi bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus hewan peliharaan karena sibuk bekerja.

Solusi setiap permasalahan mengenai hewan peliharaan bisa anda cari di Pet Shop mulai dari makanan, perawatan serta pengobatan ketika peliharaan anda sakit atau mengalami suatu kecelakaan.

Masalah peluang dan keuntungan dari usaha Pet Shop ini tidak perlu anda ragukan lagi. Misalnya saja salah satu pengusaha Pet Shop yang sukses di Jakarta, ia mampu meraup omzet hingga 400 juta dalam waktu satu bulan.

Tips Sukses Bisnis Pet Shop

Apakah anda salah satu orang yang tertarik untuk memulai usaha Pet Shop? Jika ia maka anda harus mengetahui apa saja tips sukses untuk menjalankan usaha Pet Shop? Berikut ulasannya:

1. Lokasi Pet Shop

Lagi-lagi kita membicarakan tentang lokasi. Memang setiap usaha itu harus berada di lokasi yang strategis, namun konteks strategis disini relatif, artinya tidak semua usaha cocok dengan kriteria yang sama.

Contohnya usaha Fotocopy sangat strategis jika berada di lingkungan kampus, sedangkan usaha elektronik kurang cocok jika dibuka di lingkungan kampus karena kebutuhan utama mahasiswa bukanlah elektronik, jadi lokasi paling cocok untuk usaha elektronik ini adalah di pasar.

Dari ilustrasi di atas, dapat kita simpulkan bahwa beda usaha maka akan beda lokasi strategisnya. Lalu bagaimana dengan usaha Pet Shop? Usaha ini sangat cocok dibuka di sekitar perumahan karena banyak orang yang memiliki peliharaan adalah mereka yang tinggal di perumahan.

Hal yang paling penting berkaitan dengan lokasi ini, anda jangan membuka usaha Pet Shop di tempat yang terlalu ramai seperti jalan yang padat karena hal ini dapat mempengaruhi hewan yang akan datang ke Pet Shop anda, biasanya jika tempatnya terlalu bising maka hewan tidak akan merasa nyaman.

2. Jenis Layanan

Usahakan di Pet Shop anda tidak hanya menawarkan satu jenis prodak saja. Namun kalau bisa anda menawarkan banyak jenis karena hal ini akan mudah untuk menarik pelanggan. Pada umumnya Pet Shop hanya menawarkan prodak jenis makanan saja, sehingga pelanggan tidak tertarik untuk datang karena kebutuhan yang akan dia beli lebih dari sekedar makanan.

Jenis layanan yang bisa anda tawarkan ke pelanggan contohnya adalah makanan, vitamin, aksesoris, kandang, salon, penitipan hewan dan masih banyak lagi. Nah, jika lokasi usaha Pet Shop anda cukup luas, maka anda bisa menjual hewan peliharaan yang menggemaskan dan dijamin akan banyak pecinta hewan yang datang ke toko anda.

3. Stok Barang Jangan Sampai Kosong
 

Anda harus memiliki stok barang yang selalu dicari oleh konsumen contohnya adalah makanan dan vitamin. Sediakan berbagai jenis makanan hewan mulai dari yang standar hingga premium dan jangan lupa juga dengan berbagai ukuran karena konsumen yang datang pasti dari berbagai kalangan.

Jika konsumen anda yang datang belum begitu memahami tentang jenis makanan yang cocok untuk hewan peliharaanya, maka anda dapat memberikan rekomendasi yang cocok karena hal ini akan menjadi nilai plus untuk anda.

4. Peralatan Harus Lengkap

Anda harus benar-benar mencari barang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja anda membuka layanan grooming maka anda harus mencari perlengkapan seperti tempat mandi, sisir, gunting dan perlengkapan lainnya.

Perlengkapan lainnya yang anda butuhkan misalnya ketika anda membuka layanan penitipan hewan, maka anda harus menyediakan kandang yang nyaman, tempat bermain hewan, makanan yang terjamin. Semua hal tersebut akan diperhatikan oleh para konsumen karena ketika hewan meraka merasa nyaman maka hewan pun akan merasa bahagia.

5. Pegawai Yang Tepat

Carilah pegawai yang teliti dan penyabar khususnya mereka yang juga penyayang hewan. Pegawai ini nanti akan menentukan pelayanan Pet Shop anda khususnya di bidang pelayanan grooming yang harus sabar menghadapi pola tingkah hewan peliharaan.

6. Manajemen Yang Bagus

Setiap usaha membutuhkan yang namanya manajemen yang baik karena hal ini akan berkaitan dengan keberlanjutan usaha anda. Anda bisa melakukan kerjasama dengan usaha sejenis, misalnya pemasok makanan hewan agar stok anda selalu ada atau dengan dokter hewan, jadi ketika ada konsumen yang membutuhkan dokter anda bisa memberikan pelayanan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel