Peluang Usaha Pupuk Pertanian dan Tips Sukses Menjalankan Usaha

Indonesia memang sudah dikenal dengan kekayaan alam yang luar biasa karena didukung oleh kondisi iklim cocok dan tanah yang subur. Sangking suburnya tanah di Indonesia, batang singkong saja yang tidak di tanam dapat tumbuh dengan subur.

Di Indonesia sendiri masih mengandalkan pendapatan di bidang pertanian, hal ini dapat kita lihat dari luasnya sawah di Indonesia serta ladang yang tidak kalah luasnya. Tanaman di Indonesia ada dua jenis yaitu tanaman basah dan tanaman kering.

Tanaman basah adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan subur meskipun selalu tergenang oleh air seperti padi dan hutan bakau yang banyak ditanam di pantai untuk meminimalisir abrasi. Sedangkan tanaman kering adalah tanaman yang tidak bisa tumbuh dengan subur ketika kadar air di tanah tersebut banyak, seperti tebu, kelapa, kelapa sawit, jagung dan lain sebagainya.

Banyaknya petani di Indonesia, tidak terlepas dari ketersediaan lahan pertanian yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Namun pemanfaatan lahan yang tidak tepat justru dapat menimbulkan sebuah bencana. Misalnya saja penebangan hutan untuk dijadikan lahan pertanian atau pembukaan hutan kota karena akan dibangun mall atau perumahan.

Jika anda pernah berfikir untuk membuka sebuah usaha di bidang pertanian, maka usaha pupuk merupakan pilihan yang tepat, baik pupuk subsidi maupun non-militer subsidi. Perbedaan keduanya tentu di harga. Jika pupuk subsidi harganya ditentukan oleh pemerintah, namun berbeda dengan non subsidi yang harganya ditentukan oleh penjual itu sendiri sesuai dengan pasaran.

Ada banyak jenis pupuk yang bisa anda jual, baik subsidi maupun non-subsidi, seperti urea, NPK, ZA, Organik, Sp-36 dan masih banyak jenis pupuk lainnya yang bisa anda jual sesuai dengan kebutuhan di daerah tempat anda membuka usaha tersebut.

Banyak yang berfikir bahwa membuka usaha pupuk ini hanya cocok di daerah perkampungan yang mayoritas penduduknya adalah petani. Namun hal tersebut salah, daerah perkotaan pun cocok untuk membuka usaha pupuk ini karena anda bisa menjadi penyuplai ke daerah pertanian. Jadi orang yang membuka usaha pupuk di desa bisa membeli pupuk tersebut yang dijual di kota.

Sudah berminat membuka usaha pupuk pertanian? Jika sudah, mari kita analisa bagaimana peluang usahanya agar anda lebih yakin lagi untuk memulainya.

PELUANG USAHA PUPUK
 

Peluang usaha pupuk yang mendasar adalah, bahwasanya lahan pertanian di Indonesia tidak sebanding dengan peningkatan kebutuhan akan pupuk. Meskipun lahan pertanian ini semakin lama akan semakin berkurang, namun bagi masyarakat yang masih mengandalkan penghasilan dari pertanian pupuk menjadi hal yang wajib karena sebagai salah satu penentu hasil ketika panen.

Biasanya tanaman yang dipupuk secara berkala sesuai dengan waktunya akan lebih subur dibandingkan tanaman yang tidak dipupuk. Selain pupuk batang ada juga namanya pupuk buah, yang pastinya akan meningkatkan produktifitas tanaman.

Hal lain yang dapat dijadikan alasan bahwa peluang usaha pupuk ini sangat besar adalah, dimana setiap musim tanam pasti kebutuhan pupuk akan meningkat, dalam hal ini adalah tanaman padi yang ada musim tanam dan musim panen.

Jika terjadi musim panen padi sawah, anda jangan khawatir jika permintaan pupuk akan menurun. Karena bisa saya contohkan di Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat, Lampung dimana jenis tanaman yang mereka tanam tidak lagi mengenal musim.

Artinya mereka bisa kapan saja menanam jenis tanaman seperti pepaya dan jagung yang selalu membutuhkan pupuk. Apalagi tanaman pepaya yang selagi batangnya hidup maka akan membutuhkan yang namanya pupuk batang dan pupuk buah karena untuk menjaga kesuburan batang dan kualitas buah.

Dari beberapa alasan di atas, mungkin sudah menjawab pertanyaan anda tentang peluang usaha pupuk. Sekarang tinggal anda nya saja mau action atau hanya akan tetap berfikir sampai peluang usaha tersebut dijalankan oleh orang lain.

Tidak cukup dengan melihat peluang usaha saja untuk membuka usaha pupuk ini, namun anda juga harus tau bagaimana tips sukses agar usaha anda terus berkembang.

Tips 1: Survei Pasar Untuk Melihat Prospek Usaha

Hal ini sangat penting untuk anda lakukan, agar anda tau bagaimana prospek usaha yang akan anda jalankan. Melihat prospek usaha bisa anda lihat dengan survei pasar dengan memperhatikan beberapa aspek seperti berapa banyak toko pupuk di wilayah anda, berapa harga yang ditawarkan, jenis pupuk apa saja yang dijual, seperti apa pelayanan di toko tersebut, dapatkan informasi selengkap mungkin mengenai usaha pupuk.

Jika anda sudah mengetahui keadaan pasar, maka anda sudah bisa menggambarkan seperti apa usaha anda mulai dari harganya, jenis pupuk yang akan dijual serta seperti apa pelayanan yang akan anda berikan kepada konsumen.

Misalnya saja masalah harga, anda bisa memberikan harga miring kepada konsumen meskipun harga tersebut hanya berbeda 1000 dengan toko lain, namun perlu anda ketahui justru perbedaan sedikit ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Usaha pupuk ini termasuk jenis usaha yang mudah untuk dijalankan, sehingga anda dapat menyediakan berbagai jenis pupuk seperti pupuk kandang, kompos, buatan pabrik, pupuk subsidi maupun non subsidi serta bisa anda tambahkan berbagai jenis obat-obatan tanaman. Semakin lengkap toko anda maka akan semakin banyak pula konsumen anda.

Tips 2: Terget Konsumen

Tips selanjutnya adalah anda harus mengetahui bagaimana target pasar anda. Untuk mengetahui ini anda bisa lakukan sejenis survei kecil-kecilan. Misalnya saja banyak petani yang membeli pupuk di toko yang jauh. Maka anda bisa membuka usaha pupuk dengan lebih dekat lagi dengan masyarakat. Intinya carilah tempat yang strategis dan mudah untuk dijangkau.

Usaha anda akan menjadi pilihan utama ketika anda membukanya dekat dengan masyarakat ditambah lagi harga yang tidak berbeda dengan toko lainnya serta ada banyak pilihan untuk jenis pupuk dan obat-obatan. Seperti masyarakat pada umumnya, yang akan membeli barang dari tempat yang paling dekat.

Tips 3: Prodak Yang Dijual

Anda harus menentukan jenis apa saja yang akan anda jual sehingga toko anda nantinya akan dikatakan oleh masyarakat sebagai toko yang lengkap. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anda bisa menjual berbagai jenis pupuk dan obat tanaman serta bisa juga anda menambahkan berbagai perlengkapan pertanian seperti celurit, golok, cangkul, traktor dan lain sebagainya. Semakin lengkap maka akan semakin bagus.

Intinya jual lah prodak yang berhubungan dengan pertanian, ada lagi tambahan untuk toko anda yaitu jual lah berbagai jenis bibit seperti bit jagung, pepaya dan lain sebagainya. Banyaknya jenis yang anda jual maka sangat menentukan keuntungan yang akan anda dapatkan dan tentunya menambah nilai plus dimata konsumen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel