Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tips Membeli Apartemen untuk Investasi, mesti Hati-hati

Sekarang ini investasi terutama di bidang properti menjadi tren yang sadang digandrungi masyarakat. Fakta menyebutkan bahwa investasi properti merupakan investasi jangka panjang yang tidak akan membuat rugi.

Jenis properti sendiri bisa berupa, tanah, perumahan, sarana dan prasarana serta bangunan seperti apartemen, kantor, atau kos-kosan.

Fakta yang mengejutkan adalah, investasi apartemen menjadi salah satu investasi properti yang paling banyak diminati.

Tips Membeli Apartemen Untuk Investasi
Tips beli apartemen untuk investasi (foto apartemen Palembang by @aldironcinde)
Meski banyak di antara mereka yang membeli apartemen untuk hunian pribadi, namun tak sedikit pula yang membeli untuk investasi. Ini poin penting jika membeli apartemen untuk investasi. 

Berikut ini adalah tips membeli apartemen untuk investasi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus melakukan pekerjaan lainnya yang mengandung resiko besar.

1. Cari yang Terbaru

Tips untuk investasi apartemen sebagai Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Cari tahu penjualan harga terbaru apartemen di area tersebut melalui agen properti / survei di online

2. Pertimbangkan Letaknya Apartemen

Ini salah satu yang sangat penting. Pemilihan lokasi apartemen sangat mempengaruhi perkembangan bisnis properti Anda.

Pilih lokasi yang dekat dengan fasilitas-fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, perkantoran, sekolah dan transportasi umum.

Jika lokasi apartemen strategis seperti yang disebutkan di atas, pastilah properti ini akan memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Apa saja Fasilitas Apartemen

Sekarang ini banyak sekali apartemen yang sudah menyediakan banyak fasilitas-fasilitas yang menunjang kegiatan para penghuninya. 

Apartemen-apartemen mewah biasanya memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Seperti, kolam renang, gym (tempat olahraga), jacuzzi, steam & sauna, area komersial, dan berbagai fasilitas lainnya.

Adapun fasilitas yang wajib untuk para penghuni yaitu keamanan, taman, tempat parkir yang memadai, dan tangga darurat.

Fasilitas keamanan merupakan faktor utama yang harus Anda perhatikan. Selain memberikan rasa aman, fasilitas satu ini juga akan mempengaruhi nilai jual properti Anda.

5. Lihat Langsung Kondisi Apartemen

Perhatikan keadaan unit seperti, letak matahari, pemandangan, dan kondisi fasilitas di dalamnya. Setidaknya lakukan riset. Jika kesemuanya bagus, maka bisnis properti Anda akan berjalan lancar.

6. Cek Legalitas / Status Lahan

Legalitas menjadi poin yang sangat penting dalam membeli Apartemen. Apartemen yang aman untuk dijadikan investasi adalah yang sudah menjadi hak milik pengembang, dan bukan masih status Build, Operate, Transfer (BOT).

BOT adalah merupakan upaya pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain atau swasta selama jangka waktu tertentu.

Anda bisa memeriksa legalitas seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Hak Guna Bangunan, Surat Ijin Peruntukan Tanah dan masih banyak lainnya. Pihak swasta memperoleh hak konsensi (hak mengelola lahan dan bangunan) lalu pemerintah mendapatkan royalti atas pemakaian asetnya.

Secara pemanfaatan memang sangat baik, namun kelemahan dari status BOT ini adalah pada saat masa penggunaan habis oleh pihak swasta, maka tanah dan bangunan yang dibangun swasta di atas tanah tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Anda harus hati-hati sekali masalah legalitas ini.

7. Pilih Developer Terpercaya

Memilih developer adalah salah satu tips yang harus dipertimbangkan dengan baik, karena ini menyangkut kelancaran proses pembelian dan juga untuk ihwal kedepannya.

Anda harus mencari tahu jejak kerja developer serta portfolionya. Biasanya, developer menampilkan informasi lengkap melalui website official-nya. Dengan begitu, Anda bisa menyimpulkan apakah developer tersebut memiliki reputasi baik dan terpercaya.

Jadi, Anda tertarik membeli apartemen untuk investasi? Segera lakukan tips-tips di atas untuk mendapatkan apartemen dengan peluang bisnis properti yang baik