Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mau Buka Usaha Coffee Shop? Ingat 10 Tips ini Penting bagi Pemula

Sadar atau tidak sadarnya ternyata sekarang kita sedang mengalami trend minum kopi dengan berbagai varian rasa. Trend seperti ini memang sudah lama kita rasakan khususnya di daerah perkotaan.

Munculnya berbagai gerai coffee baik yang berada di mall maupun di pinggir jalan, menunjukan banyaknya yang melihat peluang usaha sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tips Sukses Coffee Shop
 
Tips buka Coffee shop pemula (Foto Fery Arifian) 

Namun yang pasti semakin banyak gerai sudah pasti persaingan akan semakin ketat sehingga anda membutuhkan yang namanya cara khusus agar usaha coffee anda diminati.

1. Menentukan Konsep

Konsep ini tentu sangat penting karena dengan konsep yang nyaman dan unik, maka usaha anda akan lebih mudah untuk berkembang karena mampu bersaing dengan gerai lainnya.

Kebanyakan penikmat coffee ini adalah anak muda, jadi usahakan konsep gerai anda intagramable.

Secara tidak langsung, jika gerai anda instagramable maka pelanggan anda akan menjadi sarana promosi gratis karena mereka biasanya akan upload foto di sosial media sehingga akan lebih banyak lagi pelanggan yang datang ke gerai anda.

Perlu diingat bahwa pemilihan konsep harus di sesuaikan dengan budget yabg anda miliki.

Berkaitan dengan konsep yang terpenting adalah anda barus tau target market, jika anda membuka gerai di daerah perkotaan yang lahannya terbatas karena padat penduduk maka anda harus menyediakan fasilitas take away atau delivery.

2. Riset

Hal ini sangat penting sekali anda lakukan karena bertujuan untuk mengetahui varian coffee yang sedang diminati oleh masyarakat.

Riset kecil-kecilan ini bisa anda lakukan dengan cara mengunjungi tempat-tempat coffee yang recomended dan anda bisa memesan minuman yang paling laris.

Dari berbagai tempat yang anda kunjungi dan berbagai minuman yang telah anda coba, maka anda sudah bisa menyimpulkan apa saja kekurangan dan kelebihannya, sehingga anda bisa membuat coffee yang serupa namun dengan rasa yang berbeda dan tentu lebih enak dinikmati.

3. Mencari Suplier Kopi Berkualitas

Kopi yang berkualitas maka akan menghasilkan rasa yang berkualitas, untuk itu anda harus berhati-hati dalam mencari suplier.

Lebih bagus lagi anda datang langsung ke pabrik pengolah kopi agar anda yakin dengan kualitasnya.

4. Rencana Usaha

Sudah pasti ini sangat penting dilakukan, karena dari rencana anda baru bisa mengaplikasikannya.

Biasanya rencana usaha ini memuat tentang taget maket, konsep usaha, modal, rencana jangka pangjang/pendek hingga tentang menu yang akan disajikan apakah hanya minuman atau ada menu makanan.

5. Perhitungkan Modal

Semua usaha sudah pasti membutuhkan modal. Untuk itu anda haru menyiapkan minimal 20 juta agar dapat membuka usaha coffee shop. 

Namun perlu diingat bahwa modal ini belum termasuk sewa tempat. Lakukan perhitungan secara rinci tentang modal yang akan dibutuhkan.

6. Lokasi Usaha

Masalah lokasi usaha sudah pasti anda harus mencari yang strategis atau di tengah keramaian.

Misalnya di dekat sekolah/kampus, perkantoran atau bahkan di dekat mall.

Hal lain yang tidak kalah penting juga adalah anda harus melihat seberapa ketat persaingan yang ada di sekitar anda sehingga anda harus memberikan pelayanan yang berbeda agar konsumen memilih gerai anda untuk membeli coffee.

7. Izin Usaha

Ini harus anda urus juga sebelum meresmikan coffee shop anda. Biasanya perizinan ini berbeda-beda di setiap wilayah, seperti SITU, IMB, SIUP, NPWP, Izin Gangguan, AD/ART, dan Izin Keramaian dari kepolisian.

8. Desain Tempat

Desain tempat ini akan berkaitan dengan kenyamanan pelanggan. Jadi anda harus memperhatikan desain bagian luar maupun dalam.

Desain yang bagus dari luar maka akan menarik konsumen dan desain yang bagus di dalam akan membuat konsumen betah dan kembali lagi ke gerai anda. Usahakan desainnya sederhana namun unik.

Jangan lupa perhatikan juga tempat pemesanan coffee dan kasirnya sehingga konsumen tidak merasa bingung.

9. Mencari Karyawan

Mencari karyawan atau staff sesuai dengan kualifikasi sangat penting karena ini nanti akan berkaitan dengan pelayanan kepada pelanggan. 

Jadi ketika anda merekrut karyawan maka lebih baik anda memiliki kualifikasi tersendiri dan anda sendiri yang akan menguji mereka.

10. Promosi

Promosi ini akan lebih baik anda lakukan sebelum grand opening sehingga orang mengetahui usaha coffee shop anda sejak awal.

Untuk menarik pelanggan di hari grand opening, maka anda bisa memberikan promo atau potongan harga agar konsumen tertarik untuk datang ke coffee shop anda.

Meskipun namanya coffee shop tetapi anda bisa menyediakan berbagai jenis minuman lainnya atau menu makanan karena tidak semua orang menyukai coffee.