Pilih Ternak sapi Limosin atau Sapi Bali? inilah Perbandingan nya

Berternak merupakan kegiatan pembudidayaan suatu hewan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam menentukan Peternakan apakah yang cocok untuk ditekuni banyak hal yang menjadi pertimbangan. Contohnya banyak orang ingin tahu Pilih ternak Limosin atau Sapi Bali? 

Ternak hewan besar berupa sapi membutuhkan banyak stok pangan, serta kandang yang memadai.

Terdapat berbagai jenis sapi, di daerah kami ada 4 sapi yang biasa diternak yaitu sapi Limosin, sapi metal, sapi Jawa, dan sapi Bali.

Pada artikel ini kita akan membahas perbandingan antara ternak sapi Limosin dan ternak sapi Bali dulu ya, jika ada yang penasaran dengan ternak sapi Jawa dan sapi metal bisa ditunggu di artikel kami selanjutnya.
 
Pilih ternak sapi limosin atau sapi Bali
Jika Pilih Ternak Sapi Limosin

Sapi Limosin merupakan hewan ternak bertubuh besar, tipe sapi potong yang berasal dari Perancis. Jika anda ingin sapi Limosin dapat mempertimbangkan hal berikut ya:

1. Harga Sapi Limosin

Sapi Limosin merupakan sapi berotot dan bertubuh besar tentu memilki harga yang mahal ya karena kualitas yang baik.

Untuk harga sapi umur 5 atau 6 bulan seharga 16 juta, sapi umur 8 bulan seharga 18 juta dan sapi dewasa seharga 25 juta bahkan lebih.

Harga bibitan yang mahal, harga sapi jantan lebih mahal dari sapi betina.

2. Kelebihan Sapi Limosin

Cepat Bertubuh besar, padat, panjang, dan berbobot berat serta Tahan terhadap penyakit

3. Kekurangan Sapi Limosin
Mudah terkena gomen, sakit panas dingin, dan masuk angin
Butuh kandang luas
Melihat dari postur tubuh Sabi yang besar

4. Pangan Sapi Limosin

Pangan yang baik akan mempercepat pertumbuhannya, pangan yang diminati seperti gaber, rumput Gajahan, konsentrat, dan Damen atau jerami

Sangat mudah untuk memperolehnya yaitu dengan menanam sendiri, pupuk yang baik akan mempercepat proses tumbuh rumput sehingga cepat dipanen.

5. Permintaan pasar Sapi Limosin

Permintaan pasar sangat tinggi ketika mendekati hari raya. Ini sangat beruntung karena bobot sapi limosin dagingnya banyak. 

Jika Ternak Sapi Bali

Sedangkan sapi Bali merupakan banteng yang telah dijinakkan yang berasal dari Bali. Perhatikan hal berikut jika anda ingin berternak sapi Bali:

1. Harga Sapi Bali

Harga sapi Bali lebih murah daripada Sabi Limosin karena sapi beli berbadan lebih kecil dan mungil dari sapi Limosin, Harga sapi Bali dewasa sekitar 14 juta.

2. Kelebihan Sapi Bali

Tidak membutuhkan pangan yang banyak berbeda dengan sapi Limosin, Kadang tidak begitu luas, Sapi jinak bersuara pelan

3. Kekurangan Sapi Bali

Bertulang sedikit, Bertubuh kecil dan mungil, Memiliki susu sedikit dan Mudah terkena penyakit

4. Pangan Sapi Bali

Pangan lebih sedikit dari sapi limosin. Pangan sapi Bali berupa biji bijian, konsentrat jagung, dedak dan rumput hijau yang segar

5. Permintaan pasar Sapi Bali

Permintaan sapi Bali Cukup tinggi karena harga yang murah.

Ketika mendekati hari raya tingkat permintaan akan sapi dan daging sapi sangat tinggi, daging sapi sangat diminati oleh masyarakat kelas atas, walaupun harganya mahal tapi berkualitas jadi banyak masyarakat yang mencari sapi.

Berbicara tentang stok pangan sapi, biasanya tersedia di desa melihat Masih banyaknya lahan kosong yang ditumbuhi rerumputan.

Sapi merupakan hewan ruminansia dimana mereka salah pemamah biak, mereka memilki lebih dari satu perut, kondisi perut yang lebar membutuhkan pangan yang banyak maka harus perhatikan betul betul pangannya.

Memberikan pangan tidak mudah karena ternyata sama seperti manusia, sapi pun memiliki kegemaran atas makanan tertentu seperti rumput Gajahan, Damen, dan gaber.

Memberikan pangan yang cukup dapat mempercepat pertumbuhan sapi loh, selain itu perhatikan minumnya ya, campurkan garam pada air minum sapi.

Demikian perbandingan ternak sapi Limosin dan sapi Bali silakan pertimbangkan ya mau beternak sapi apa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel