Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tips Sukses Usaha Toko alat Listrik

Usaha Toko Listrik merupakan salah satu usaha dengan omset yang bisa mencapai ratusan juta. Seperti yang kita tahu, peralatan listrik sangat banyak. Mulai dari kabel, lampu, saklar, pipa kecil kabel dan lain-lain.

Seiring dengan berkembangnya pembangunan-pembangunan baik di kota ataupun di desa, kebutuhan alat listrik menjadi salah satu yang paling penting. Listrik merupakan salah satu komponen tepenting dalam pembangunan. 

Bayangkan saja jika satu rumah membutuhkan 5-10 buah lampu lalu kalikan dengan harga persatu buahnya, tentunya jumlahnya besar, bukan? Belum lagi kabel yang dibutuhkan untuk aliran listriknya. Maka tak salah jika usaha toko listrik ini dibilang sebagai usaha yang menjanjikan.
Nah, berikut tips sukses usaha toko listrik yang bisa anda gunakan sebelum memulai membuka usaha toko Anda.

1. Lengkapi Toko Dengan Semua Kebutuhan Alat Listrik

Fakta membuktikan, toko dengan perlengkapan lengkap dan banyak, menjadi salah satu daya tarik pembeli. Terdapat banyak sekali macam alat listrik, mulai dari lampu, kabel, stop kontak, terminal dan lain-lain.

Dengan melengkapi alat listrik di toko Anda, para pembeli akan menjadi langganan tetap karena tidak perlu mencari alat-alat kebutuhannya ke toko yang lain.

2. Berikan Harga yang Kompetitif

Dunia bisnis selalu memiliki pesaing. Begitu pula dengan usaha toko listrik. Apalagi saat ini terlihat, usaha toko listrik yang mulai menjamur dikalangan masyarakat baik perkotaan ataupun pedesaan.

Lalu bagaimana agar toko Anda tidak kalah saing dengan toko listrik yang lain? Berikan harga yang kompetitif. Jangan memberikan harga yang jauh dari modal.

3. Sediakan Variasi Dan Pilihan yang Lengkap Pada Konsumen

Toko listrik yang memiliki banyak variasi dan pilihan tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Banyak pembeli yang belum tahu seberapa banyak jenis dan pilihan dari barang yang akan mereka beli. Dengan memberikan rekomendasi tersebut kepada para pembeli tentunya menjadi poin plus untuk toko Anda.

4. Berikan Garansi Produk dan Garansi Uang Kembali Jika Produk yang diterima Dalam Kondisi Rusak.

Banyak dari pembeli yang mengetahui fungsi dari garansi. Mereka lebih menyukai barang bergaransi daripada yang tidak bergaransi. 

Karena jika sewaktu waktu barang tersebut rusak, kita tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya perbaikan selama produk tersebut masih dalam masa garansi. Maka dari itu, juallah lebih banyak barang bergaransi.

5. Bangun Kerjasama Dengan Pihak Developer Perumahan dan Perkantoran

Membentangkan sayap dalam dunia bisnis memang perlu dilakukan. Usaha toko lisrik Anda juga butuh membentangkan sayapnya. Salah satunya yaitu dengan membangun kerjasama dengan pihak developer perumahan dan perkantoran untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Developer perumahan dan perkantoran membutuhkan listrik yang banyak saat mereka memulai proyek. Pertama-tama Anda dapat mengajukan proposal kepada pihak developer dalam penyediaan jasa dan pengadaan alat-alat listrik pada proyek perumahan dan perkantoran yang akan mereka kerjakan.

6. Ingat Pembeli adalah Raja

Bagi konsumen, bukan hanya kelengkapan isi toko dan harga saja yang menjadi pertimbangan mereka membeli barang di toko Anda. Melainkan keramah-tamahan pelayanan Anda kepada para pembelilah yang menjadi poin penting.

Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman dan pasti akan kembali membeli barang di toko Anda. Sebagai bonusnya, mereka juga akan merekomendasikan toko anda pada orang-orang terdekat mereka.

7. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis merupakan poin yang paling penting dalam membuka sebuah toko listrik. Lalu, apakah kategori strategis itu? Pertama, bukalah toko di kawasan yang ramai. Kedua, pilihlah lokasi yang tidak menyulitkan calon pembeli untuk membelokkan kendaraannya ke toko Anda.

Itulah tips-tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat usaha toko listrik anda sukses. Namun, dari semua tips di atas, yang paling penting adalah do’a. Karena do’a dan usaha harus berjalan beriringan, bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka toko listrik ataupun yang sudah membuka usaha ini.