Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Usaha di era Digital paling Menghasilkan Cocok untuk kaum Melenial

Saat ini kita hidup di era digital. Apapun dalam kehidupan kita berkaitan erat dengan digital. Salah satunya adalah usaha digital. Bisnis digital adalah bisnis yang menggunakan kecanggihan tekhnologi saat membuat suatu produk ataupun dalam proses pemasarannya.

Dewasa ini banyak sekali jenis udaha yang mengandalkan kecanggihan tekhnologi. Sebut saja usaha online yang merajalela. Dan tahukah kamu di era digital saat ini banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan. 

Para konsumen tidak harus pergi keluar rumah untuk berbelanja. Hanya tinggal meng-klik barang kesukaan, tak lama barang sudah diantarkan sampai di depan rumah.

Peluang Usaha di Era Digital yang Menghasilkan
Bisnis digital juga bisa berupa barang ataupun jasa. Contohnya, Anda memiliki kemampuan dalam bidang copywriting, maka Anda bisa menjadi salah satu copywriter yang sukses dan jenis usaha jasa yang lain.

Terdapat banyak jenis usaha digital yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika ingin membuka bisnis online.

1. Menjadi Atlet eSport

Menjadi atlet eSport merupakan peluang usaha baru di era digital yang cukup menggiurkan. Seorang atlet eSport masa kini juga memiliki hal-hal wajar yang dimiliki oleh atlet olahraga profesional, baik secara individu maupun tim.

Semakin ke sini, eSport semakin dipandang sebagai olahraga bergengsi. Esports, e-sports, atau electronic sports merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain jamak (multiplayer), umumnya antara para pemain profesional.

Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran strategi waktu-nyata, perkelahian, tembak-menembak orang-pertama, dan arena pertarungan daring multipemain.

2. Membuka Toko Online

Online Shopping tentu saja bukan hal yang baru bagi Anda dan masyarakat luas di Indonesia bahkan seluruh dunia. Membuka toko online adalah membuat sebuah website/platform sebagai sarana untuk transaksi pembelian produk secara online.

Karena potensi bisnis ecommerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik yang bisa Anda coba.

Kenapa harus membuka toko online sendiri? Padahal bisa bergabung dengan marketplace yang ada, seperti Tokopedia, Blibli, atau Shopee. Dengan membuka toko online Anda sendiri, secara tidak langusng Anda juga membangun brand toko Anda sendiri yang nantinya bisa dikenal banyak orang. Apa saja kelebihan membuka toko online sendiri?

Pertama, toko online Anda akan tampil berbeda. Baik dari sisi branding, cara pengelolaan, dan kepercayaan pelanggan. Berbeda ketika Anda bergabung dengan marketplace, yang akan mendapatkan branding, review kepuasan pelanggan dan lain-lain adalah marketplace Anda.

Kedua, Independen. Anda tidak bergantung pada pihak lain. Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul juga Anda bisa mengembangkan usaha Anda sesuai dengan harapan dan rencana Anda.

Jika Anda tertarik ingin membuka toko online sendiri, silakan cari tahu lebih lanjut tentang cara membuat website toko online.

3. Menjadi Blogger

Usaha yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Jika Anda memiliki hobi menulis, bisnis bisa jadi sarana untuk menyalurkan hobi Anda.

Dengan perkembangan zaman, sekarang ini banyak orang yang mengandalkan internet untuk mencari informasi. Buatlah konten-konten yang menarik dan kreatif yang sesuai dengan minat pembaca dan apa yang sedang berkembang di masyarakat sekarang ini. Bisa berupa Fashion blogger, food bloger dan lain sebagainya.

4. Bisnis Digital Afiliasi

Teknik bisnis Afiliasi ini adalah dengan memasarkan produk atau jasa milik orang lain atas nama pemilik produk/jasa, dan ketika terjadi transaksi atau penjualan, Anda akan akan mendapatkan komisi yang telah disepakati.

Cara kerja dari afiliasi digital ini terbagi menjadi tiga, yaitu:

Pertama, Anda bisa mendaftarkan diri Anda pada suatu program afiliasi atau perusahaan tertentu, lalu Anda akan mendapatkan suatu kode referral atau link tertentu.

Kedua, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran produk dengan memanfaatkan website ataupun sosial media yang Anda miliki sendiri.

Ketiga, jika ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan ataupun mengikuti link yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari pembeli tersebut.

Pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum Anda mendaftar program afiliasi.

5. Menjadi Seorang Youtuber

Youtuber saat ini memang sedang digandrungi. Mulai dari orang biasa sampai para artis bahkan orang biasa yang menjadi artis berkat youtube. Perlu Anda ketahui bahwa penghasilan seorang youtuber bisa mencapai milyaran rupiah pertahun.

Youtuber mendapatkan penghasilan dari jumlah subscriber, viewer dan juga iklan yang muncul di video konten mereka.

Salah satu youtuber sukses di Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak adalah, Sara Wijayanto. Istri dari Demian ini, membuat konten yang berbau horor dengan pengambilan video yang sangat ciamik. Tidak heran jika, setiap harinya ia mendapatkan sekitar 10.000 subscriber baru. Jumlah viewer video-videonya juga mencapai jutaan.

Sara Wijayanto mampu meraup penghasilan sebesar 88 juta – 1 milyar dalam sebulan. Dalam satu tahun belakangan ini, ia berhasil mendapat penghasilan paling tinggi dari channel Youtubenya yaitu sebesar 16 milyar rupiah. Sangat menggiurkan, bukan?

6. Menulis Konten Digital

Jika Anda suka menulis dan ingin mendapatkan penghasilan dari tulisan Anda tersebut, mungkin menulis sebuah konten digital dapat menjadi jawabannya. Saat ini banyak website yang bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang berkualitas.

Namun, jika Anda sudah memiliki blog sendiri dan mempunyai pengunjung yang banyak, maka Anda bisa merilis tulisan Anda di blog Anda sendiri. Kuncinya adalah, Anda harus membuat konten-konten semenarik mungkin. Hal itu akan menarik pengunjung yang datang di blog Anda.

Kecanggihan teknologi di era digital ini harus bisa membuat Anda lebih maju dan kreatif dalam membuka usaha. Apapun usaha Anda tetaplah berjuang sampai Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Itulah 6 contoh usaha di era digital yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan, ya?