Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen

Budidaya ikan tawar atau budidaya hewan lainnya yang memiliki profit keuntungan besar dimasa depan dalam penanganan nya memang sangat menggiurkan, namun banyak juga kendala yang mesti di hadapai, terlebih jika seorang peternak budidaya ikan tawar tidak memiliki kemampuan dibidang nya, atau juga minim pengalaman dan ilmu.

Namun jika pemilihan budidaya yang tepat tidak perlu risau akan hal itu karena dibawah ini kami sajikan tips budidaya ikan tawar mudah dan cepat panen. 

Budidaya ikan air tawar adalah salah satunya, ikan air tawar sangat mudah dibudidayakan, karena tidak perlu lahan yang sangat luas, hanya perlu kolam dan penanganan yang sederhana maka anda dapat membuka usaha budidaya ikan air tawar. Berbeda dengan ikan air laut yang notabene nya membutuhkan lautan atau pantai yang dipakai sebagai air utama tempat budidaya nya.
Cara budidaya ikan tawar cepat panen
Budidaya ikan air tawar memiliki resiko dibalik keuntungan yang dimiliki, maka dari itu perlu anda pahami bagaiamana cara budidaya ikan air tawar cepat panen.

Sebagai bekal memahami ilmu dasar budidaya ikan air tawar. Oleh karena itu kami berhasil merangkum ulasan - ulasan yang dapat anda jadikan referensi agar usaha budidaya ikan air tawar anda cepat panen, mari simak ulasan dibawah ini:

Pilih jenis ikan

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen yang pertama adalah pilih jenis ikan air tawar yang ingin anda budidayakan, sebagai contoh disini menggunakan ikan nila. Maka pahami kondisi lingkungan dan pakan.

Perhatikan masa air kolam

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen yang kedua adalah perhatikan masa air kolam, dapat dibuat sendiri menggunakan kolam buatan dari tanah atau kolam buatan dari beton, hal ini membuat ikan lebih leluasa dan air lebih stabil untuk suhunya.

Pilih jenis bibit yang baik

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen yang ketiga adalah pilih jenis bibit yang baik, hal ini penting jangan sampai anda menabur benih berjumlah 1000 ekor tapi yang hidup hanya separuh nya saja. Maka perhatikan bibit yang baik agar tidak mengalami kerugian.

Perhatikan pakan

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen yang keempat adalah perhatikan pakan, pakan yang baik akan menghasilkan ikan yang baik pula, oleh karena itu kualitas ikan dengan harga yang mahal dihasilkan dari budidaya dan pakan yang baik pula.

Perhatikan masa panen

Cara budidaya ikan air tawar cepat panen yang kelima adalah perhatikan masa panen, jika anda memperhatikan langkah- langkah diatas maka hasil panen yang diperkirakan hanya memerlukan waktu 3-4 bulan saja.

Demikian cara budidaya ikan air tawar cepat panen terutama pada ikan nila. Semoga bermanfaat.