Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Tips Cara Merawat Ikan Cupang itu mudah dan Gampang

Merawat ikan cupang terbilang tidak terlalu susah. Namun, jika salah perawatan juga bisa membuat ikan stress dan mati.

Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan cupang adalah kebersihan air, pakan dan juga wadahnya.

Berikut ini akan kami berikan bagaimana cara merawat ikan cupang agar bertahan lama dan juga sehat.

Pemilihan Wadah yang Tepat
Penggunaan wadah yang tepat mempengaruhi tumbuh kembang ikan. Gunakan toples sekurang-kurangnya berukuran 4 liter sehingga ikan cupang bisa bergerak lebih bebas dan memiliki tempat yang lebih luas.

Kebersihan air

Dalam budidaya ikan cupang, kebersihan air merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika air sudah mulai keruh, sebaiknya segera lakukan pengurasan air. Ikan cupang rentan stress dan mudah mati jika kebersihan air tidak dijaga.

Bila Anda menggunakan wadah ikan cupang tanpa penutup, sebaiknya isilah air sekitar 40% saja. Hal ini berguna untuk menghindari ikan cupang agar tidak melompat keluar.

Membersihkan Wadah

Bukan hanya memastikan air bersih saja, namun kebersihan wadah juga perlu diperhatikan. Wadah yang kotor dapat membuat ikan rentan terkena penyakit.

Anda bisa membersihkan wadah ikan cupang tiga kali sehari. Namun, jika Anda tidak punya banyak waktu luang, Anda bisa membersihkan wadah ikan cupang seminggu sekali saja.

Beri Makanan Terbaik

Cara merawat ikan cupang yang selanjutnya yaitu memberikan jenis makanan yang baik. Memberikan pakan hidup seperti cacing, jentik nyamuk, ulat, atau kutu air ternyata lebih bernutrisi daripada pakan kering.

Jika ikan cupang diberi makanan yang bergizi maka kesehatannya akan terjaga dan tidak mudah mati. Kalau Anda ingin memberi makan berupa pelet, usahakan jangan terlalu sering.

Memberikan Garam

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa harus memberikan garam pada ikan cupang. Jawabannya adalah karena dengan memberikan garam dapat membantu ikan cupang dalm penyembuhan luka juga dapat berfungsi sebagai penyeimbang osmosis.

Anda bdapat memberikan garam dengan takaran 0,1% dari volume air atau 10 gram garam untuk wadah berisi 1 liter air.

Menjemur Ikan

Cara merawat ikan cupang selanjutnya adalah dengan menjemur ikan cupang agar warnanya tetap bagus. Cara ini juga berguna untuk membunuh spora atau jamur maupun parasit yang ada di dalam air wadah tempat ikan cupang.

Selain itu, paparan cahaya sinar matahari juga dapat membunuh parasit atau jamur yang sudah menempel di tubuh ikan cupang. Tak hanya itu, menjemur ikan juga berfungsi untuk membunuh bakteri dan jamur pada kulit dan juga wadah.

Anda bisa jemur ikan cupang pada pukul 8 hingga 10 pagi sekitar 15-30 menit. Jika ikan cupang Anda mulai panik maka Anda bisa segera pindah ke tempat yang lebih teduh.

Memisahkan Ikan

Memisahkan ikan cupang jantan dengan ikan lainnya. Kamu bisa tempatkan ikan cupang jantan pada akuarium tersendiri.

Berbeda dengan ikan cupang jantan, ikan cupang betina dapat digabungkan dengan jenis ikan lainnya. Namun ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan dapat digabungkan jika musim kawin tiba.

Hindari Stres

Untuk menghindari ikan stres Anda bisa membangun wadah yang mirip dengan habitat asli mereka. Anda bisa menambahkan bebatuan dan berbagai tanaman air sebagai tempat ikan cupang bersembunyi ketika tidur agar merasa aman dan nyaman.

Itulah tadi cara merawat ikan cupang yang bisa kamu praktikkan agar tidak mudah mati dan sehat. Selamat mencoba!