Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Aneka Jenis Makanan Ikan Cupang yang Banyak Vitamin dan Gizi tinggi

Saat ini banyak sekali jenis pakan ikan cupang yang dijual di pasaran. Meskipun Anda bisa langsung membelinya, namun tidak ada salahnya Anda memvariasikan pakan ikan cupang dengan ragam makanan ikan Cupang alami lainnya. Hal ini akan membantu memperkaya nutrisi dan meningkatkan gizi bagi ikan Cupang.

Dengan gizi yang baik tentu saja ikan cupang Anda akan sehat dan memiliki warna yang menarik, cerah dan indah.

Nah, berikut ini akan kami berikan aneka jenis makanan ikan cupang yang bisa Anda jadikan referensi.
 
Jentik Nyamuk
Jenis makanan ikan cupang bergizi (foto ekor9.com) 
Jentik nyamuk adalah makanan yang biasa dan umum diberikan untuk pakan ikan cupang Anda. Makanan ikan cupang yang satu ini juga mudah didapatkan di pasar serta memiliki kadungan protein yang cocok untuk pakan ikan Cupang remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk, Anda bisa memanfaatkan ember dengan air bekas cucian beras dan tempatkan di tempat yang gelap namun terbuka dan tunggu beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.

Udang

Makanan ikan cupang selanjutnya adalah udang. Caranya adalah dengan memotong badan udang sekecil mungkin. Udang membantu memberikan kecantikan tubuh dan sirip ikan cupang.

Menurut Lazuardi Betta Concept, yang merupakan breeder atau pembiak ikan cupang di Indonesia menyebutkan bahwa udang bisa membuat pertumbuhan warna dan sirip cupang jadi lebih baik dan cepat.

Cacing Darah

Cacing darah atau biasa disebut dengan Bloodworm merupakan salah satu pakan ika yang bisa jadi pilihan yang dipercaya kaya akan gizi bagi Ikan Cupang. Namun, meskipun bergizi kandungan protein dalam cacing darah ini tidak setinggi jenis-jenis makanan ikan cupang lainnya.

Selain itu, manfaat cacaing darah adalah untuk menghasilkan warna yang lebih cantik pada ikan cupang hias. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan cacing darah sebagai salah satu alternatif pakan Ikan Cupang Anda.

Cacing Sutra

Cacing sutra atau cacing rambut ini bisa menjadi pilihan pakan untuk ikan cupang. Cacing sutra biasa ditemukan di perairan-perairan yang kotor, seperti selokan atau got. Namun, Anda tidak perlu susah-susah mencari di seloka atau got, karena cacing sutra ini banyak dijual di pedangan ikan ataupun dibeli secara online.

Microworms

Pilihan pakan alami selanjutnya adalah Microworms. Sesuai dengan namanya, ukuran cacing ini sangatlah kecil. Dengan ukurannya yang kecil, cacing ini cocok dijadikan makanan untuk bayi ikan cupang alias burayak.

Anda juga bisa membudidayakan microworms sendiri di rumah. Dengan membeli microworms dari pedadang ikan hias lalu letakkan kedalam toples. Berikan sedikit roti tawar yang dijadikan remah-remah lalu biarkan hingga microworms berkembang biak dengan sendirinya.

Kutu Air

Kutu air merupakan salah satu makanan favorit ikan cupang terutama burayak (bayi ikan cupang). Makanan ini dipercaya dapat memberikan warna yang cantik dan tulang yang kuat pada ikan cupang. Namun, karena kandungan lemaknya sedikit, Anda harus mengkombinasi pemberian pakan pada ikan cupang.

Kuning Telur

Kuning telur merupakan makanan ikan cupang yang bernutrisi tinggi dan kaya protein. Rebus telur terlebih dahulu sebelum memberikan kepada ikan cupang. Usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan pakan ini, karena bisa mengotori akuarium yang bisa menyebabkan kesehatan ikan cupang.

Itulah beberapa aneka jenis makanan ikan cupang yang bisa Anda jadikan makannan pelengkap ikan cupang Anda. Pilihlah makanan yang paling baik untuk perkembangan ikan cupang. Jika Anda merasa terlalu repot untuk membudidayakannya sendiri, Anda bisa membelinya di pedagang ikan atau melalui toko-toko online.

Selamat mencoba.