Kiat Sukses Membuka Usaha Konstruksi Beton

Aneka produk konstruksi beton 
Bisikanbisnis - Salah satu usaha yang memiliki omset besar yaitu pengadaan jasa, barang atau produk. Dalam kesempatan ini fokus utama pembahasan kita adalah mengenai usaha konstruksi beton.

Konstruksi biasa dikaitkan dengan istilah membangun sarana maupun prasarana yang meliputi pembangunan gedung (building construction), pembangunan prasarana sipil (Civil Engineer), dan instalasi mekanikal dan elektrikal.

Saya pastikan anda membaca arikel ini betul-betul seorang usahawan yang memiliki cukup modal, mengingat bisnis konstruksi adalah bisnis yang memiliki omzet besar dan tentu modal nya juga besar.

Seiring perkembangan pembangunan yang semakin pesat maka kebutuhan akan produk produk kontruksi beton menjadi kebutuhan mutlak. Banyak pelaku usaha banting setir melirik usaha kontruksi ini dengan alasan pangsa pasar yang besar serta daya beli konsumen pun tinggi baik individu maupun instansi sudah pasti membutuhkan.

Saat ini kita lihat contoh kecil nya pembatas lahan sudah beralih ke pagar beton. Dinding bangunan sudah beralih ke bata ringan dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha kontruksi ada beberapa hal yang harus kita ketahui.

Foto paving, salah satu produk konstruksi beton 

Pengertian Konstruksi Beton

Usaha Konstruksi Beton merupakan konstruksi dengan bahan dari beton yang terdiri dari semen (umum Portland semen ) dan bahan semen lain seperti fly ash dan semen terak , agregat (agregat kasar umumnya terbuat dari batu kerikil atau dihancurkan seperti kapur , atau batu granit , ditambah agregat halus seperti pasir ), air , dan kimia pencampuran.

Dalam melakukan suatu konstruksi biasanya dilakukan sebuah perencanaan terpadu. Hal ini terkait dengan metode penentuan besarnya biaya yang diperlukan, rancang bangun, dan efek lain yang akan terjadi saat pelaksanaan konstruksi.

Sebuah perencanaan yang baik, akan menentukan suksesnya sebuah bangunan yang terkait dengan pendanaan, dampak lingkungan, keamanan lingkungan, ketersediaan material, logistik, ketidaknyamanan publik terkait dengan pekerjaan konstruksi, persiapan dokumen tender, dan lain sebagainya.

Perencanaan

Jika ingin memulai usaha konstruksi beton anda bisa melakukan nya secara bertahap dan harus diupayakan perencanaan secara matang sebelum memutuskan membuka usaha ini. Langkah utama yaitu:

- Kekuatan Modal
- Lahan Produksi
- Tentukan Produk
- Perlengkapan Produksi
- Kerjasama Dengan Supplier Bahan
- Karyawan
- Marketing

Ketika hal tersebut sudah di di fahami, mari kita kupas satu persatu
1. Kekuatan Modal

Yang paling utama ketika ingin membuka usaha ini adalah modal. Ada modal kah kita? karena tolak ukur suatu usaha konstruksi ini adalah modal. jika modal memang sudah ada oke.

2. Lahan Produksi

Modal sudah ditangan tinggal menentukan tempat usaha yang akan kita lakukan nanti. khusus untuk usaha konstruksi beton dianjurkan untuk menyewa lahan yang luas setidaknya 50x50 m. ini sudah cocok agar unit kendaraan yang masuk bisa lapang serta untuk menumpuk hasil produksi.

3. Tentukan Produk

Setelah lahan untuk produksi sudah ada sekarang kita harus menentukan jenis produk kita. dalam konstruksi beton kita harus mempunyai produk unggulan. produk unggulan ini diantaranya:

- Pagar Panel Beton
- Buis Beton/ Gorong- gorong
- Kanstin
- Bata Ringan
- Grass Block
- Paving Block
- Patok Beton
- Dll

Produk tersebut bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Apakah yang mau diunggulkan Pagar Beton atau Buiss Beton. Jika modal anda besar maka jangan ragu untuk memproduksi semu produk tersebut.

Foto Workhop kontruksi beton, Lahan idealnya berukuran 40x40 meter 

4. Perlengkapan Produksi

Ini langkah selanjutnya perlengkapan produksi. Dalam bisnis konstruksi kita harus mempunyai alat produksi jika anda ingin mengetahui harga alat- alat tersebut bisa anda tanya kan langsung kepada para pelaku bisnis ini yang sudah ada. misal anda datang ke tempat pembuatan paving anda bisa tanya ke mereka. biasa nya mereka juga melayani pengadaan alat cetak beton dan lain nya.

5. Kerjasama Dengan Supplier Bahan

Saat nya mencari relasi untuk pengadaan bahan dan ini penting sekali misal nya anda bekerjasama dengan toko semen, suplier batu dan pasir. Hal ini bertujuan agar jika suatu saat nanti usaha kontruksi anda berjalan dan memiliki kendala sperti pembayaran proyek belum cair anda bisa cash bon dengan supplier bahan tersebut.

6. Marketing/ Pemasaran

Dari poin pertama sudah dilakukan maka saatnya pengembangan usaha yaitu pemasaran. Pemasaran produk konstruksi ini bisa dilakukan dengan cara membuat kartu nama usaha anda. selain itu bisa juga dengan membuat logo pada produk anda dengan menampilkan no Hp.

Teknik pemasaran lain nya adalah promosi secara online. ada banyak cara kita lakukan untuk mempromosikan leawt internet misalnya via sosial media (Facebook,twitter,BBM dll). atau bisa juga membuat website Company profil sehingga anda bisa sekalian memasukkan list produk anda ke webisite.

Demikianlah artikel sederhana ini semoga dapat memberi manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel