Strategi Sukses Buka Usaha Kreasi Flanel Untuk Pemula


Bisikanbisnis- Berapa banyak orang yang masih ragu dengan usaha yang satu ini..yappsss namanya usaha flanel. Usaha flanel gak cuman jenis bunga lho, ternyata banyak banget kreasinya, misalnya nih boneka flanel, bros dari flanel, aksesoris hijab flanel, dompet flanel, dan masih banyak kreasi lainnya.

Menurut wikipedia Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya).

Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau.

Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Gimana mulai tertarik kan sama usaha yang banyak kreasinya ini? Kalo mulai minat yuukkk kita bahas cara usaha flanel.

- Yang pertama harus punya keyakinan sama niat ya:) biar nanti gak ragu-ragu ngejalanin usahanya.

- Yang kedua kita harus tau pasaran. Misalnya di daerah perkampungan mahasiswa pasti yang paling laris bunga sma boneka wisuda kan.. nah brati kita harus mengutamakan jenis usaha itu supaya pemasarannya lebihcepat.

- Buat pemula gpp kok beli bunga trus dijual nanti keuntungannya buat kita, biasanya kalo beli banyak harganya lebih murah kan,,nah kalo udah mulai laris dan punya modal, kita harus buat kreasi sendiri biar penawarannya tambah banyak gak cuman itu-itu aja.

- Nah sekarang waktunya penjulan, kamu bisa mengawalinya dengan online maupun offline. Bedanya kalo offline jangkauannya lebih sempit, sedang kalo online jangkauannya lebih luas. Penawaran online bisa lewat instgram atau facebook. Buat kalian yang gaul pasti punya dong dua aplikasi itu. Heee

Udah taukan cara usahanya..nah skarang pasti kalian ada yang masih bingung apa aja sih bahannya dan gimana cara buatnya..pertanyaan itu pasti ada kan..nah yok kita bahas lagi.

Bahan-bahan utama
1. Kain flannel
2. Jarum jahit tangan
3. Benang Jahit
4. Hiasan tambahan seperti manik-manik
5. Lem dan gunting
6. Pensil dan penggaris jika diperluakan untuk membuat polanya

Cara membuat
1. Membuat pola gambar yang diinginkan pada kain flaneL.
2. Lalu gunting sesuai dengan pola yang telah dibuat.

3. Setelah pola sudah jadi maka susunlah satu per satu kain yang sudah dipola lalu diberikan sedikit lem sebagai perekat.
4. Dari kain flanel tersebut kita bisa membuat aneka bentuk.
Contoh Kreasi Flanel 

Buat yang masih ragu-ragu karena takut rugi, kita bahas kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :
- Punya Khas Sendiri
Setiap orang pasti menghasilkan barang yang berbeda satu sama lain. Meskipun dengan karakter yang sama sekalipun.
- Tidak ada yang namanya kadaluarsa seperti makanan.
- Banyak bentuk dan banyak pula fungsinya.
- Usaha rumahan jadi gak harus sewa ruko yang mahal..apalagi yang belum punya modal.

Kekurangan Usaha ini:
1. Proses pembuatan lama.Karena semua serba manual.Gambar pola satu-satu. Gunting pola satu-satu. Jahit tangan satu-satu. Pasang manik-manik satu-satu...yahh jadinya pasti lama. Tapi semua itu tergantung individu masing-masing,,kalo udah mahir pasti cepet, jadi jangan khawatir gak bisa memenuhi pesanan,,kalo pesanan udah terlalu banyak kita bisa cari karyawan kan.

2. Produktifitas kecil.
Karena proses pembuatannya lama, otomatis produktifitasnya kecil (jika dikerjakan sendiri), makanya kalo udah banyak pesanan cari karyawan ya:)
3. Pemasukan lambat.

Karena ada barang ada uang itu kalo yang offline tapi kalo online ada uang ada barang. heee

Yang Perlu Kalian Ingat Usaha Ini Tidak Membutuhkan Banyak Modal, Yang Paling Penting Memilki Imajinasi Untuk Membuat Inovasi.
Selamat Berwirausaha:):)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel