Ingin Buka Studio Foto? Berikut Rincian Modal dan Keuntungan nya

Bisikanbisnis - Pada zaman sekarang hoby dapat dijadikan sebagai pekerjaan yang dapat menghasilkan uang. Salah satu hoby yang dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan adalah dibidang fotografi. 

Siapa yang tidak mau hobynya dijadikan sebagai salah satu menghasilan yang cukup menjanjiukan untuk masa depan yaitu usaha Studio Foto.

Usaha ini dapat dimulai dengan kecil-kecilan dengan peralatan secukupnya, hal ini berlaku bagi anda yang memilki modal yang terbatas, beda halnya dengan anda yang memiliki banyak modal sehingga dapat membuat hoby anda menjadi usaha yang lebih besar pula. 

Semakin besar usaha yang akan anda buat maka tidak dapat dipungkiri akan membutuhkan biaya yang lebih banyak, apalagi saat ini perlengkaan fotografi terhitung mahal, namun dengan kualitas yang baik. 

Biasanya peralatan pokok wajib dimiliki studio foto adalah camera, lampu, background. Faktor yang membuat usaha dtudio foto anda memiliki banyak pelanggan maka tak lepas dari kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi. 

Berbagai kebutuhan yang mengharuskan untuk pergi ke studio foto adalah karena melamar pekerjaan, masuk sekolah dan keperluan lainnya. 

Tips Mmbuka Usaha Studio Foto 

Pertama, tentukan jenis produk layanan anda. Hal ini sangat penting karena akan menentukan jasa apa yang akan anda layani. Dengan adanya produk dan layanan yang telah ditetapkan, maka anda akan semakin mudah untuk memulainya. 

Untuk dapat menentukan jenis layanan yang akan nda berikan maka anda dapat melakukan riset pasar dimana studio anda akan berdiri. Beberapa contoh layanan foto pada umumnya adalah jasa foto prewedding, wisuda, foto model, dokumentasi pernikahan, pas foto, jasa cetak foto, dan lain sebagainya.

Kedua, menetapkan harga produk. Masalah harga memang merupakan hal yang sensitif dan salah satu pertimbangan yang sangat penting dalam mengambil keputusan untuk menggunakan produk layanan fotografi. 

Maka dari itu, perlu pertimbangan yang dalam sebelum mengambil keputusan. Penetapan harga dapat dilakukan berdasarkan biaya-biaya yang dikeluarkan. Penetapan harga ini dapat melihat berdasarkan persahingan yang ada disekitar anda. 

Jangan sampai harga yang anda berikan terlalu mahal dibandingkan dengan tempat lainnya karena ini sangat mempengaruhi minat pelanggan anda untuk menggunakan jasa anda. Jika memang anda memberikan harga yang tinggi maka anda harus memberikan kepuasan yang tinggi juga kepada pelanggan. Misalnya saja dengan hasil yang maksimal.

Ketiga, tentukan tempat usaha. Jika anda sudah merencanakan kedua hal di atas, namun anda tidak memiliki tempat untuk memulai usaha anda, maka ide usaha anda akan sia-sia. 

Tempat memang menjadi salah satu yang penting dalam merintis usaha studio foto, dalam membuat studio foto maka akan membutuhkan beberapa ruang, misalnya saja ruang ganti, ruang foto, ruang peralatan, ruang cetak foto dan ruang tunggu. 

Keempat, persiapkan peralatan yang dibutuhkan. Jika semuanya sudah ada namun peralatan belum siap maka usaha anda tidak dapat berjalan. Alat-alat bisa berupa peralatan untuk pemotretan, peralatan display dan lain sebagainya.
Sumber: studiojakarta.com
Kelima, lakukan promosi. Setelah semuanya sudah siap, maka selanjutnya lakukan promosi. Melaukan promosi sejak awal dapat menjadi langkah yang strategis. 

Dalam promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya saja dengan memberitahukan kepada saudara atau teman-teman sehingga promosi ini dapat disebut dengan promosi dari mulut ke mulut, sedangkan promosi secara besar-besaran dapat deilakukan dengan menggunakan brosur atau banner. 

Namun tidak hanya promosi dengan media cetak namun anda dapat mekukannya dengan media online karena dengan media online maka jaringannya akan semakin luas. 

Tips Sukses Usaha Studio Foto

▪ Belajar
Untuk sukses dalam usaha jasa fotografer profesional, pertama tama anda harus memiliki kemampuan fotografi. Semua itu bisa dipelajari asalkan anda mau belajar.

▪ Membentuk Tim
Seseorang bisa saja membuka usaha jasa fotografi secara sendirian. Namun seiring dengan usaha berkembang dan orderan bertambah banyak, anda mesti merekrut karyawan untuk meringankan tugas dan beban pekerjaan anda. 

Seperti karyawan untuk membantu membuat konsep tema foto, pengarah gaya, penata busana dan tata rias dan lainnya.

Berikut ini rincian biaya modal usaha jasa fotografer profesional, antara lain:

▪ Biaya Investasi
1. Kamera DSLR beserta lensa tambahan Rp 13 juta
2. Lampu Blitz, Tripod, payung harga Rp 4 juta
3. Pembuatan Website jasa fotografer Rp 1 juta
4. Brosur, spanduk dan papan nama Rp 2 juta
Total biaya investasi sebesar Rp 20 juta.

▪ Biaya Operasional
1. Gaji karyawan untuk 2 orang Rp 2 juta
2. Biaya Promosi Rp 1 juta
Total biaya operasional perbulan sebesar Rp 3 juta.

Analisa Penghasilan Perbulan

Jika dalam satu bulan anda memperoleh orderan 4 paket acara sesi poto preewedding dengan harga jasa perpaket sebesar Rp 2 juta maka keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 6 juta perbulan (Rp 2 juta x 4). 

Dan apabila ada pesanan jasa fotografer 4 pesta pernikahan dalam sebulan maka omset sekitar Rp 4 juta. Biaya jasa fotografer profesional bagi pesta pernikahan dipatok sebesar Rp 1 juta.

Maka total keuntungan kotor yang didapatkan dari usaha jasa fotografer profesional sebesar Rp 10 juta perbulan. Dikurangi biaya operasional usaha, omset bersih sebesar Rp 7 juta perbulan. Lumayan bukan? Bagaimana apakah anda tertarik membuka usaha jasa fotografer profesional yang untung selangit ini?

Bisnis Lainnya:
  1. Tips Menyiasati Usaha yang Sedang Sepi Penjualan
  2. Cara Kerja Bisnis Forex itu Begini Pak Eko
  3. Resiko Usaha Rongsokan yang Perlu diperhatikan
  4. Mana yang Lebih Untung jadi Dropship atau Reseller?
  5. Prinsip Sederhana Agar Bisnis Online Sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel