Keuntungan Dan Kekurangan Usaha Waralaba


Bisikanbisnis - Waralaba dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.

Pengertian lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.

Usaha waralaba merupakan jenis usaha yang mana termasuk usaha bersama, dimana pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik waralaba sehingga terjalinlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan. Bisnis waralaba sendiri dapat di mulai dengan modal yang kecil namun dengan keuntungan yang besar.

Di Indonesia saat ini waralaba yang sedang berkembang pesat dan juga masih sangat menguntungkan misalnya waralaba pada bidang makanan, contohnya seperti: Wong Solo, CFC, Sapo Oriental, Red Crispy dan masih banyak lagi merek-merek yang lainnya.

Lalu waralaba berbentuk retail mini outlet, misalnya seperti: Indomaret, Yomart, AlfaMart dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan waralaba seperti ini telah banyak menyebar ke pelosok daerah. Dan masih banyak contoh waralaba yang lainnya.

Jika kamu ingin mencoba  usaha warabala Berikut cara :

- Pilih jenis waralaba yang akan dijalankan. Carilah waralaba yang mudah dijalankan, apalagi bagi anda sebagai pemula. Pilihlah jenis yang mudah terlebihdahulu agar anda memiliki pengetahuan awal mengenai waralaba, untuk selanjutnya anda dapat memilih waralaba yang lebih rumit.

- Pilihlah waralaba dengan harga produk yang terjangkau. Fakta di lapangan menyatakan bahwa harga yang terjangkau dengan kualitas baik  tentunya menjadi favorite di mata konsumen. Nah, anda harus mencari usaha waralaba yang mana produknya cukup murah dan terjangkau oleh semua kalangan dan tentunya dengan kualitas yang tidak murahan.

- Pilih Waralaba yang banyak dicari konsumen. Jika waralaba anda banyak dicari tentu akan membuat usaha anda akan semakin lancar. Usaha waralaba yang paling di cari konsumen untuk saat ini ialah usaha waralaba kuliner,  bagi anda yang tertarik dengan waralaba kuliner baca saja Contoh Bisnis Waralaba Kuliner Usaha Modal Kecil. 

Untuk mengetahui apakah usaha waralaba tersebut banyak di cari konsumen, anda harus melakukan survei atau pengamatan dengan cara melihat langsung usaha waralaba yang akan anda jalankan.

- Pilih waralaba dengan layanan yang terbaik. Bergabung dengan merk dagang harus pintar-pintar, anda harus bergabung dengan pemilik waralaba yang memberikan pelayanan prima, seperti garansi produk atau barang, pelayanan atau informasi kepada anda, pelatihan atau kursus dan lain sabagainya yang masih berkaitan dengan usaha waralaba.

Keuntungan Waralaba:

- Manajemen bisnis telah terbangun. Dikatakan terbangun karena sudah ada uji coba sebelumnya dan siap untuk di implementasikan. Jika sudah ada nama sebelumnya maka akan lebih mudah memasarkan produk yang anda pilih.

- Sudah dikenal masyarakat. Pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis sebelumnya lebih terdahulu di kenal masyarakat. Dengan kata lain, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru.

- Manajemen finansial yang lebih mudah. Dikatakan mudah karena anda tidak perlu dipusingkan dengan cara managemen karena dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem managemen finansial telah ditetapkan oleh pemilik.

- Kerjasama bisnis telah terbangun. Orang yang membeli waralaba bisa mendapatkan keuntungan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Contohnya kerjasama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.

- Dukungan dan keamanan yang lebih kuat. Sebelum bergabung dengan pemilik waralaba, anda akan mendapatkan pelatihan tentang waralaba yang akan anda jalankan salah satunya adalah pelatihan pemasaran, periklanan.

- Bisa mendapat untung lebih besar. 
Banyak orang berpikir bahwa keuntungan dari bisnis waralaba adalah mendapatkan keuntungan lebih besar karena brand telah dikenal banyak orang. 

Tapi pada kenyataannya, hal ini tidak selalu terjadi. Biaya yang dikeluarkan oleh pembeli waralaba kepada pihak pemilik waralaba tentunya dipotong dari keuntungan yang didapat. 

Pembeli waralaba akan mendapatkan banyak kemudahan di saat-saat awal usaha, tapi untuk jangka panjang, para pemilik waralaba kadang menemukan bahwa memulai bisnis sendiri mungkin akan jauh lebih menguntungkan.

Kekurangan Bisnis Waralaba:

- Pemotongan Keuntungan.
Pembeli waralaba di haruskan untuk membayar royalti dari sejumlah keuntungan yang didapatkan. Jika keuntungan yang didapatkan sedikit, berarti keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.

- Kurang kendali. 
Salah satu kekurangan dari bisnis waralaba adalah kurangnya kendali dari pembeli waralaba terhadap bisnisnya sendiri, karena semua sistem telah ditentukan oleh pemilik waralaba.

Sehingga ruang gerak pembeli waralaba sangat terbatas. Ide-ide untuk berkreatifitas pun terkadang tidak bisa diaplikasikan, karena adanya perjanjian-perjanjian khusus.

- Sangat terikat dengan supplier. 
Untuk mendapatkan keuntungan yang mencukupi, tentunya setiap pengusaha menginginkan modal yang kecil. 

Salah satu caranya adalah mencari supplier yang murah. Dengan menggunakan sistem waralaba, pihak pemasok barang pun telah ditentukan. Sehingga kita tidak bisa memilih lagi supplier yang lebih murah.

- Ketergantungan Pada Reputasi Waralaba Lain.
Salah satu kekurangan terbesar dari waralaba adalah tergantungnya reputasi waralaba terhadap waralaba yang lain. Jika waralaba yang lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka hal ini juga akan mempengaruhi waralaba yang anda kelola.

- Biaya Waralaba. 
Pihak pemilik waralaba akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian waralaba. Kemudian biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi para pembeli waralaba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel