Langkah Membuka Usaha Kolam Pemancingan

Bisikanbisnis - Pada zaman sekarang memancing ikan dapat dijadikan sebagai hoby sekaligus hoby yang menghasilkan uang. Tidak sedikit orang yang menghilangkan stres dengan kegiatan memancing. Karena dengan memancing maka akan ada kepuasan tersendiri bagi orang yang melakukannya.

Memancing biasanya dilakukan di sungai atau di laut, namun dikota sangat jarang sekali sungai yang masih alami karena di kota sungai biasanya dijadikan sebagai tempat sampah sehingga tidak ada makhluk hidup seperti ikan yang akan berkembangbiak di sungai tersebut.

Dulunya memancing merupakan kegiatan kerja, mencari uang dari menghasilkan ikan. Tapi seiring waktu memancing bukan lagi sekadar untuk memenuhi kebutuhan semata, tapi menjadi hobi. Dan saat ini, seiring makin banyaknya orang yang mulai mencintai kegiatan ini, mulai banyak bermunculan tempat-tempat yang menyediakan jasa kolam pemancingan.

Jika dilihat dari peluangnya, usaha kolam pemancingan bisa menjadi usaha yang memberikan keuntungan yang cukup lumayan. Selain itu, konsep bisnis ini sederhana, mudah di kelola, tidak perlu memiliki keahlian tertentu, dan terpenting persaingannya tidak ketat. Pasalnya saat ini, kolam pemancingan masih jarang ditemui di kota-kota besar.

Selain membuat Usaha kolam pemancingan, di tempat yang sama kamu juga bisa membuka usaha lain seperti membuka warung makan, menjual peralatan untuk memancing, jualan makanan dan minuman, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, anda sudah mulai tertarik? Jika iya mari kita bahas mengenai tips untuk memulai usaha kolam pemancingan.

Langkah pertama adalah mencari lokasi usaha. Pertimbangan menentukan lokasi usaha antara lain, kemudahan untuk menjangkau lokasi, akses jalan yang baik, tempat yang cukup lebar dan luas yang akan digunakan sebagai tempat pemancingan. Jadi anda harus benar-benar memperhatikan hal ini karena ini merupakan langkah awal dalam usaha anda.

Langkah kedua adalah pengadaan berbagai bibit ikan yang berkualitas. Mungkin bibit ikan yang lazim adalah ikan gurami, ikan bawal, ikan mas, ikan patin dan ikan lele. Hendaknya, usia ikan tersebut bervariasi, sehingga ketika kolam telah jadi, bisa langsung dibuka.

Langkah ketiga adalah kamu perlu mentapkan tarif yang pas. Dalam hal ini, ada dua jenis tarif yang lazim digunakan yaitu berdasarkan satuan berat dan Tarif harian. Jika tarif di dasarkan pada berat ikan, maka semakin banyak ikan yang didapatkan bayaran juga semakin besar. Namun, apabila mereka tidak mendapatkan ikan, maka tidak ada bayaran. 

Sedangkan untuk tarif perhari, pelanggan perlu membeli karcis masuk satu kali sehari. Keunggulan menggunakan tarif ini, meski tidak mendapatkan ikan, tetap ada bayaran. Sedangkan kelemahannya, meski mereka mendapatkan banyak, bayaran tetaplah sama yaitu cuma saat membeli karcis masuk di awal.

Langkah keempat adalah mencari karyawan yang mau bekerja dengan sebaik-baiknya. Tips untuk mencari karyawan adalah anda harus menetapkan kriteria tertentu misalnya rajin dan pekerja keras. Karena jika karyawan anda tidak bekerja dengan baik maka akan merugikan anda sendiri.

Langkah terakhir adalah lakukan promosi usaha kepada orang-orang yang ada di kota kamu. Promosi bisa dilakukan dengan menyebarkan selebaran, kertas print out, spanduk, koran, pamflet dan melalui mulut ke mulut.

Adapun teknik Pemeliharaan kolam pemancingan ikan adalah sebagai berikut:
  • Lakukan pembersihan kolam ikan secara rutin.
  • Berikan pakan ikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  • Setiap hari, lakukan kontrol terhadap kolam ikan anda, hal ini untuk menjaga supaya ikan anda tetap dalam kondisi sehat dan kolam anda terjaga kebersihannya.
  • Lakukan pengontrolan terhadap bibit ikan.
  • Lakukan pengeringan kolam ikan dan mengganti airnya secara berkala.
  • Basmi penyakit dan hama ikan yang bisa menimbulkan kerugian dikarenakan banyaknya ikan anda yang mati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel