Bagaiamana Memulai Usaha Bonsai Kelapa? Ketahui 5 Tips Berikut Ini


Bisikanbisnis- Bonsai merupakan seni mengkerdilkan pohon di dalam pot berukuran kecil yang hasilnya mengingatkan pada pohon serupa di alam sesungguhnya, tetapi sudah di dalam bentuk mini. 

Jadi, bonsai merupakan suatu karya seni tinggi yang tidak bisa dinilai secara materi, melainkan harus dinilai dengan jiwa seni juga.

Sebagai negara tropis Indonesia memiliki beragam jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai. Tanaman tropis Indonesia yang mempunyai keunikan dan keeksotisan tersendiri tidak kalah nilainya dengan tanaman yang hidup di Negara dengan empat musim, seperti Jepang atau di Negara-negara di belahan bumi barat. 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sebagai syarat dalam pembuatan bonsai, yakni:

- Tanaman yang akan dibonsai harus toleran terhadap lahan yang sempit dalam pot

- Memiliki umur yang relative cukup panjang

- Tidak tumbuh terlalu cepat dalam pengertian tanaman tidak cepat tumbuh tinggi melainkan tumbuh membesar

- Berdaun lebat, kecil, dan tidak mudah rontok

- Bentuk atau sosoknya secara keseluruhan (akar, batang, daun, bunga, dan buah) sudah indah dari aslinya

- Bisa dibentuk serta dipaksa atau tahan training sehingga bentuk pohon bisa berubah menjadi seperti yang diinginkan.

Dalam kesempatan ini kita fokus bahas bonsai kelapa karena bahan nya mudah didapat harga nya pun murah.

Permintaan terhadap bonsai kelapa meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap tanaman hias. bisnis ini sangat menjanjikan jika di tekuni. Bonsai banyak dicari dan dibeli orang untuk dipelihara sendiri atau sebagai hadiah untuk teman, keluarga, atau relasi. Sayangnya harga bonsai jadi tergolong mahal bagi mayoritas penduduk Indonesia.

Untuk memiliki bonsai kelapa tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak dapat dilakukan dengan cara membeli bakalan bonsai. Dibanding bonsai jadi, kerena harga bakalan bonsai termasuk murah. Itulah sebabnya banyak pembeli bakalan bonsai paling banyak. 

Sekarang banyak penjual tanaman hias di pinggir jalan yang menjual bakalan bonsai kelapa dan lain lain.

Berikut 5 Langkah Membuat Bonsai Kelapa

- Memilih jenis kelapa

Ada beberapa jenis kelapa yang bisa dibonsai yaitu kelapa gading susu, kelapa gading merah dan kelapa albino. Kelapa gading susu biasanya berwarna putih dan banyak tumbuh di daerah subtropis. 

Sedangkan kelapa gading merah adalah warnanya yang merah kekuning-kuningan. Namun dalam merawat kelapa gading merah memerlukan perawatan yang lebih karena untuk mempertahankan warnanya, salah satunya adalah harus selalu di pupuk agar warnanya tidak berubah. 


Bonsai Kelapa gading merah
sumber: WordPress.com

Bonsai Kelapa gading susu

sumber: Cherewed.com

- Memilih bibit

Untuk membuat bonsai kelapa, pilihlah bibit kelapa yang sudah lumayan tua. Kelapa yang sudah tua akan lebih cepat menumbuhkan tunas baruPilihlah bibit dengan batok yang berukuran kecil namun akarnya besar. Batok yang kecil akan memudahkan kamu untuk membentuk bentuk batang yang kamu inginkan.

- Menentukan batok kelapa

Letakkan batok kelapa pada posisi vertikal jika kamu menginginkan bentuk batok yang dikelilingi akar. Jika ingin bentuk seperti rumah siput, kamu bisa meletakkanya secara horizontal.

- Membentuk batang bonsai

Untuk mempertahankan bentuk bonsai tetap mini, kamu harus melakukan penyayatan pada tunas yang lebih tua. 

Jika bibit sudah tumbuh hingga 15 sampai 20 cm, berikan sayatan pada tunas yang paling bawah. Untuk menghindari pembusukan, jangan sampai tunas yang masih muda juga terkena sayatan. Lakukan penyayatan ini sehari minimal 3 kali.

- Perawatan bonsai

Dalam perawatan bonsai kamu hanya perlu menyirami bonsai ini sehari sekali saja. Sirami bonsai ini pada sore atau malam hari. Jika memungkinkan, campur air menggunakan larutan garam sebagai pengganti air untuk menyirami bonsai setiap hari.

Estimasi Modal Awal yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Usaha Bonsai kelapa dalam Periode Tahun

Analisis Modal Awal



Pejualan bonsai dilakukan setelah bonsai telah berumur 6 tahun. Pada umur tersebut, tanaman bonsai telah mencapai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Bonsai-bonsai tersebut telah dibentuk berdasarkan keinginan atau trend yang banyak diminati di pasaran.

Harga bonsai Kelapa ditetapkan dengan melihat kondisi dan keindahan fisik dari bonsai yang telah dibuat. Selain itu, harga bonsai juga dilihat dari jenis bonsai yang telah dibuat. 

Namun jika kamu ingin membuat bonsai  selain bonsai Kelapa maka buat  lah bonsai berasal dari jenis pohon beringin (Ficus benjamina) yang tergolong sulit untuk dibentuk dan sangat indah karena adanya daun yang rimbun dan akar gantung yang indah.

Jenis bonsai ini sangat diminati oleh para pecinta bonsai dan masih sangat jarang penyedia bonsai yang dapat menyediakan bonsai dengan kualitas yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel