Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peluang dan Modal Buka Usaha Cuci Sepatu


Bisikanbisnis - Usaha laundry sepatu memang terdengar baru bagi kita, namun kenyataannya bisnis ini sudah ada sejak lama. Usaha ini merupanan usaha rumahan yang cukup menjanjikan keuntungannya.

Besarnya peluang usaha laundry sepatu ini tidak terlepas dari semakin sibuknya masyarakat sehingga membutuhkan jasa pencucian pakaian, termasuk jasa cuci sepatu.

Usaha jenis ini masih unik karena kita tahu sudah cukup banyak usaha yang ada di sekitar tempat tinggal kita, maka tidak ada  salahnya untuk  membuka usaha jasa cuci pada produk fashion yaitu cuci sepatu.

Peralatan Yang dibutuhkan

Ada beberapa peralatan dan perlengkapan cuci sepatu di laundry anda:

Mesin Cucidigunakan untuk membersihkan sepatu / pakaian di laundry anda. Proses yang cepat and so dapat membuat sepatu lebih bersih higienis.
Mesin cuci sepatu bospengering.com

Mesin Pengeringdigunakan untuk mengeringkan pakaian / sepatu setelah proses pencucian. So sepatu akan kering tanpa harus dijemur.

Chemicaldigunakan untuk membuat pakaian / sepatu menjadi bersih dan bebas noda.

Cleaning Gun, digunakan apabila ada noda yang membandel pada kain sepatu. So tidak perlu menyikat dengan sikat pakaian, anda hanya perlu menembakan alat ini pada noda.
Cleaning gun bospengering.com

Jika kamu yang tertarik, berikut Tips membuka usaha laundry sepatu:

- Menganalisis prospek usaha.
Jika anda sudah yakin untuk memulai usaha ini, maka anda harus menganalisis prospek di daerah anda.

Memang untuk mendapatkan data yang akurat, analisa prospek bisnis biasanya dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengumpulan data, survey lapangan atau observasi langsung di sekitaran tempat tinggal anda.

Pelanggan laundry sepatu biasanya para siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, dan profesi lain yang intens menggunakan sepatu dan yang memiliki kesibuka yang tinggi sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci sepatu. Jika jumlah mereka cukup banyak di wilayah anda, maka anda bisa menarik simpulan bahwa bisnis jasa cuci sepatu cukup potensial.

- Persiapkan perlengkapan usaha.
Dari nama usahanya saja adalah laundry, tentu yang pertama anda persiapkan adalah mesin cuci untuk mencuci sepatu,  tempat usaha, peralatan, dan perlengkapan usaha.

Untuk tempat usaha, sebagai permulaan anda bisa menggunakan bagian dari rumah anda. Luas tempat usaha yang dibutuhkan mencakup untuk tempat mesin cuci, tempat penjemuran / pengeringan, tempat rak/lemari sepatu, dan tempat perlengkapan usaha seperti detergen dan parfume laundry.

- Memilih mesin cuci. Mesin cuci sepatu dengan mesin cuci baju tentu berbeda, sehingga anda harus membeli mesin cuci khusus sepatu.
Untuk mendukung usaha anda sebaiknya anda membeli mesin cuci sepatu yang memiliki fasilitas dryer (pengering) sehingga proses penyelesaian pekerjaan hingga kembali ke tangan konsumen menjadi lebih cepat.

- Promosi yang efektif.
Untuk mendukung kelancaran usaha anda, maka lakukanlah promosi yang efektif. Untuk itu, anda perlu menyasar target konsumen yang tepat. Memasang poster iklan di sekitar lingkungan sekolah, kampus dan perkantoran merupakan pilihan yang tepat.


- Kualitas bintang lima harga kaki lima.
Berikan harga sesuai dengan kesulitan sepatu yang akan anda cuci. Jangan sampai harga yang anda berikan terlalu mahal sehingga membuat konsumen anda berfikir dua kali untuk menggunakan jasa anda.

Modal Peralatan:
Modal awal untuk paket komplit alat cuci sepatu berkisar 5-20 jutaan. Untuk modal tidak spesifik karena banyak pelaku usaha memulai nya cukup dengan mesin cuci saja.

Untuk paket komplit kamu bisa pesan di bospengering.com disana kamu bisa memilih sendiri paket yang standard hingga yang komplit