Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal

Bisikanbisnis - Dalam keseharian kita tentu tidak asing dengan ikan, udang, sayuran dll. Tahukah kamu bahwa dari ikan / isi perut ikan kita ...


Bisikanbisnis - Dalam keseharian kita tentu tidak asing dengan ikan, udang, sayuran dll. Tahukah kamu bahwa dari ikan / isi perut ikan kita bisa menghasilkan uang. Yaitu dengan membuat pupuk organik cair (POC) dengan bahan utama isi perut ikan. 

Pasti tahu dong isi perut alias jeroan ikan? Seperti dikutip dari dkwek.com Biasanya kalau kita ingin masak ikan, isi perut ikannya kita buang terlebih dahulu, kan? Ternyata jeroan ikan itu pun berpotensi untuk dijadikan pupuk tanaman dan bisa menghasilkan pundi pundi rupiah. 

Mungkin terdengar agak menjijikkan, ya? Tapi selagi sampah atau limbah sisa dapur kita bisa dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang lebih berguna, ga ada salahnya berani kotor sedikit jika memang kamu mentok usaha karena kurang modal atau sebagainya.

Bagaimana caranya?
Apakah laku dipasaran?

Berikut kita kupas, Cara membuat POC dari isi perut ikan ini tidak berbeda dengan POC sejenis lainnya. Tahap-tahapnya sama semua hanya saja bahan nya yang berbeda.

Untuk membuat pupuk organik cair ini tidak mesti murni ikan / isi perut  ikan saja tetapi kamu perlu menambahka lagi untuk uji coba, yaitu bonggol dan kulit pisang yang diblender bersamaan dengan jeroan ikan / ikan. Sebenarnya bonggol dan kulit pisang ini bisa kita tambahkan juga di POC kepala dan kulit udang.

Oke to do poin  ya,

1. Ikan/ isi perut/ Jeroan ikan + Bonggol dan kulit pisang diblender

Hasil blenderan bahan + EMx + gula (foto dkwek.com)

2. POC jeroan ikan dalam botol, siap untuk proses fermentasi

(Foto dkwek.com)

3. Larutan POC setelah beberapa jam proses fermentasi berlangsung, isi botol meluap sampai ke tutupnya, begitu dibuka jadi seperti mau muncrat isinya. 

4. Masukkan sebagian isinya ke botol kosong sampai posisi batas larutan seperti gambar di bawah ini. 

Jadi, untuk yang ingin mencoba, nanti sebaiknya isi botolnya sampai batas 2/3 saja ya (atau kurang dikit), supaya kalau meluap tidak sampai meleduk.

5. POC setelah 3 hari fermentasi

(Foto dkwek.com)

Proses fermentasi POC jeroan ikan lebih cepat dibandingkan POC kepala dan kulit udang dan sejenisnya. 

Kalau kamu berminat mencobanya dan berani kotor dan bau, mungkin tips di atas bisa dipraktikkan. Ini adalah solusi untuk kamu yang memang buntu dengan usaha yang memang minim modal.

Pertanyaannya Apakah Laku dijual? Apa tipsnya?

Dah capek capek buat gk ada yang beli, mungkin itu yang ada dibenak kita. Jangan khawatir selagi kita punya produk yang bermanfaat pasti ada yang mau beli. Seandainya belum ada yang beli kamu bisa memberi percobaan kepada tanaman yang telah kamu beri pupuk organik cair hasil buatan kamu. Tunjukan hasilnya, otomatis orang akan percaya dan membeli.


Karir dan Tips Memulai Usaha:

- Kamu harus tahu diluaran sana banyak sekali produk pupuk organik cair dari bahan baku ikan ini dijual dengan harga yang cukup mahal mulai dari Rp 60.000,- hingga Rp 100.000,- per liternya. Tentu jika kamu berhasil membuat kamu bisa menjual dibawah rata rata.

- Alat dan Bahan, Siapkan blender dan botol serta jeroan ikan untuk produksi, Karena modal peralatan nya hanya ini. Untuk jeroan ikan kamu bisa pergi ke tukang ikan minta jeroan nya atau kamu bayar tentu murah bukan.

- Siapkan media tanaman, ini sebagai langkah awal untuk ujicoba kamu ketika berhasil membuat pupuk organik cair dengan bahan baku ikan. Lihat dan amati beberapa hari/ Minggu apakah tanaman yang kamu beri POC buatan kamu jadi tumbuh subur

- Produksi berkelanjutan, Jika sudah terbukti maka kamu bisa mengembangkan usaha ini yaitu dengan memproduksi terus menerus. Buatlah takaran botol per 1 liter dengan harga terjangkau dibawah pasaran harga produk sekarang, misal hasil karya mu dijual dengan harga perliter Rp 35.000,- saja

- Tehnik Pemasaran, Maslah pemasaran kamu bisa langsung ke pasar pasar atau sosialisasi langsung ke warga, selain itu kamu bisa menggunakan sosial media untuk promosi. Tidak ada salahnya bukti2 atau video tentang pembuktian produk kami di upload agar lebih dipercaya.

- Legalitas Produk, Untuk pengembangan usaha produksi kamu bisa mendaftarkan usaha kamu untuk mendapatkan SIUP agar mempunyai brand sendiri sehingga lebih dikenal orang.

Ada banyak tips2 di internet untuk membuat ataupun mengemas Pupuk Organik Cair dari bahan baku ikan ini..

Bisnis Online$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=5$va=0

Bisnis Rumahan$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=7$va=0

Name

Bisnis Online,37,Bisnis Rumahan,161,Inspirasi,17,Tips Bisnis,79,
ltr
item
BisikanBisnis: Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal
Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Dari Isi Perut Ikan, Solusi Usaha Minim Modal
https://lh3.googleusercontent.com/-XW_Mdo7sPnY/WlXSeOXV4fI/AAAAAAAABVM/Z9mvpl3vZyUakm4sxsLyy4Rcnt2QDDj0wCHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-XW_Mdo7sPnY/WlXSeOXV4fI/AAAAAAAABVM/Z9mvpl3vZyUakm4sxsLyy4Rcnt2QDDj0wCHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
BisikanBisnis
http://www.bisikanbisnis.com/2018/01/solusi-usaha-minim-modal-membuat-pupuk.html
http://www.bisikanbisnis.com/
http://www.bisikanbisnis.com/
http://www.bisikanbisnis.com/2018/01/solusi-usaha-minim-modal-membuat-pupuk.html
true
2829905163729399567
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat Semua Rekomendasi Tag ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy