Mau Jadi Pengepul Hasil Pertanian? Coba Terapkan Cara Ini

Bisikanbisnis - Sebelum membahas mengenai menjalankan usaha pengepul hasil pertanian, mari kita bahas dulu mengenai pengertian pengepul itu sendiri.

Mungkin masih banyak diantara kita masih awam mengenai arti pengepul. Khususnya bagi orang-orang kota yang bekerja dibidang perkantoran. 

Pengepul merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang untuk menyediakan tempat, mengumpulkan atau memusatkan suatu produk atau barang. 

Misalnya dalam dunia pertanian adalah dimana tempat para petani dapat menjual hasil pertaniannya seperti pasar atau di kebun langsung

Menjalankan usaha menjadi pengepul hasil pertanian tidak harus orang yang bekerja dibidang pertanian, namun bagi anda yang memiliki bakat dalam melakukan jual beli juga dapat melakukannya.

Berikut tips untuk kamu yang ingin terjun ke dunia ini:

Pertama adalah memiliki modal. 
Semua usaha harus memiliki modal agar dapat dijalankan. Namun untuk menjalankan usaha ini anda tidak harus memiliki banyak modal. Mulailah usah anda dengan modal yang kecil, karena yang terpenting anda sudah action.

Kedua adalah lakukan promosi. 
Untuk anda sebagai pemula dalam menjalankan usaha ini, mulailah promosi pada orang-orang di sekitar anda dengan membeli hasil pertanian mereka. 

Jika anda sudah memulai itu maka perlahan anda akan dikenal sebagai pengepul hasil pertanian.
Kamu bisa memulai nya di pasar atau dikampung sendiri.

Ketiga adalah, mencari pembeli yang potensial. Yang dimaksud dengan pembeli yang potensial adalah orang yang akan membeli hasil pertanian yang sudah anda kumpulkan. Karena jika pembeli itu berpotensial maka akan mempengaruhi jalannya usaha anda. 

Semakin potensial maka hasilnyapun akan semakin besar. Pertimbangkanlah hasil yang akan anda dapatkan agar anda tidak rugi ketika barang anda sudah dibeli oleh orang lain.

Keempat adalah kembangkan pasar penjualan anda. Dalam mengembangkan pasar penjualan, anda harus memperluas jaringan dan mencari calon-calon penjual. 

Jika awalnya anda hanya membeli hasil pertanian tetangga atau orang disekitar anda, maka selanjutnya anda harus memperluas jaringan dengan mencari calon di daerah lain.

Kelima, Door to door. Khusus buat kamu yang tinggal di daerah perkebunan, kamu bisa langsung membeli dari petani. Hal ini tentu untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Beberapa keuntungan dalam menjalankan usaha ini adalah sebagai berikut:

Membantu Petani Dalam hal ini seorang pengepul sudah menyediakan tempat yang bagus untuk petani menjual hasil pertaniannya. 

Di tambah lagi, petani akan merasa yakin bahwa hasil pertaniannya akan terjual, yang mana membuat semangat para petani untuk membudidayakan komoditas juga tetap semangat.

Keuntungan anda akan mendapatkan keuntungan finansial, yang namanya bisnis pasti mencari keuntungan kan? bisnis pedesaan yang paling menjanjikan salah satunya adalah menjadi pengepul. Namun bukan berarti tidak tanpa resiko. Karena semua usaha pasti aka  ada resikonya.

Kalau kita memang tinggal di desa usaha jadi pengepul ini cukup menggiurkan karena banyak komoditas yang akan kita dapatkan untuk dijual kembali dalam sekala besar.
Salam Juragan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel