Inilah Alasan Kenapa Jadi Tukang Taman adalah Keputusan yang Tepat



Bisikanbisnis - Sudah menjadi naluri alami manusia untuk merasa nyaman dan tenang saat berada di alam, hanya saja sekarang ini sudah jarang sekali lingkungan tinggal yang dikelilingi alam bebas, apalagi yang tinggal di dalam kota besar. Setiap hari hanya bisa bertemu kendaraan bermotor, asap dan polusi udara.

Jangan salahkan jika kemudian berbagai penyakit muncul karena kondisi udara yang tak bagus dan pikiran yang ruwet.

Membuat taman walau dengan lahan sempit, adalah solusi untuk warga perkotaan yang ingin suasana asri di dalam rumah masing-masing dan bagi orang yang memiliki peduli akan lingkungan hijau, sekaligus memiliki jiwa bisnis yang kuat pasti akan mengambil kesempatan bisnis sebagai tukang taman.

Syarat Menjadi Tukang Taman

Untuk menjadi tukang taman yang dipercaya, maka kita harus membekali diri dengan ilmu yang berhubungan dengan taman, dari mulai mengenal berbagai macam tanaman hias dan tanaman yang mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak tanpa boros tempat.

Selain itu anda harus mempelajari tata letak bunga dan tanaman hias lainnya dalam satu taman supaya tidak monoton serta mampu menyenangkan mata, sampai dengan mengetahui berbagai ornamen tambahan yang bisa mempercantik taman. Sebagai referensi kita bisa melihat contoh taman kecil untuk perkotaan di internet.

Setelah menguasai teori dan prakteknya, maka kita bisa mulai beriklan untuk memperkenalkan usaha kita, baik itu dengan menyebar brosur dan pamflet di lingkungan yang potensial, misalnya di lingkungan perkantoran, atau di areal pembangunan pemukiman warga.

Jangan lupa untuk mengedukasi calon pelanggan dengan menjabarkan keuntunga memiliki taman kecil di rumah, serta bisa juga menunjukkan hasil-hasil taman yang pernah kita buat sebelumnya, maksudnya adalah untuk memberikan rasa percaya pada calon klien untuk memilih kita untuk menata taman untuknya.

Sekalipun biasanya klien akan mempercayakan penataan tamannya pada kita, akan tetapi kita juga harus mendengarkan pendapatnya dan memberikan saran mengenai konsep taman yang diinginkan, supaya hasilnya menjadi lebih memuaskan, baik bagi kita sebagai tukang taman dan tentu saja untuk pelanggan kita.

Untuk menjalankan usaha jasa taman/ jasa tukang taman setidaknya anda perlu memiliki salah satu skill sebagai berikut:

1. Faham konsep

Seorang jasa taman diharuskan, setidaknya mampu mengerti akan permintaan konsumen. katakanlah konsumen minta pengerjaan konsep taman nya minimalis, tropis ataupun taman jepang. Jika anda atau Team work taman anda faham akan konsep, Ini sangat berguna untuk kelangsungan usaha anda.

2. Faham akan visual

Sebagai seorang tukang taman, Ide dan kreatifitas memang wajib dituangkan. Dengan memadukan unsur teknologi dan tradisional adalah salah satu cara yang paling rasional bila mengharapkan kepuasan pelanggan anda, jika anda mampu memvisualisasi nya tentu konsumen anda akan lebih puas dan pasti anda akan di panggil kembali untuk job job berikut nya.

3. Bisa Mendesain Sendiri

Sebagai jasa taman anda wajib bisa mendesain taman sendiri, hal ini akan sangat berguna citra usaha anda. Kemampuan anda mendesain taman sendiri anda dapat mengkontrol komponen dan elemen yang digunakan, apalagi anda mampu mendesain biaya untuk jasa desain include pada rincian anggaran biaya, itu luar biasa.

4. Mampu Mempola Taman

Mungkin ini adalah rahasia umum dikalangan jasa taman yang mana dari peranan jasa desain tamanlah pola atau konsep taman dapat direalisasikan, sebab seorang jasa desain taman harus mampu mengimprovisasi dengan mengikuti kaidah ilmu morfologi.

5. Mampu Mengolah Lahan
Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan dibidang pengolahan lahan, agar nantinya taman bisa lebih awet dan tidak mengalami kegagalan ketika finishing.
(sumber foto: pembuataman.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel