Strategi dan Peluang Usaha Jasa Penitipan Motor


Bisikanbisnis - Bisnis penitipan motor merupakan usaha jasa yang menyediakan lahan parkir bagi pengguna yang akan menitipkan motornya dalam jangka waktu tertentu misalnya harian atau mingguan bahkan bulanan. Usaha ini cocok dibuka pada daerah perkantoran, lingkungan bisnis atau pusat perbelanjaan yang pasti ramai penduduk.

Jika mereka biasanya parkir setiap jamnya dikenakan biaya, maka pada penitipan motor ini, anda hanya cukup mengenakan biaya 3000-5000 rupiah sampai jangka waktu yang ditetapkan, biasa nya tarif tersebut harian. Jadi anda harus memiliki jam maksimal untuk pengambilan kembali motor.

Bisnis ini lebih dapat dipercaya oleh pengguna motor, karena anda dapat langsung mengawasi usaha anda, selain itu juga yang membuat konsumen percaya adalah adanya sistem administrasi yang baik sehingga akan membuat penggunaka motor lebih percaya dan terhindar dari pencurian.

Untuk menjalankan usaha ini anda hanya perlu tempat yang strategis, misalnya di sekitar pusat perbelanjaan dan perkantoran. Lahan yang digunakan biasanya lahan yang tidak cocok untuk di buka usaha sehingga anda dapat memanfaatkannya untuk lahan penitipan motor.
Jika anda mulai melirik usaha ini berikut strategi menjalankannya.

1. Utamakan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen anda. Nyaman dalam arti lahan anda luas dan memberikan pelayanan yang bagus, dan aman artinya usaha anda dalat dipercaya.

2. Berikan tarif yang sesuai. Tarif yang anda berikan adalah tarif dalam sekali parkir, bukan tarif yang perjam. Kerena hal tersebut dapat membebani pengguna motor.

3. Penataan motor harus rapi, hal ini dilakukan agar ketika motor diambil oleh pemiliknya dapat dikeluarkan dengan mudah dan tidak terjadi goresan antar motor.

4. Memiliki kartu atau karcis, kartu yang anda gunakan adalah kartu yang tidak mudah ditiru oleh orang lain sehingga tidak terjadi pemalsuan.

5. Berikan servis yang lebih, misalnya saja ada tempat penitipan helm dan pencucian helm, jadi ketika motor dititipkan helm juga dapat tersimpan dengan aman. Hal tersebut akan menambah kenyamanan bagi si penitip motor.

Peluang Penghasilan Jasa Penitipan Motor

Rata rata biaya penitipan motor dalam 12 jam itu Rp 3.000,- kecuali di kota kota besar bisa mencapai Rp 5.000,- / 12 jam. Artinya jika kita buka jasa penitipan ini dengan Tarif Rp 3000 saja lumayan.

Misal dalam 1 hari Jumlah Penitipan motor 50 unit berarti. 50 x Rp 3000 = Rp 150.000. ini juga tidak mutlak karena tidak mungkin yang menitip motor itu semua nya 12 jam pasti Gonta ganti dalam hitungan jam, betul..?

Itu hanya hitungan kecil saja dalam satu hari, bagaimana jika dalam 1 Minggu atau 1 bulan? Jika lokasi kita strategis sudah pasti ramai, bisa saja yang menitipkan motor dalam 12 jam mencapai 100 hingga 200 motor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel