Cara Bersaing Sebagai Event Organizer Pemula


Bisikanbisnis - EO merupakan sebuah layanan jasa yang bergerak di bidang menggelar berbagai acara, baik itu yang berskala kecil atau bahkan yang berskala besar. Bisnis ini semakin memiliki peluang sukses belakangan ini, mengingat semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggelar acara dengan praktis dan efisien, di mana acara mereka ditangani oleh orang-orang yang ahli di bidangnya

Salah satu ciri khas masyarakat milenial adalah gemar mengadakan acara yang melibatkan banyak orang, dengan tampilan yang wow dan Instagramable. 

Tujuan dilaksanakannya acara tersebut beraneka macam, dari mulai acara pribadi seperti pernikahan dan ulang tahun, sampai dengan launching buku, pembukaan gedung atau tempat belanja, sampai dengan meet and greet serta konser yang mendatangkan selebriti dalam dan luar negeri yang sedang ngehits.

Acara tersebut tak akan bisa terlaksana tanpa ada event organizer (EO) yang profesional, dan bagi orang dengan kemampuan managemen yang baik, serta memiliki banyak kolega yang berhubungan dengan event atau acara (misal sound system, tenda dan dekorasi, katering dan lain sebagainya), maka harus mengambil peluang bisnis sebagai event organizer.

Tetapi sebelum memulai, sebaiknya ketahui dulu bagaimana caranya untuk bersaing bersama dengan EO lainnya yang sudah lebih dahulu.

- Membuat perizinan resmi.

Harus memiliki badan usaha dan izin usaha, kita bisa memilih PT atau CV sebagai badan usaha, dan mengurus perizinannya supaya usaha yang kita lakukan ini lebih terpercaya dengan bentuk hukum badan usaha yang jelas.

- Memiliki modal usaha yang cukup.

Jangan anggap sepele awal usaha, kita harus memiliki sejumlah uang yang akan digunakan untuk mengurus perizinan, menyewa bangunan untuk kantor, belanja perlengkapan kantor dan marketing, serta lain sebagainya.

- Memiliki pangsa pasar yang jelas.

Yang satu ini juga harus diperhatikan betul, sesuaikan dengan passion yang kita miliki dan carilah tim kerja yang memiliki passion sama supaya bisa bekerjasama dengan maksimal.

Setelah menemukan pangsa pasar yang tepat (misal remaja, atau dewasa muda yang akan menikah) maka kita bisa berkonsentrasi untuk mengambil hati calon klien supaya gunakan jasa EO kita.

- Bangun Tim yang Solid

Bisnis EO akan mempertemukan Anda dengan bermacam-macam karakter klien, dan dengan sejumlah kebutuhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Anda akan menangani berbagai acara yang membutuhkan sejumlah keahlian yang baik, sehingga sangat tidak mungkin untuk menjalankan pekerjaan ini seorang diri. Anda akan selalu membutuhkan sebuah tim kerja saat menjalankan bisnis EO. Jika memiliki sebuah tim yang solid dan dapat bekerja dengan kemampuan yang maksimal.

- Evaluasi Tim secara Berkala

Evaluasi akan sangat dibutuhkan, bahkan Anda perlu melakukannya secara berkala dalam jadwal yang tetap.Jangan biarkan bisnis mengalami gangguan, hanya karena memiliki tim yang lemah pada beberapa bagian. Hal ini sangat berbahaya, meski hanya terjadi sesekali saja di dalam bisnis.

Di dalam bisnis OE, tim adalah aset paling berharga yang Anda miliki. Sangat penting untuk memastikan bahwa tim Anda adalah yang terbaik dan berada pada komposisi yang paling tepat, sehingga akan membutuhkan evaluasi secara berkala terhadap tim ini. 

Satu saja tim Anda tidak bekerja dengan maksimal, maka kemungkinan hal tersebut akan mempengaruhi kesuksesan acara yang ditangani secara keseluruhan.

Selalu kreatif dan berinovasi. Karena persaingan semakin ketat, dan trend juga terus berubah dari waktu ke waktu, setiap pemilik EO harus pandai-pandai mencari inovasi baru yang kekinian. bahkan bisa jadi pelopor, dan membuat lebih banyak klien menggunakan jasa kita.

Demikian adalah beberapa tips supaya mampu bersaing dengan sesama event organizer yang sudah lebih dulu terjun, jangan lupa untuk terus berdoa dan rajin promosi di media sosial supaya usaha kita makin dikenal.
(Foto youtobe)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel