Ingin Usaha Fotocopy? Inilah Tips dan Perhitungan Modal nya

bisikanbisnis - Usaha foto copy sangat menjanjikan bagi anda yang jeli dalam melihat peluangnya. artinya usaha fotocopy dapat berjalan dengan lancar apabila anda mempu melirik celah yang tepat misalnya buka foto copy di sekitar pusat pendidikan atau komplek mahasiswa.

Usaha ini tidak ada habisnya karena dimana-mana dibutuhkan jasa fotocopy untuk memperbanyak file yang diperlukan. Jadi fotocopy dapat menghemat biaya tanpa harus memprint file yang dibutuhkan.

Berikut tips dan perhitungan biaya awal usaha fotocopy:

- Tempat yang tepat: tempat yang tepat adalah hal yang mutlak ketika anda akan membuka sebuah usaha. Jadi tidak mungkin anda membuka usaha fotocopy ditempat yang jauh dari keramaian.

Usaha ini cocok dibuka di sekitar perkantoran, sekolah, universitas dan rumah sakit. Jadi anda harus mempersiapkan sejenis ruko dan karyawan sebagai pendukung ketika banyak konsumen. Tempat yang tepat juga mempermudah anada dalam pengembangan usaha agar lebih besar.

- Persiapkan modal dan Perlengkapan Fotocopy: modal dalam menjalankan usaha ini dapat diperkirakan sekitar 25 juta untuk membeli mesin, etalase, komputer/laptop, printer dan perlengkapan fotocopy lainnya, dan jangan lupa persiapkan seperti ATK yang biasanya banyak dibutuhkan.

Berikut estimasi modal awal buka usaha fotocopy:
Mesin fotocopy : 15.000.000
Etalase kaca : 1.500.000
Komputer : 5.000.000
Printer :1.000.000
ATK : 1.000.000
Meja & kursi : 500.000

Jadi total modal yang harus anda ersiapkan adalah sejumlah 24.000.000, jadi sisa 1.000.000 nya untuk keperluan lainnya.

-Jaminan kualitas: bukan hanya tempat yang strategis yang dibutuhkan dalam usaha, namun anda juga harus memberikan kualitas yang bagus untuk menyenangkan konsumen anda.

Biasanya jika sekali konsumen mengalami kecewa maka konsumen tidak akan kembali lagi. Namun berbeda jika kualitas yang anda berikan adalah kualitas yang bagus maka akan semakin tinggi kepercayaan konsumen kepada anda.

-Keramahan: jika konsumen datang maka harus langsung anda layani, sapalah konsumen terlebihdahulu jangan menunggu pelanggan yang berbicara baru anda layani. Keramahtamahan seperti senyum kepada konsumen merupakan modal yang tidak perlu membayar, tetapi dapat memberikan dampak yang luar biasa.

-Layanan spesial. Layanan spesial memang masih jarang dilakukan oleh pelaku usaha fotocopy, namun anda dapat memulainya. Misalnya saja jasa antar jemput fotocopy atau percetakan dengan sekala yang besar. Hal ini dapat membantu dalam memajukan usaha anda.

Jika sudah terlaksana usaha fotocopy mesti dilengkapi dengan menjual akseoris lainnya seperti Alat Tulis Kantor (ATK) serta berbagai keperluan lainnya termasuk jual Materai dll.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel