Mau Usaha Sop Buah? Ini Perhitungan Modal dan Analisa Bisnisnya

Bisikanbisnis - Usaha sop buah atau es buah merupakan peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan, selain itu modal awal yang dikeluarkan pun minim. Sop buah memang minuman dengan bahan dasar buah buahan segar dengan campuran susu dan es yang laris manis diburu pembeli.

Untuk memulai usaha sop buah ini cukup sederhana, baik dari hitungan modal berapa biaya beli gerobak etalase serta pengeluaran harian pun tidak rumit, apalagi untuk stok wajib nya yaitu biaya membeli buah buahan.

# Bahan Utama Sop Buah
Bahan utama dari sop buah adalah beberapa macam buah seperti alpukat, melon, apel, anggur, semangka, sawo, dan lain lain. Sirup dan susu sebagai bahan perasa agar lebih nikmat dan lebih enak.

Usaha ini paling diburu saat cuaca panas dan pada bulan ramadhan. Saat cuaca panas tentu tidak lengkap jika tidak minum sop buah sebagai pelepas dahaga. Kalau bulan ramadhan jangan ditanya, karena mayoritas ummat islam akan memburu sop buah untuk hidangan berbuka puasa.

Jika anda ingin mencoba keberuntungan jualan sop buah ini ada beberapa poin penting yang harus diketahui seperti modal beli etalase berapa, kemudian biaya stok Buah buahan serta perhitungan penghasilan seperti apa?

# Perkiraan Modal

Modal untuk etalase sop berkisar antara 2 hingga 3 juta (sesuai dengan daerah masing - masing) bahkan sebagian provinsi harga gerobak etalase masih 1 jutaan. Sedangkan untuk biaya beli buah dan peralatan mangkuk dll diasumsikan sekitar 1 jutaan (jika termasuk beli kursi). untuk gambaran biaya bisa dilihat di tabel dibawah ini.
Perkiraan Modal Alat dan Perlengkapan
 
Modal Tidak Tetap (Belanja/Pengeluaran Harian)

Asumsi Penghasilan (Jika harga jual sop buah Rp 5000)

# Tips Sukses Usaha Sop Buah

1. Lokasi Lapak Sop Buah
Anda harus mencari lokasi yang strategis untuk berjualan sop buah, carilah tempat seperti lokasi perkantoran, lokasi tempat wisata, lokasi di jalan raya yang ramai, dan yang paling penting adalah daerah tersebut di lingkungan yang panas akan tetapi lokasi anda berjualan di tempat yang sejuk di bawah pohon.

2. Harga Jual Sop Buah
Harga sop buah sesuai dengan harga pasar. Jangan sampai harga sop buah kemahalan, karena secara umum sop buah merupakan makanan yang harganya terjangkau. Itulah kenapa sop buah banyak disukai masyarakat.

3. Cita Rasa Sop Buah
Rasa sop buah anda harus enak dan buah buahan nya harus segar dan masih baru. Semakin banyak jenis buah semakin bagus.

Analisa diatas jika kita membuka lapak di pinggir jalan atau lokasi kuliner. Sedangkan jika anda jualan sip buah bulan ramadhan tentu tidak perlu beli gerobak etalase, cukup beli buah buahan dan pelengkap rasa seperti susu, pemanis dll. Cukup di buat dirumah lalu dimasukkan ke plastik dan dijual.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel