Panduan Membuka Usaha Bengkel Las Untuk Pemula

Bisikanbisnis - Ingin membuka usaha bengkel las? Membuka bengkel las merupakan usaha alternatif yang memiliki prospek cukup besar yang mampu mendatangkan pundi-pundi uang dimana ditengah pembangunan yang terus menggeliat dari tahun ke tahun tentu ini bisa dimanfaatkan sebagai bisnis rumahan.

Usaha bengkel las termasuk dalam usaha rumahan yang minim modal dan lebih efektif dimana saja. Bisa dibuka di area ruko atau lahan kecil.

Dari segi modal, usaha bengkel las hanya membutuhkan beberapa alat utama saja seperti mesin grenda, bahan bahan aluminium, tralis dll. Sedangkan modal inti nya yaitu keahlian.

Jika anda punya keahlian nge Las, itu sudah cukup karena yang akan dilakukan adalah ngelas, misalnya terima pesanan tralis pintu, kanopi, pagar.

Coba kita perhatikan setiap bengkel las tidak pernah sepi pelanggan jadi jangan berdiam diri untuk action, lakukan segera gunakan keahlian anda untuk mencoba peruntungan dibidang ini.

Adapaun persiapan alat-alat yang perlu dibeli yakni:

Gerinda Tangan
Gerinda tangan atau juga disebut grinder ini harga nya cuma 200 ribuan, alat ini berfungsi untuk memotong serta menghaluskan permukaan produk setelah pengelasan.

Mesin Potong Besi
Harga mesin potong besi ini mulai Rp 745.000 hingga Rp 1.800.000,- Mesin ini Berfungsi untuk memotong besi. Besi sendiri merupakan bahan logam yang sering digunakan untuk membuat produk pengelasan. Mesin pemotong besi berfungsi menyesuaikan ukuran besi dengan design produk yang dipesan.

Mesin Las Listrik
Mesin las listrik merupakan sumber aliran energi untuk melakukan pengelasan. Untuk beroperasi, alat las tentu memerlukan listrik. Oleh karena itu, las listrik tidak akan berfungsi tanpa bantuan mesin las listrik. Di dunia pengelasan, mesin ini juga sering disebut sebagai las inventer. Mesin las listrik memiliki daya yang berbeda-beda. Harga di tokopedia saja murah mulai Rp 635.000/ unit.

Kompressor
Kompressor berperan pada tahap akhir pembuatan produk saat anda mendapat orderan. Setelah pengelasan, tentu saja suatu produk harus dicat agar tampilannya menarik. Bersama dengan spray gun, kompressor berperan seperti kuas untuk mewarnai produk tersebut. Dibandingkan kuas, pengecatan dengan bantuan kompressor memperlihatkan hasil yang lebih bagus. Harga kompressor pun bervariasi mulai dari Rp 1.395.000 hingga 3 jutaan.

Bor Listrik
Terdapat dua jenis bor listrik yang digunakan di bengkel las. Bor tersebut ialah bor listrik biasa serta bor listrik khusus beton. Kedua bor tersebut wajib dimiliki bengkel las. Sebab, bengkel las tentu tidak selalu mengolah bahan material yang sama. Ada bahan-bahan material yang sangat kuat sehingga harus menggunakan bor khusus. Harga alat ini di tokopedia mulai Rp 290.000,-

Genset
Genset sebenarnya bukanlah peralatan utama dalam proses pengelasan. Alat ini disediakan sebagai bentuk antisipasi saja. Ketika aliran listrik mati, tentu tukang las tetap harus menyelesaikan pekerjaannya. Harga mesin genset ini Rp 950.000 hingga 2 jutaan.

Genset akan menggantikan listrik yang sedang mati. Selain itu, genset juga dapat berperan ketika tukang las bekerja di rumah pelanggannya. Bila daya listrik tidak cukup, tukang las akan menggunakan genset.

Estimasi modal Awal Usaha Bengkel Las

Jika merujuk pada pembahasan alat alat diatas tentu bisa disimpulkan bahwa modal awal yang perlu di sediakan yakni total nya sekitar Rp 5 jutaan. Asumsi ini belum termasuk aksesoris. tetapi dengan modal 5 jutaan tersebut alat utama bengkel las anda sudah dibilang komplit.

Estimasi modal kami diatas merujuk pada harga alat alat bengkel las di tokopedia. Anda bisa saja menemukan harga lebih murah di tokopedia.

Untuk order biasa nya kita akan belanja material dulu misalnya ada yang pesan pagar kanopi dll, maka pelanggan akan memberikan DP. DP tersbut kita gunakan untuk belanja bahan baru kita garap. setelah pengerjaan selesai baru kita mendapat pelunasan.

Untuk memulai usaha ini tidak mesti harus komplit alat terlebih dahulu, anda bisa memulai dengan alat seadanya. atau jika modal tidak memungkinkan anda bisa beli alat bekas terlebih dahulu sebagai langkah awal. Demikian semoga bermanfaat.
(Seluruh gambar /foto kami ambil dari tokopedia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel