Peluang dan Strategi Sukses Usaha Toko Buku

bisikanbisnis - Membuka usaha toko buku dapat dijalankan oleh siapa saja karena usaha ini tidak rumit untuk dijalankan. Usaha ini akan selalu dibutuhkan karena khususnya Indonesia banyak pelajar yang masih membutunkan buku sebagai bahan ajar. Tidak hanya pelajar, namun buku juga dibutuhkan yang tidak dibatasi oleh faktor usia, jenis kelamin, suku, ras dan lain sebagainya.

Pasti anda semua pernah membeli buku di toko buku baik di toko buku yang bagus maupun toko buku bekas. Jadi dalam membuka usaha ini anda harus menentukan jenis toko yang akan anda buka dan tentu dengan modal yang berbeda pula.

Setiap usaha harus didasari oleh keahlian, termasuk juga strategi nya. Peluang usaha toko masih terbuka lebar meskipun zaman semakin canggih. Artinya jika anda melihat prospek ini tentu perlu strategi agar usaha toko buku bisa berjalan sesuai yang diharapkan sehingga mampu mendatangkan pundi pundi rupiah.

Bagaiamana cara memulainya, apa strateginya? berikut kita kupas:

-Modal.
Saat membidik usaha tentu perlu mempersiapkan modal. Untuk modal secukupnya atau yang anda perlukan saja karena yang terpenting adalah tepat sasaran dan sesuai dengan banyaknya buku yang akanda jual.

Lalu hitung biaya yang anda siapkan bukan hanya untuk membeli buku saja namun modal juga digunakan untuk gaji karyawan (jika anda merekrut karyawan) dan sewa tempat.

-Lokasi
Usahakan lokasi toko buku anda strategis, misalnya saja di daerah sekitar lingkungan kampus atau sekolah, pondok pesantren dan lain sebagainya. Lokasi juga disesuaikan modal yang anda miliki. Jika anda memiliki modal yang besar maka berkemungkinan besar anda mendapatkan lokasi yang strategis karena lokasi yang strategis memiliki harga yang lebih mahal.

-Jalin Relasi
Jalin relasi denga penerbit yang biasanya menerbitkan buku dan banyak dicari oleh konsumen, sehingga buku yang akan anda jual aan semakin laris. Anda juga bisa kerjasama dengan pihak sekolah atau yayasan.

-Ketahui Sasaran
Ketahui sasaran yang akan anda tuju, misalnya jika sasarannya adalah pelajar maka buku yang akan anda jual berkaitan dengan buku pelajaran. Begitu juga jika sasarannya masyarakat umum maka buku anda juga bersifat umum.

Namun jika anda akan membuka usaha buku dengan sasaran keduanya, hal itu tidak masalah karena tergantung dengan kemampuan anda.

-Perhatikan Tatanan Buku
Tatanan buku akan menarik perhatian konsumen sehingga banyak yang tertarik untuk membeli, semakin rapih tatanannya maka akan semakin banyak konsumen yang akan melirik toko anda.

Ini jangan di spele kan, tananan yang rapi akan menambah citra toko buku anda. Jangan lupa setiap karyawan dititik beratkan tentang kerapian.

Untuk aksesoris anda bisa menjual berbagai jenis Alat tulis kantor (ATK) sebagai penunjang omset dan menambah kunjungan pembeli

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel