Prospek Cerah Bisnis Pegadaian, Berikut Cara Memulainya

Bisikanbisnis - Saat ingin membuka bisnis, mungkin anda bingung untuk berbisnis di bidang apa. Bisnis pegadaian bisa jadi pilihan. Karena tentu banyak orang yang membutuhkan.

Sekarang pegadaian tak hanya milik pemerintah. Banyak pegadaian swasta yang tujuannya menolong masyarakat untuk mendapatkan dana segar.

Ini dia cara membuka bisnis pegadaian:

1. Perizinan
Lengkapi barang barang di tempat anda, seperti etalase, lemari besi, timbangan digital, lup. Dan jangan lupa urus perizinannya.

2. Rajin Melihat Harga
Karena barang yang digadaikan tak hanya perhiasan, namun juga peralatan elektronik.

Maka anda juga harus rajin melihat harga aslinya. Baik di pusat perbelanjan maupun marketplace. Jadi saat menaksir suatu barang, anda tidak merasa kesulitan.

3. Menaksir Barang
Saat sebuah laptop atau kamera digadaikan, customer berhak mendapatkan pinjaman uang maksimal 50% dari harga barang. Jangan memberi pinjaman terlalu sedikit, tapi juga jangan terlalu banyak.

4. Fotokopi Kartu Identitas
Jangan lupa juga untuk meminta fotokopi kartu identitas seperti KTP dan juga SIM. Jadi anda bisa tahu customer bertempat tinggal di mana.

5. Promosi
Anda bisa mempromosikan bisnis pegadaian anda dengan cara offline maupun online. Dengan promosi offline, anda bisa menyebar brosur ke perumahan dan tempat yang ramai. Atau memasang iklan di perempatan jalan.

Jika anda suka online, anda bisa membuat blog atau website untuk promosi. Dan memaksimalkan media sosial pribadi milik anda.

6. Modal
Bisnis pegadaian tentu membutuhkan modal yang lumayan besar. OJK menentukan bahwa pegadaian swasta harus memiliki modal minimal 500 juta.

Dengan modal sebesar itu, anda harus pandai pandai memutar uang untuk mendapat keuntungan.

7. Masa Gadai
Rata rata barang digadaikan selama 3 sampai 4 bulan. Tapi jika customer yang sudah berkali kali menggadaikan barangnya, tak ada salahnya untuk menambah masa gadai pada mereka.

Membuka bisnis pegadaian kini bisa dilakukan oleh orang biasa. Butuh kerja keras dan cerdas dalam menjalankan bisnis ini. Selamat membuka jasa gadai dan menolong banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel