Ini Dia Cara Mudah Berbisnis Percetakan

Bisikanbisnis - Meskipun sudah era digital, namun percetakan masih berjaya. Semakin banyak advertising dan percetakan baru bermunculan. Sekolah, kampus, dan korporasi masih sangat membutuhkan jasa percetakan untuk mencetak surat penting dan buletin.

Bisnis percetakan masih memiliki prospek yang cerah. Anda ingin berbisnis percetakan? Ini caranya:

Tak Perlu Memiliki Mesin Cetak

Harga mesin cetak paling kecil hampir 40 juta. Anda ingin membelinya? Tunggu dulu, apa hasil dari percetakan bisa menutupi kredit tiap bulan? Jika jawabannya belum, maka anda bisa mencetakkan pesanan brosur di mesin milik rekanan.

Yang paling penting adalah anda menguasai ilmu marketing dan terus menambah jumlah pelanggan. Mereka bisa puas dengan hasil yang anda kerjakan, walau sebenarnya memakai mesin orang lain.

Sistem Pre Order

Bagaimana jika hanya ada mesin cetak ukuran besar dan mengharuskan minimal order 400 lembar? Padahal tak semua pelanggan ingin mencetak dalam jumlah besar.

Pakai saja sistem pre order. Misalnya anda mempromosikan jasa pencetakan brosur. Saat pesanan dari beberapa pelanggan sudah mencapai 400 lembar, baru anda mencetaknya di mesin cetak yang berukuran besar.

Bisa Cetak Sedikit Saja

Bagaimana jika hanya ada satu pelanggan yang ingin segera mencetak buku dalam jumlah sedikit? Jangan ragu untuk menjawab iya. Yang anda harus lakukan hanya mencatat pesanan, melay-out buku, lalu mencetaknya.

Pilih mesin cetak modern yang bisa mencetak walau hanya selembar saja. Memang ongkos cetaknya jadi lebih mahal, jika dibanding dengan ongkos cetak di mesin cetak yang besar. Tapi anda bisa mencetak dalam jumlah sedikit dan tetap mendapat keuntungan.

Jangan Ragu Menolak Pesanan

Jika ada calon pelanggan yang terlihat rewel, misalnya ia ngotot tak mau membayar uang muka. Tolak saja pesanannya. Beri alasan dan tolak dengan halus. Daripada nanti terjadi masalah dan anda malah rugi.

Bisnis percetakan tak hanya butuh kecepatan, ketelitian, dan keterampilan dalam memasarkan jasa. Tapi anda juga butuh mempertahankan kepercayaan pelanggan. Semoga percetakan anda berjaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel