Peluang dan Cara Jadi Penerjemah untuk Pemula

Bisikanbisnis - Menjadi penerjemah adalah pekerjaan yang berprospek untuk mendapat banyak uang. Selembar kertas penerjemahan bisa dihargai mulai dari 15.000 rupiah. Bahkan anda bisa mendapat bayaran dalam dollar, jika mendapat klien dari luar negeri.

Tapi membuka bisnis penerjemahan juga butuh proses. Ingin tahu caranya? Ini dia:

Promosikan Bisnis Anda

Coba buatlah brosur lalu sebarkan pada tempat yang tepat. Misalnya di kampus negeri atau swasta. Beri lebih banyak brosur di gedung pascasarjana. Karena biasanya mereka lebih banyak butuh jasa penerjemahan.

Beli Kamus Istilah

Ada banyak kata spesifik yang tidak tercantum dalam kamus bahasa inggris umum. Belilah beberapa kamus istilah misalnya di bidang otomotif, kedokteran, dan lain lain.

Tingkatkan Skill

Baca banyak buku dan artikel dalam bahasa inggris. Dengan latihan menerjemahkan yang tekun, skill anda sebagai penerjemah akan meningkat. Klien akan puas dengan hasil terjemahan anda.

Buat Kartu Nama

Seorang penerjemah profesional pasti butuh kartu nama. Saat menghadiri acara seminar atau reuni, sebarkan kartu nama anda. Jadi akwan kawan dan relasi tahu bahwa anda adalah seorang penerjemah. Mereka akan menghubungi anda saat butuh terjemahan.

Pasang Pekerjaan Sebagai Penerjemah Di Media Sosial

Media sosial juga bisa jadi sarana promosi. Cantumkan bahwa anda adalah seorang penerjemah, pada kolom pekerjaan. Jangan lupa juga untuk membuat akun di LinkedIn untuk menambah jejaring dan mendapatkan job.

Buatlah Blog Pribadi

Anda suka menulis? Buatlah blog yang berisi catatan harian anda sebagai seorang penerjemah. Cantumkan juga email dan nomor kontak. Jadi orang bisa mendapatkan kontak anda sebagai penerjemah, saat browsing di Google.

Tepat Waktu

Jangan menunda pekerjaan. Klien akan senang jika anda mengerjakan terjemahan tepat waktu.

Membuka bisnis penerjemahan memang butuh waktu. Tapi ketika anda jadi penerjemah profesional, klien bisa datang sendiri. Saat pekerjaan sudah makin banyak, anda bisa melempar job ke sesama penerjemah. Mereka bisa jadi rekanan terpercaya. Selamat membangun biro penerjemah bermutu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel