Cara Suskes Jadi Distributor Produk Kaca dan Aluminium

Bisikanbisnis - Melirik usaha kaca dan alumunium membuat diri berpikir bahwa bisnis ini adalah bisnis pada sektor konstruksi saja. Padahal bila kita melihat bahwa prospek usaha ini mampu bersaing dengan usaha-usaha yang lebih modern dan teknologis.

Jika kita mampu melihat peluang dari usaha ini bahwa banyak produk-produk yang yang terbuat dari bahan kaca dan alumunium.

Seperti kita ketahui beberapa produk kerajinan yaitu aquarium, furniture, konstruksi, kerajinan lampu, beberapa yang telah disebutkan adalah sektor usaha yang membutuhkan bahan baku dari kaca dan alumunium.

Artinya sampai disini anda busa mengetahui bahwa usaha yang melibatkan material kaca dan alumunium ini banyak, dan tentu punya pasar yang luas.

Bahan baku alumunium juga menjadi bahan baku unggulan untuk menjadi suatu produk yang potensial di pasaran. Seperti furniture, perkakas dapur, otmotif, dan kerajinan kreatif membutuhkan bahan baku alumunium.

Di samping alumunium memiliki kekuatan namun juga memilki kemudahan dalam proses pembentukannya.

Bila kita menyadari bahwa usaha ini memiliki potensi pendapatan yang sangat menjanjikan. Tentunya harus dengan perencanaan dan pemahaman yang matang akan bisnis ini.

Perlu difahami bahwa usaha ini Tidak ditentukan oleh modal yang besar atau tempat usaha yang strategis, namun usaha ini sangat penting bila dilakukan secara mobile, maksudnya tidak hanya diam di tempat, tetapi membangun jaringan relasi sebagai faktor besar dalam mengembangkan usaha ini.
(foto alumuniumbekasi.com)

Berikut ini beberapa cara sukses membina dan mengembangkan usaha kaca dan alumunium:

1. Jaringan Relasi dan Promosi

Bangunlah jaringan relasi bisnis dalam bisnis ini sebanyak mungkin serta buatlah media promosi yang efektif dan cepat, salah satunya media sosial akan mempermudah promosi produk semakin meluas dan diketahui orang banyak.

Tetapi yang paling diutamakan (number one) adalah jaringan. Karena nya meski kita terbatas modal dan tempat usaha,btetap penjualan akan laris berkat dari jaringan.

2. Mendata dan Survei Peluang

Usahakan yang pertama kali kita lakukan adalah mendata dan mensurvei bagaimana cara menciptakan usaha dan mengembangkannya. Kita bisa lakukan dengan bertemu dan berbincang-bincang dengan orang yang ahli dalam bidang usaha ini (Nyolong Ilmu).

Kita juga bisa mencari literatur tentang prospek besar usaha ini dan bagaimana caranya. Sistem dan lama pengerjaan produk berapa lama. Desain bagaimana dan lain sebagainya.

3. Perencanaan

Perencanaan harus dibuat secara optimal. Setelah melakukan riset data dan survei buatlah perencanaan mengenai kalkulasi modal, biaya tempat, biaya produksi, biaya karyawan, dan biaya transportasi, serta biaya-biaya lainnya, saampai kita tahu juga berapa pendapatan bersih yang akan kita dapatkan.

Selain itu kita juga perlu Memerhatikan biaya resiko atau yang kita kenal dengan manajemen resiko tentu lebih baik lagi.

4. Tempat Usaha Strategis

Carilah tempat yang strategis untuk untuk usaha ini. Biasanya tempat yang startegis adalah di pinggir jalan utama dengan kawasan pabrik atau juga bisa dekat dengan kawasan pengembangan perumahan. Dan usahakan pula mendapatkan tempat dengan sewa yang masih terjangkau.

5. Fasilitasi Tempat Produksi

Memfasilitasi tempat produksi dengan alat-alat kerja yang efektif & sesuai dengan kebutuhan pekerja, kalau bisa lengkap alatnya tentu team work (tukang) kita senang.

6. Merekrut Karyawan

Merekrut karyawan yang terampil dan siap kerja cerdas dan keras. Atau karyawan yang mau belajar dengan keras dan disiplin menjadi aset utama dalam usaha ini.

Saat anda sudah mulai menualankan usaha jasa atau agen kaca dan alumunium maka harus mampu setiap saat Memberikan pelayanan prima bagi konsumen. Karena kesan pertama akan menentukan bisa menjadi pelayan setia atau hanya sesekali saja.

Demikianlah beberapa tips cara sukses membangun usaha kaca dan alumunium. Mungkin beberapa cara tersebut dapat dicoba dan semoga memberikan inspirasi.
(foto atas: radarbangka.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel