Tips Memulai Usaha Ternak Ayam Petelur

Bisikanbisnis - Bagaimana tips memulai usaha ternak ayam petelur? Bisnis ayam petelur sepertinya akan menjadi bisnis yang tak akan pernah mati. Kenapa? Tentu saja karena telur selalu menjadi kebutuhan setiap keluarga.

Saat harga ayam dan daging naik, telur adalah bahan makanan bergizi yang paling banyak dicari karena harganya lebih terjangkau. Jika Anda melihat fakta ini, tentu tak ingin melewatkan kesempatan besar ini kan?

Sebelum memulai usaha ternak ayam petelur, siapkan dulu beberapa hal berikut ini:

1. Tentukan Skala Usaha Anda

Menentukan skala usaha adalah hal yang penting dalam bisnis ini karena akan menentukan berapa modal yang Anda butuhkan. Apakah Anda akan langsung memulai bisnis yang besar, atau Anda mulai dari skala kecil.

Penentuan skala usaha ini juga menentukan berapa jumlah ayam yang harus Anda miliki di awal dan target berapa banyak telur yang bisa Anda hasilkan setiap hari atau minggunya.

2. Hitung Modal Yang Dibutuhkan

Setelah Anda menentukan skala usaha, saatnya menghitung modal yang dibutuhkan. Beberapa yang harus dimasukkan dalam perhitungan yaitu pembuatan kandang, pembelian bibit ayam, pakan ayam dan perawatan ayam. Jika Anda memilih memekerjakan orang, maka gaji karyawan juga harus dihitung.

3. Persiapkan Kandang Dan Kebutuhannya

Selanjutnya siapkan kandang dan lokasinya. Pastikan jangan mengganggu tetangga Anda. Anda juga harus benar-benar menyiapkan pengolahan limbah dengan baik.

4. Persiapkan Bibit Ayam Dan Perawatannya

Setelah kandang siap, saatnya mulai mengadakan bibit ayam dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk merawat ayam-ayam tersebut. Mulai dari pakan yang harus dikonsumsi hingga vitamin atau suplemen yang harus diberikan agar ayam-ayam sehat hingga menghasilkan telur yang berkualitas.

5. Tentukan Alur Pemasaran

Jangan lupa Anda harus menentukan alur pemasaran telur-telur tersebut. Ke manakah telur-telur itu akan dijual? Bagaimana menjualnya dan berapa harganya adalah hal-hal yang harus Anda pikirkan.
(Foto inikata.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel